Cara Belajar Gitar Bass dengan mudah dan Fungsinya

Cara Belajar Gitar Bass dengan mudah dan Fungsinya - Hai sobat Bassist, Ada yang tahu apa kegunaan gitar bass dalam suatu band? kenapa kita perlu belajar gitar bass? kali ini kami akan sedikit memperkenalkan fungsi dari Gitar Bass. Mari kita simak tulisan kali ini.

Cara Belajar Gitar Bass dengan mudah dan Fungsinya
Google Image - Cara Belajar Gitar Bass dengan mudah dan Fungsinya

Gitar Bass

Gitar Bass adalah alat musik atau instrumen yang memiliki leher atau neck yang panjang, berat, serta memiliki dawai berukuran besar. Bass gitar standar memiliki 4 senar yang memiliki los senar atau open string (E - A - D - G). Bass gitar memang berbeda dengan gitar biasa. Terutama soal beratnya, Bass gitar hampir memiliki berat rata-rata 2 kali lipat gitar biasa. Bass gitar memiliki senar yang besar dan lebih panjang. Senar bass gitar dimainkan dengan tangan secara menggantung dari atas dan disentuh menggunakan kulit agar menghasilkan suara yang lebih rendah berat (low) secara baik. Tapi, seiring permainan zaman, banyak yang menggunakan pick gitar untuk memainkan gitar bass tersebut. Didalam permainan musik suatu band, bass gitar memiliki fungsi yang beberapa fungsi utama.

Adapun fungsi-fungsi dari instrumen bass gitar sebagai berikut:

Pedoman Akor 

Bass gitar adalah alat musik yang memiliki hasil suara yang rendah. Hal ini memberikan kemudahan pemain alat musik yang lain untuk menjaga akor mereka ketika bermain bersama. Fungsi ini merupakan fungsi utama dari bass gitar. Nada rendah suatu bass gitar akan menjaga dan mengontrol akor dari alat musik yang lain seperti gitar dan keyboard agar tidak keluar jalur (Fals). Suara rendah gitar bass akan terdengar lebih jelas daripada alat musik yang lainnya. 

Pengatur Tempo

Fungsi lain bass gitar ialah sebagai pengatur tempo dalam permainan suatu band. Bass gitar gitar dengan keistimewaan kualitas suaranya, dijadikan sebagai pedoman utama urusan tempo. Hal ini dikarenakan oleh Ketukan bass gitar harus satu irama dengan ketukan pada bass drum. Jadi, ketika drum terlalu cepat, bass gitar akan mengontrol alat musik lain.

Pengisi Nada Rendah

Suatu alunan musik akan indah apabila memiliki 3 komponen suara, yaitu rendah (low), sedang (middle) dan tinggi (high). Bass gitar yang memiliki senar besar, dapat memproduksi nada yang lebih rendah daripada instrumen yang lain. Keberadaan bass gitar tidak hanya pasif. Bass gitar juga dapat memainkan melodi dalam suatu ritme, namun lebih menekankan pada nada rendahnya.

Pemandu Instrumen lain

Ini salah satu keunggulan gitar bass. yaitu sebagai pemandu instrumen atau alat musik yang lain. Didalam suatu band setidaknya terdapat satu gitar, gitar bass, dan drum. Keberadaan gitar bass sangat membantu drum dalam urusan tempo namun tetap menjaga gitar dalam urusan akor atau kunci gitar secara baik. 

Cara Belajar Gitar Bass dengan mudah dan Fungsinya - Bagaimana sobat bassist? Bass gitar punya fungsi yang penting ya ternyata. Demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat. Ingin tahu seputar dunia musik lebih lanjut? kunjungi belajarmusiku.com Sekian dan terimakasih

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top