Jenis Jenis Gitar Akustik yang cocok untuk belajar gitar

Jenis Jenis Gitar Akustik yang cocok untuk belajar gitar - Selamat pagi sobat gitaris, kali ini kita akan membahas tentang jenis jenis gitar akustik berdasarkan ukuran dan bentuk body gitar akustik. Untuk lebih jelasnya mari kita simak tulisan ini baik-baik.


Jenis Jenis Gitar Akustik yang cocok untuk belajar gitar
Google Image - Jenis Jenis Gitar Akustik yang cocok untuk belajar gitar

Jenis jenis Gitar Akustik

Didalam mengelompokkan jenis gitar, ada beberapa kategori yang dapat kita jadikan sebagai acuan untuk menjadikannya satu kelompok. Salah satunya adalah bentuk dan ukuran body gitar. Gitar akustik memiliki banyak bentuk dan ukuran badan (body). Kenapa diciptakan dengan bentuk yang berbeda-beda? karena memang, dengan seiring perkembangan zaman, gitar digunakan dengan fungsi yang berbeda-beda. Sebagai contoh gitar yang memiliki bentuk body Dreadnought lebih cocok dimainkan untuk memainkan lagu country. Sebenarnya jenis gitar apapun juga bisa digunakan untuk mengiringi musik county, tapi mungkin hasil kualitas suara gitar dreadnought lebih sesuai dengan keinginan si pencipta lagu country pada zaman tersebut. Seiring perkembangannya, lalu banyak yang beranggapan bahwa country identik dengan gitar berjenis dreadnought.

Berdasarkan bentuk dan ukuran body gitar, gitar akustik dikelompokkan kedalam beberapa jenis sebagai berikut:

Grand Auditorium (GA)

Jenis gitar ini memiliki panjang body 20",  lebar 16",  dan kedalaman 4 5/8. Sebenarnya, jenis gitar ini merupakan kombinasi antara Dreadnought yang memikirkan tentang penggunaan strumming yang datar dan Grand Concert yang memiliki fungsi khusus untuk gitaris yang akan bermain fingerstyle. Dengan adanya gitar ini, para gitaris cukup membeli 1 gitar untuk dua tempat. Karena gitar ini baik digunakan didalam studio dan ketika konser atau perform.

Grand Orchestra (GO)

Jenis gitar ini memiliki Panjang : 20- 5 / 8 ", lebar 16-3/4", dan kedalaman body 5". Jenis gitar ini memiliki keunggulan dalam urusan low yang kuat karena memilikikedalaman sekitar 5". Jenis gitar ini cocok untuk gitaris yang senang pada suara bass yang detail.

Grand Symphony (GS)

Jenis gitar ini memiliki Panjang : 20 ", lebar 16-1/4", dan kedalaman body 4 5/8". gitar ini akan menghasilkan suara yang cocok dengan permainan picking atau strumming yang cepat ataupun fingerstyle yang nyaman. Gitar jenis ini cocok untuk pemain gitar yang dinamis yang suka berubah ubah.

Grand Concert (GC)

Jenis gitar ini memiliki Panjang: 19 1/2", lebar 15", dan kedalaman body 4 3/8". Gitar ini sangat baik sekali digunakan oleh gitaris yang suka akan hal hal perpetikan, seperti fingerstyle. karena selain lebih kecil dan ringan, gitar jenis ini memiliki neck atau fingerboard lebih besar.

Dreadnought (DN)

Jenis gitar ini memiliki Panjang: 20", lebar 16", dan kedalaman body 4 5/8". Gitar ini merupakan jenis gitar yang berbentuk tradisional. Gitar jenis ini cocok bagi gitaris yang akan lagu lagu country. Hal ini bisa terjadi karena gitar ini memiliki low yang kuat dan high yang tajam.

Grand Symphony Mini (GS Mini)

Jenis gitar ini memiliki Panjang: 17 5/8", lebar 14", dan kedalaman body 4 7/16". Gitar ini bermula dari adanya gitar Grand Symphony yang besar. Karena banyak orang yang suka jalan jalan dan ingin membawa gitar, lahirlah gitar dengan bentuk body kecil namun tidak mengurangi kualitas suaranya.


Jenis Jenis Gitar Akustik yang cocok untuk belajar gitar - Demikianlah sobat gitaris, jenis jenis gitar menurut bentuk body gitarnya, semoga sobat gitaris bisa menemukan jenis gitar yang ingin sobat miliki, atau sekedar ingin tahu. Untuk informasi lebih lanjut seputar dunia musik, kunjungi belajarmusiku.com . Semoga informasi tersebut bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.

Related Posts