Cara Membuat Lirik Lagu Indonesia Sendiri yang Bagus dengan Mudah

cara membuat lirik lagu indonesia sendiri yang bagus dengan mudah - Membuat lirik lirik lagu memang bisa dibilang gampang gampang susah. Kenapa? karena menentukan lirik dari sebuah lagu membutuhkan banyak pengalaman dan penjiwaan yang bagus. Oleh sebab itu, sedikit dari para musisi yang kurang baik dalam membuat lirik. Nah, meskipun lirik kurang bagus, tapi ingat itu tetap karya seni jadi patut dihargai. Membuat lirik tak semudah membalikkan telapak tangan atau sesulit menggeser batu besar dengan satu tangan. Melainkan kita membutuhkan pengalaman dan alur cerita dari sebuah lagu tersebut. Bisa dikatakan bahwa membuat lirik lagu hampir sama dengan membuat cerita yang terarah namun lebih singkat dan mencangkup seluruh komponen ceritanya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dan trik cara membuat lirik lagu indonesia sendiri yang bagus dengan mudah. Semoga bermanfaat bagi anda.

cara membuat lirik lagu indonesia sendiri yang bagus dengan mudah
google image - cara membuat lirik lagu indonesia sendiri yang bagus

cara membuat lirik lagu indonesia sendiri yang bagus dengan mudah

Membuat lirik lirik lagu membutuhkan arah dan tujuan layaknya sebuah cerita. Nah, jadi kalau kita mau buat cerita apa saja yang perlu dipersiapkan?itu yang harus kita pikirkan matang matang. Namun kali ini saya akan memberikan sedikit gambaran dan tips agar lirik lirik lagu anda terbentuk dan terdengar lebih bagus.

Tentukan Tokoh

Dalam sebuah lirik haruslah terdapat tokoh yang akan diceritakan atau dinyanyikan. Kita bisa memberikan tokoh dalam bentuk apapun mau mulai dari nama, tempat, atau bahkan hanya kamu atau aku. Yang penting harus ada tokoh yang jelas. Kalau tidak ada, bisa jadi anda tidak akan pernah menemukan lirik yang pas. 

Tentukan Alur Cerita

Nah, ini bagian yang sering dilupakan oleh beberapa pemula dalam membuat lirik lagu. Ingat, layaknya sebuah cerita. Anda harus menentukan arah daripada cerita itu. Kalau pada poin pertama anda menentukan tokoh, maka pada bagian ini anda harus tahu nasib si tokoh tadi itu bagaimana. Bisa jadi tokoh utama patah hati atau sedang jatuh cinta, anda harus menentukannya secara matang.

Tentukan Inti Cerita

Inti cerita yang dimaksud adalah seperti inti dari semua cerita tersebut. Cerita yang anda buat haruslah memiliki ini. Tentunya inti dari cerita anda akan menjadi jiwa dan bisa anda pakai sebagai Reff. Kenapa? karena reff akan dinyanyikan minimal dua kali dalam sebuah lagu, jadi anda harus membuat inti cerita sesuai dengan apa yang berada pada benak anda. Jangan sampai salah, yang berada pada reff bukan inti melainkan hanya tambahan atau penguat tokoh dan cerita.

Rasakan Sebagai Tokoh

Anda perlu merasakan situasi dan kondisi pada si tokoh. Bila perlu bayangkan dengan baik, dengan itu anda dapat merasakan apa yang tokoh rasakan dan secara tidak sadar anda akan mulai bergumam dan menghasilkan lirik yang tak terduga. Oleh sebab itu menjadi tokoh utama dari cerita anda akan memberikan suasana dan membuat kata kata yang sesuai dengan yang anda inginkan juga.

Putuskan Konotasi atau Denotasi

Nah, ini yang perlu kita pikirkan dengan baik. Lirik kita akan berbentuk konotasi (perumpamaan) atau denotasi (makna sebenarnya). Sekarang sedang tren lirik dengan makna denotasi, padahal untuk lirik sebaiknya anda menggunakan makna konotasi. Bisa dikatakan bahwa lirik yang bermakna denotasi lebih cepat hilang dan lenyap ditelan bumi. Sedangkan lagu yang bermakna konotasi akan lebih awet dan mudah diingat meskipun sulit dimengerti. Oleh sebab itu, saya sarankan bagi anda yang benar benar ingin membuat lirik lagu, lebih baik anda menggunakan lirik yang bermakna konotasi. 

Mulai menulis dan revisi

Nah, langkah terakhir. Ingat mulailah menulis hingga selesai lalu revisi atau perbaiki secara berulang ulang. Kenapa? karena memang dalam menulis lirik anda perlu membuat dengan sebaik baiknya bukan hanya sekali jadi. Ingat lirik akan menentukan masa depan bentuk lagu anda. Apalagi jika anda sudah mulai menemukan nada, tentu anda harus merevisi berulang ulang hingga anda menemukan lirik yang pas dengan musik sehingga menghasilkan komposisi yang menarik dan indah.


Nah itu tadi sedikit informasi seputar cara membuat lirik lagu indonesia sendiri yang bagus dengan mudah semoga bermanfaat bagi anda semua. Baca juga Belajar Beatbox dengan cara mudah dan cepat agar anda yang ingin belajar beatbox mengerti bagaimana teknik terbaik agar cepat bisa. Untuk info lebih lanjut seputar dunia musik kunjungi terus belajarmusiku.com . Sekian dan terimakasih

Related Posts