Cara Memetik Gitar yang Benar dalam Belajar Gitar Akustik Otodidak

Cara Memetik Gitar yang Benar dalam Belajar Gitar Akustik Otodidak- Selamat malam sobat gitaris. Kali ini kita akan membahas tips dan trik belajar memetik gitar akustik dengan benar. Hal ini dimaksudkan agar sobat gitaris bisa memainkan serta meminimalkan kesalahan dalam memetik gitar.


Cara Memetik Gitar yang Benar dalam Belajar Gitar Akustik Otodidak
Google Image - Cara Memetik Gitar yang Benar dalam Belajar Gitar Akustik Otodidak


Memetik gitar akustik merupakan salah satu teknik bermain gitar yang sangat penting. Dimana kita gitaris pemula maupun lanjutan senang memainkan gitar dengan cara dipetik agar tidak berisik dan lebih nyaring. Banyak yang bilang bahwa memetik gitar memiliki nilai estetika tersendiri. ada yang bilang memetik gitar akustik dapat membuat suasana yang lebih tenang dan sejuk. Tapi, bagaimana jika kita tidak tahu cara dasar, ukuran tempo atau bahkan teknik memetik tersebut? mari kita simak tips dan trik memetik gitar akustik dibawah ini:

PILIH POSISI YANG NYAMAN

Banyak pemain gitar akustik klasik yang beranggapan bahwa posisi yang benar adalah meletakkan gitar diatas kaki kiri itu bisa membuat kita lebih mudah dalam memetik gitar. Tapi menurut kami tidak selamanya benar, karena setiap gitaris memiliki posisi nyaman mereka ketika bermain gitar dalam memainkan gitar. Di letakkan di kaki kanan juga tidak masalah. Sebenarnya posisi dimanapun tidak masalah asal nyaman.  Mau tegak atau membungkuk juga tidak masalah asalkan nyaman. yang terpenting adalah posisi jari kanan anda yang menggantung berbentuk U ( U shape ) yang berada tepat didepan sound hole gitar kita.


PENOMORAN JARI PADA TANGAN KANAN 

Penomoran jari pada tangan kanan juga sangat penting dalam memetik gitar. Hal ini dimaksudkan agar bisa memainkan seluruh senar dengan lincah dan cepat ketika memainkan lagu dengan beat cepat. Penomoran gitar wajib dilakukan jika ingin memainkan gitar dengan mahir dan baik. Adapun penomoran jari kanan pada senar gitar sebagai berikut:
  1. Pulgar atau ibu jari digunakan untuk memetik senar nomor 5 dan 6.
  2. Indice atau telunjuk digunakan untuk memetik senar nomor 4.
  3. Medio atau Jari tengah digunakan untuk memetik senar nomor 3.
  4. Anular atau Jari manis digunakan untuk memetik senar nomor 2.
  5. Dedo Menique atau Jari kelingking digunakan untuk memetik senar nomor 1.

LATIHAN RUTIN DENGAN AKOR (CHORD)

Latihan rutin memetik gitar dengan akor sangat penting. Ini merupakan bagian mengaplikasikan bermain gitar dengan petikan tersebut. Bisa dimulai dari akor dasar seperti C, Am, A. Lalu dilanjutkan dengan Akor Full atau bahasa kerennya Kunci gantung. seperti F#m, C# dan sebagainya. latihan rutin bakal membuat kita jadi lebih menguasai. Belajar memetik gitar dengan pola atau kombinasi yang berbeda, agar penomoran tetap terjaga dan terlatih. Tidak selamanya memetik gitar harus dari atas kebawah, atau bawah keatas. kita bisa memulainya dengan cara yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan kita namun tidak melepaskan penomoran jari kanan kita.

TERAPKAN PADA LAGU

Nah, ketika kita sudah memiliki posisi yang nyaman, penomoran yang pas dan latihan rutin dengan akor atau kunci gitar. Kita bisa menerapkan memetik gitar pada sebuah lagu. Lakukan petikan dan ikuti beat atau tempo lagu. Dengarkan lagu lalu ikuti dengan memetik akan menambah feeling kita dalam urusan tempo. Jadi tempo kita tidak terlalu lambat atau terlalu cepat. Kita bisa mulai melakukannya secara bertahap pada lagu lagu yang memiliki akor dasar seperti  "Semua tentang kita  - Peterpan". setelah kita merasa bahwa kita bisa memetik gitar dengan nyaman, kita bisa melanjutkan dengan lagu yang memiliki akor lanjutan.


Cara Memetik Gitar yang Benar dalam Belajar Gitar Akustik Otodidak - Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai cara belajar memetik gitar akustik secara otodidak dengan bak dan benar. Semoga bermanfaat bagi sobat gitaris sekalian. Butuh info seputar dunia musik kunjungi Belajarmusiku.com. Sekian dan Terimakasih,



Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top