Belajar Gitar Akustik dengan Mengenal Bagian Gitar

Belajar Gitar Akustik dengan Mengenal Bagian Gitar - Selamat malam sobat gitaris, kali ini kita akan membahas sedikit tentang bagian gitar. Sebenarnya untuk apa sih kita harus mengenal bagian gitar? Mari kita simak tulisan berikut ini.

Belajar Gitar Akustik dengan Mengenal Bagian Gitar
Google Image - Belajar Gitar Akustik dengan Mengenal Bagian Gitar

Bagian Gitar untuk Belajar

Sebenarnya apa hubungan antara mengenal bagian gitar dengan belajar gitar? pasti ada yang bertanya-tanya. Kita beri perumpamaan, ketika kita akan menghadapi seseorang, musuh atau pun orang lain, kira kira perlu tidak kita mengenal dan  paham orang tersebut? tentu pasti iya kan. Nah begitu juga dengan gitar, kita mau memainkan gitar dengan mahir maka kita harus mengenal bagian bagian gitar tersebut. Disisi lain Jika kita memiliki pengetahuan akan bagian bagian gitar, kita akan memiliki tingkatan yang lebih baik daripada gitaris yang lain. 

Bagian Gitar dan Fungsinya


  1. Headstock (Kepala Gitar) ialah bagian dari gitar yang berada pada ujung yang memiliki fungsi sebagai penyangga tuning machine (Penyangga senar) untuk menggantungkan ujung senar.2
  2. Tuning Machine (Penyangga senar) ialah bagian gitar yang berbahan dasar besi ringan untuk menyangkut ujung senar. Bagian ini juga memiliki putaran untuk menyetem gitar agar pas.
  3. Nut (Penahan senar bagian ujung) ialah bagian gitar yang memiliki fungsi untuk menahan senar untuk bergerak bebas dan tidak beraturan. dengan adanya Nut ini, senar dapat dirapihkan dengan mudah.
  4. Fingerboard (papan jari) ialah bagian gitar yang memiliki fungsi untuk tempat menentukan nada yang berbentuk seperti papan. Dengan adanya Fingerboard, gitaris dengan mudah dapat menentukan nada.
  5. Fret (grip) ialah bagian gitar yang berbahan dasar besi yang berada pada fingerboard, benda ini digunakan untuk membatasi bagian nada yang berbeda.
  6. Fret Markers (penanda) ialah bagian gitar yang terlihat seperti titik atau dot yang berada diantara 2 fret di bagian fingerboard. Benda ini memiliki tujuan untuk memudahkan gitaris menentukan nada baik natural atau kromatis. Dua titik memiliki maksud untuk menandai bahwa bagian tersebut merupakan 1 oktaf.
  7. Sound Hole (lubang) ialah bagian gitar yang berbentuk lubang yang sengaja dibentuk ditengah body dengan maksud untuk mengeluarkan hasil resonansi senar yang terbentuk didalam tabung atau body gitar.
  8. Pick Guard (Pelindung dar pick) ialah bagian gitar yang berada tepat dibawah lubang gitar yang memiliki fungsi untuk mengurangi resiko tergoresnya body gitar. maka dengan adanya bagian gitar ini, gitaris tidak perlu takut untuk strumming atau genjreng gitar dengan suka hati.
  9. Bridge (Penyangga pangkal senar) ialah bagian gitar yang sengaja disambung dengan body gitar menggunakan dua baut yang memiliki fungsi untuk meletakkan dan menyangga pangkal senar.
  10. Body (Badan atau Tabung gitar) ialah bagian gitar yang berfungsi untuk pengolah getaran senar menjadi suara yang dikeluarkan melalui lubang gitar.

Belajar Gitar Akustik dengan Mengenal Bagian Gitar - Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai bagian bagian gitar dan fungsinya. Butuh informasi dunia musik??, kunjungi belajarmusiku.com.  semoga info tersebut bermanfaat bagi sobat gitaris. Sekian dan Terimakasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top