Belajar cajon akustik pada lagu indo dengan mudah

Belajar cajon akustik pada lagu indo dengan mudah - Cajon merupakan alat musik akustik yang sedang digemari oleh banyak orang khususnya di Indonesia. Banyak pemuda yang lebih menyukai cajon daripada drum. Padahal pada dasarnya cajon dan drum memiliki fungsi yang sama, yaitu pengisi ketukan dan penjaga tempo pada suatu alur permainan lagu atau musik. Nah, banyak yang bilang bahwa seseorang yang bisa bermain drum tentu bisa memainkan cajon. Apa benar? tentu saja iya. Kenapa? salah satu alasannya ialah karena memang kalau bermain drum anda telah terbiasa menggunakan kaki untuk menekan atau memainkan bass drum sedangkan pada cajon kita hanya menggunakan tangan dalam memainkan alat musik tersebut. Terlebih lagi soal lagu lagu indonesia, ada yang sering menganggap ketukan nya terlalu rumit jika dimainkan oleh cajon. Oleh karena itu, kali ini saya akan membahas cara Belajar cajon akustik pada lagu indo dengan mudah.

Belajar cajon akustik pada lagu indo dengan mudah
Google image - Belajar cajon akustik pada lagu indo dengan mudah

Belajar cajon akustik pada lagu indo dengan mudah

Dalam memainkan cajon, kita membutuhkan tips dan trik didalam memainkan cajon agar mendapat permainan cajon yang memiliki tempo bagus, enak didengar dan mudah untuk dikuasai tentunya. Berikut ini adalah tips belajar cajon akustik pada lagu indo dengan mudah

Persiapkan Kedua Tangan

Pada bagian ini, kita harus mempersiapkan kedua tangan dan mempersiapkan tangan mana yang akan digunakan sebagai pemukul bagian bass dan bagian sner cajon. Tentunya pemberian kewajiban pada tangan anda akan memberikan suasana tersendiri. Anda bisa memilih tangan mana yang kuat, nah tangan yang kuat lebih baik digunakan untuk memukul bagian bass cajon. Karena pada dasarnya bagian bass akan menentukan tempo dan ritme daripada sebuah lagu.

Dengarkan Strumming gitar

Apabila anda bermain cajon bersama gitar akustik, perhatikan strumming atau genjreng gitar tersebut, permainan gitar menunjukkan ketukan yang seharusnya juga dimainkan oleh  cajon. Kenapa? pada bagian senar gitar terdapat dua bagian pokok, yaitu bass dan ritme. Bagian bass terletak pada senar 4, 5, dan 6. Sedangkan ritme terletak pada senar 1, 2, dan 3. Tentunya dari setiap strumming gitar terdapat satu garis lurus yang kita lihat sebagai ketukan. Nah ketukan ini harus diikuti oleh pemain cajon, Ketukan ini diikuti sesuai dengan ketukan pada gitar. 


Persiapkan tempo konsisten

Dalam memainkan alat musik pukul jenis apapun, tentunya permainan anda harus sesuai dengan tempo dan waktu yang seimbang, Tak terkecuali pada cajon, anda diharuskan menjaga tempo se-konsisten mungkin. Karena permainan anda menentukan jiwa dan tingkat kecepatan dari sebuah lagu. Anda harus konsisten pada semua bagian lagu.

Persiapkan variasi

Dalam memainkan cajon juga terdapat variasi yang standar sampai yang ekstra sulit. Disini saya tidak akan membahas bagaimana caranya, tapi lebih pada tips menemukannya. Anda dapat menemukan jenis variasi bergantung pada lagu tersebut, jadi anda bisa mendengar dan belajar mendekati permainan drum. Atau lebih tepatnya mirip pada bagian dasarnya, seperti waktu perpindahan atau fill in anda bisa menggunakan cara yang standar.

Dengarkan Lagu Indo Fokus drum

Tentunya karena anda memang ingin mahir memainkan cajon pada lagu indo, anda harus mendengarkan bagian dari permainan drum lagu tersebut. Sebagai contoh, ketika anda ingin mempelajari lagu Cinta ini membunuhku - D'masiv, anda diharuskan untuk fokus pada bagian drum lagu tersebut. Fokus pada bagian bass drum dan ketukan sner drum. Dengan memiliki fokus terhadap dua bagian alat musik drum tersebut, anda dapat mengaplikasikan dalam cajon dengan mudah sesuai dengan lagu indo aslinya.

Belajar cajon akustik pada lagu indo dengan mudah - Itu tadi belajar cajon akustik pada lagu indo dengan mudah.Semoga informasi tersebut bermanfaat. Jangan lupa baca juga Cara Mudah Membuat Alat Musik Cajon dengan Harga Murah agar anda bisa membuat alat musik cajon sesuai dengan keinginan anda. Untuk informasi seputar dunia musik, kunjungi terus belajarmusiku.com. Sekian dan terima kasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top