Fingerstyle dan Cara Belajar Gitar Akustik dengan mudah untuk Pemula

Fingerstyle dan Cara Belajar Gitar Akustik dengan mudah untuk Pemula - Siapa yang tak tahu fingerstyle. Teknik andalan yang sedang hangat dikalangan pemain gitar ini sering jadi bahan perbincangan. Bisa dikatakan teknik ini merupakan teknik bermain gitar dengan cara memetik gitar namun memiliki beberapa keunikan yang berbeda diantara yang lainnya. Fingerstyle adalah teknik bermain gitar yang menampilkan atau menunjukkan sisi dari menyanyi dalam bentuk instrumen akustik gitar. Biasanya pemain gitar akan lebih memilih cara bermain gitar yang mudah untuk dipelajari.  Kali ini saya akan menampilkan beberapa cara belajar gitar akustik Fingerstyle dengan mudah bagi permula Simak beberapa tips dan triknya sebagai berikut.

Fingerstyle dan Cara Belajar Gitar Akustik dengan mudah untuk Pemula
Google Image - Fingerstyle dan cara belajar gitar akustik

Fingerstyle dan Cara Belajar Gitar Akustik dengan mudah untuk Pemula

Fingerstyle atau fingerpicking style merupakan teknik bermain gitar dengan memadukan teknik dalam bermain gitar dengan pick atau plektrum yang menempel pada tangan kanan (alaska pick). Cara kerja fingerstyle hampir mirip dengan bermain gitar klasik, namun perbedaannya terletak pada penggunaan senar string pada fingerstyle sedangkan pada klasik kita menggunakan nilon. Hal tersebut membuat teknik bermain fingerstyle lebih tajam di telinga. Apalagi penggunaan dan teknik memainkan fingerstyle yang sedikit lebih mudah karena cara belajarnya merupakan lanjutan dari permainan gitar akustik strumming atau genjreng biasa yang biasanya dipelajari terlebih dahulu oleh gitaris pemula.

Pada dasarnya bermain fingerstyle membutuhkan latihan yang cukup banyak mulai dari latihan ketukan yang pas, tempo, komposisi, rythm, dan juga nada dari lagu tersebut. Semuanya harus bersatu padu dalam satu permainan gitar fingerstyle. Dengan kata lain, ketika anda bernia memainkan lagu menggunakan teknik fingerstyle makan anda harus mengetahui lagu secara keseluruhan agar dapat menampilkan suasana yang sama seperti lagu asli namun dituangkan kedalam permainan gitar anda.

Dibawah ini adalah tips dan trik bermain fingerstyle gitar akustik yang mudah untuk pemula. Tentunya anda perlu memahaminya secara baik baik.

Lagu Kesukaan

Pilih lagu kesukaan jika kalian ingin memainkan sebuah lagu dalam bentuk permainan gitar fingerstyle. Kenapa? karena bermain gitar fingerstyle membutuhkan pemahaman lagu yang baik. Jadi, dengan lagu kesukaan anda, anda bisa menemukan soul dari lagu tersebut. Tentunya anda pun lebih paham dan ngelotok kering terhadap lagu itu dari awal hingga akhir.

Pahami Akor - Kunci Gitar

Sebelum anda memulai bermain petikannya, anda perlu mencari akor kunci gitar lagu tersebut, kenapa? karena kunci tersebut akan menentukan masa depan dari permainan gitar fingerstyle anda. Sebagai contoh, Ketika lagu tersebut bermain pada nada dasar C, maka petikan yang akan anda mainkan pun berasal dari C. jadi cari dan pelajari interval atau jarak setiap akornya. 

Pahami ketukan

Untuk memberikan suasana nyata, anda perlu menampilkan ketukan yang sama dengan nada aslinya. Pertama anda mulai dari ketukan drum lalu anda aplikasi kan kedalam bentuk strumming atau genjreng. pahami perpindahan dan ketukan dari lagu kesukaan anda tersebut.


Pahami suara penyanyi

Untuk memberikan efek yang sempurna, anda harus mencari nada yang pas mengenai vokal dari lagu kesukaan anda. Cari nada secara baik dan benar sesuai dengan nada aslinya. Jika tidak bisa dengan nada asli, minimal anda bisa menuangkan dalam interval yang sama. Contoh, ketika lagu asli berinterval D-Bm-Em-A. Dan kita ingin merubah maka yang seharusnya terjadi adalah menjadi C-Am-Dm-G. Setelah itu baru cari nada vokalis sesuai dengan interval kunci gitar lagu tersebut.

Padukan dengan Baik

Setelah anda menemukan bagian bagian lagu dengan baik, maka sekarang saatnya memadukan atau menggabungkan nya menjadi satu. Pertama yang harus dilakukan adalah, berlatih memetik bagian atas senar sesuai dengan ketukan drum atau strumming yang telah kita buat. Lalu menggabungkan dengan bagian melodi pada senar bagian bawah. Tapi ingat jangan sampai menggunakan kunci gitar yang salah dalam memainkan lagu kesukaan anda. Lakukan dengan rutin hingga menemukan kenyamanan dalam memainkan lagu tersebut. Bisa anda rekam dan anda dengar apa yang kurang lalu anda perbaiki lagi.


Fingerstyle dan Cara Belajar Gitar Akustik dengan mudah untuk Pemula - Itu tadi Fingerstyle dan Cara belajar gitar akustik dengan mudah. Baca juga Cara Belajar Gitar Klasik Akustik dengan tips mudah yang bisa membuat anda paham dan mengerti cara paling mudah belajar gitar klasik. Semoga informasi tersebut bermanfaat.  Untuk informasi seputar dunia musik, kunjungi terus Belajarmusiku.com . Sekian dan terima kasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top