Cara belajar gitar akustik untuk pemula dengan finger picking

Cara belajar gitar akustik untuk pemula dengan finger picking - Finger picking atau dalam bahasa indonesia berarti picking yang menggunakan finger atau jari, merupakan salah satu teknik yang cukup bagus dalam permainan gitar. Kenapa? karena belajar gitar menggunakan jari jari tangan kanan sebagai picking merupakan salah satu teknik yang cukup sulit. Tak terkecuali didalam belajar gitar akustik, kita akan dihadapkan dengan beberapa persoalan mengenai cara memetik yang benar dan sebagainya. Finger picking memiliki maksud memetik secara teratur menggunakan alaska pick atau bisa menggunakan kuku kuku jari kanan untuk memetik senar tersebut. Tapi, ternyata masih banyak pemula yang masih sering menggunakan teknik ini dengan kurang tepat. Untuk itu, kali ini saya akan membahas cara belajar gitar akustik untuk pemula dengan finger picking.


Cara belajar gitar akustik untuk pemula dengan finger picking
Google Image - Cara belajar gitar akustik untuk pemula dengan finger picking


Finger picking atau dalam bahasa umumnya disebut dengan fingerstyle merupakan sebuah teknik bermain gitar yang menggunakan jari, kuku jari, atau bahkan fingerpick (alaska pick) sebagai alat untuk memetik senar pada gitar akustik. Tentunya, permainan gitar akustik tidak terlepas dari kunci atau akor gitar. Tapi kali ini saya akan lebih fokus untuk membahas teknik pada tangan kanan yang lebih menunjukkan tentang fingerstyle atau finger picking style.


Cara belajar gitar akustik untuk pemula dengan finger picking

Finger picking atau dalam bahasa umumnya disebut dengan fingerstyle merupakan sebuah teknik bermain gitar yang menggunakan jari, kuku jari, atau bahkan fingerpick (alaska pick) sebagai alat untuk memetik senar pada gitar akustik. Tentunya, permainan gitar akustik tidak terlepas dari kunci atau akor gitar. Tapi kali ini saya akan lebih fokus untuk membahas teknik pada tangan kanan yang lebih menunjukkan tentang fingerstyle atau finger picking style. Meskipun bermain dengan finger picking terlihat lebih baik atau telihat lebih mahir, tapi kali ini saya akan membahas tips dan cara mudah bagi pemula. Berikut ini merupakan cara belajar gitar akustik untuk pemula dengan finger picking

Penomoran Jari Tangan Kanan

Tidak hanya pada jari tangan kiri saja yang membutuhkan latihan penomoran. Maksud dari penomoran ini ialah jari mana yang akan difokuskan untuk memetik atau memainkan senar. Pada dasarnya, dalam memainkan finger picking kita diharuskan untuk menggunakan ibu jari (pulgar) untuk memetik atau memainkan bass line, atau senar bagian bass seperti senar nomor, 6,5, dan 4. Selain itu, kita juga harus memberi penomoran yang baik pada jari jari yang lain, untuk senar nomor 3 kita perlu menggunakan jari telunjuk (indice). Untuk senar nomor 2 menggunakan jari tengah (Medico) dan untuk senar nomor 1 kita gunakan jari manis (anular). Kelingking nya kemana?nah, pada teknik finger picking, jarang sekali pemain professional memainkan jari kelingking ketika main. Bisa dibilang langka. selain itu, didalam memainkan gitar dengan teknik finger picking, tentunya kita diharuskan untuk menguasai penomoran tersebut agar mendapat kemudahan ketika bermain.


Memilih Pick yang sesuai

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, anda bisa memilih pick mana yang akan digunakan dalam bermain finger picking. Ada pilihan seperti Jari (kulit jari atau tanpa alat), Kuku jari, atau finger pick (alaska pick - pick tambahan berbentuk kuku jari). Nah, tentunya seperti nama teknik tersebut, yaitu Finger Picking, ketiga pick tersebut merupakan bagian penting dalam teknik ini. Anda harus memilih sesuai kriteria anda, apakah anda lebih suka pakai kulit jari, kuku jari atau finger pick. Tentu saja, setiap pick yang anda pilih punya kelebihan dan kekurangannya masing masing. 

  • Kulit jari : fleksibel, lebih lembut tapi lebih cepat terasa sakit dibagian senar string
  • Kuku jari : nyaring, keras tapi sedikit cempreng dan sulit dikendalikan
  • Finger pick : Nyaring, lembut tapi mahal dan sulit untuk dikuasai.

Meskipun ketiga pick tersebut memiliki kekurangan, tapi anda pasti bisa menguasainya jika terus berlatih, berlatih dan berlatih. Karena tidak ada yang bisa merubah skill bermain gitar anda kecuali latihan rutin. 


Cara belajar gitar akustik untuk pemula dengan finger picking - Itu tadi cara belajar gitar akustik untuk pemula dengan finger picking. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Jangan lupa baca juga  Fingerstyle dan Cara Belajar Gitar Akustik dengan mudah untuk Pemula yang bisa membuat anda mengerti cara bermain gitar fingerstyle seperti sungha jung. Untuk informasi seputar dunia musik, kunjungi terus belajarmusiku.com. Sekian dan terima kasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top