Cara belajar bermain gitar akustik otodidak

Cara belajar bermain gitar akustik otodidak - Bermain gitar merupakan hal unik dan menarik yang tidak bisa di mainkan oleh sembarang orang. Kita harus mengetahui trik dan cara yang tepat untuk menguasai alat musik satu ini. Biasanya para pemula memulai belajar gitar melalui gitar akustik. Tak sedikit pula yang mengeluhkan persoalan teknik dan trik yang susah. Namun, tahukah anda bagaimana cara agar bermain gitar menjadi  mudah, cepat bisa dan menyenangkan?? mari kita simak beberapa cara berikut ini. 

Cara belajar bermain gitar akustik otodidak
Google Image - Cara belajar bermain gitar akustik otodidak

Cara belajar bermain gitar akustik otodidak


1. Mengenal akor dasar (kunci gitar)

Dalam bermain gitar, akor atau kunci gitar merupakan pondasi penting pembentuk nada. Ada banyak tipe, class ataupun jenis akor atau kunci gitar yang tersedia dalam bermain gitar sehingga dapat menghasilkan nada yang berkarakter, indah dan merdu. Namun, untuk pemula lebih baik mengenal dan fokus pada akor mayor dan minor saja. Akor mayor biasanya berlambangkan huruf kapital seperti A, B, C, D, E, F,  dan G. Sedangkan akor minor ditandai dengan penambahan huruf 'm' (kecil) setelah huruf kapital. Contoh: 'A' dibaca A mayor dan 'Am' dibaca A minor.


2. Belajar strumming (meng-genjreng)

Strumming atau dalam istilah sederhana disebut juga teknik 'meng-genjreng' adalah teknik kedua yang wajib diketahui dan dipraktikkan oleh gitaris pemula. Teknik ini tidak dapat dilakukan dalam sekali atau dua kali latihan, melainkan berkali-kali karena butuh kesabaran dalam melatihnya. Teknik awal yang bisa dilakukan oleh pemula ialah memetik satu persatu senar dari atas kebawah dan bawah ke atas. Strumming bisa dilakukan dengan memukulkan jari luar ke senar atau dengan pick gitar.


3. Latihan menggunakan akor dan strumming

Setelah kita mengerti dan faham mengenai akor dan bagaimana memetik gitar dengan ataupun tanpa menggunakan pick, kini tiba saatnya kita belajar cara menggabungkannya dan melatihnya secara bersamaan. Tangan kiri bersiap untuk menekan titik titik not seperti pada gambar akor dan tangan kanan memetik satu per satu dari atas ke bawah (downstroke) dan dari bawah ke atas (upstroke) secara bergantian tepat didepan lubang gitar (Sound hole).


4. Mencari referensi akor

Mencari referensi tidak kalah penting dalam belajar bermain gitar, trik ini merupakan trik jitu dalam melatih feeling yang tepat untuk memainkan alat musik ini. referensi bisa berasal dari buku buku lagu yang beredar di toko buku, ataupun bisa anda temukan dengan mudah di internet. Pilihlah lagu kesukaan anda dan pelajari akornya. Hal ini akan membuat anda ketagihan untuk berlatih. Latihan yang rutin akan membuat tangan kiri anda terasa nyaman dan tangan kanan pun yakin untuk meng genjreng. 


Cara belajar bermain gitar akustik otodidak - Demikianlah yang dapat  penulis sampaikan, semoga tulisan ini bermanfaat serta dapat membantu teman teman yang ingin menguasai teknik dasar dan trik mudah bermain gitar akustik. Untuk Info lebih lanjut seputar dunia musik, kunjungi belajarmusiku.com. Sekian dan Terimakasih. 

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top