Manfaat Tabulasi dalam Belajar Melodi Gitar Akustik

Manfaat Tabulasi dalam Belajar Melodi Gitar Akustik - Banyak Para musisi yang memainkan gitar dengan lead atau melodi yang sempurna. Tak terkecuali kita sebagai pemula, kita juga ingin memainkan melodi. Tapi, bagaimana bisa??kita belum bisa mendapatkan atau meniru melodi tersebut dengan cepat. Nah, Jawabannya, gunakan Tabulasi gitar. Memang apa saja manfaat tabulasi?? simak baik baik yaa
Manfaat Tabulasi dalam Belajar Melodi Gitar Akustik
Google Image - Manfaat Tabulasi dalam Belajar Melodi Gitar Akustik


Tabulasi

Tabulasi (Tablature) yang biasa disingkat TAB merupakan Sumber tertulis yang dibuat oleh beberapa ahli pergitaran yang dapat menampilkan melodi-melodi gitar secara rinci kedalam bentuk angka fret gitar. Tabulasi juga tersedia untuk Gitar Bass. Tabulasi dapat memberikan kemudahan kepada kita untuk memberikan segala bentuk melodi permainan gitar pada suatu lagu. Ada yang menampilkan dari awal sampai akhir. Ada pula yang hanya menampilkan bagian solo atau bahkan hanya intro. Banyak sumber menampilkan tabulasi secara online bahkan ada aplikasi khusus yang bisa digunakan untuk membaca tabulasi. 

Manfaat Tabulasi

Ada banyak manfaat tabulasi dalam dunia pergitaran hehehe, adapun beberapa manfaatnya sebagai berikut:

Mudah Dipahami 

 Dalam memainkan melodi sebuah lagu, kadang kita merasa kesulitan untuk menemukannya hanya dengan mendengarkan lagu tersebut. Dengan adanya tabulasi, kita dapat membaca melodi tersebut dengan mudah dan simpel. Meskipun terkadang kita belum sampai pada kecepatan melodi itu dengan baik dan sempurna. Tapi setidaknya kita paham akan letak letak not melodi tersebut.

Menunjukkan Senar

Kadang kala, seorang gitaris tidak menemukan senar mana yang harus digunakan untuk memainkan melodi. Hal ini mengakibatkan gitaris tersebut mengalami fals, selip, atau bahkan salah not karena letak not not tersebut berjarak terlalu jauh. dengan adanya tabulasi, kita dapat mengetahui senar yang tepat dan harus digunakan agar menemukan posisi terbaik dalam memainkan melodi tersebut.

Menunjukkan Teknik Gitar

Memainkan melodi membutuhkan beberapa teknik gitar. Meskipun not yang dimainkan sama, tapi jika teknik berbeda bisa menghasilkan kualitas suara yang berbeda lho sobat gitaris. Nah, disini tabulasi juga memberikan teknik apa yang harus dimainkan agar memberikan suasana dan kualitas suara seperti melodi asli pada suatu lagu.

Mudah Ditemukan

Beberapa situs telah menyiapkan tabulasi  tabulasi lagu baik dalam maupun luar negeri. Kita cukup menambahkan kata "TAB" dibelakang pencarian kita. Sebagai contoh, kita hendak mencari tabulasi melodi atau petikan gitar "Semua tentang kita - Peterpan". Kita dapat menemukannya dengan memasukkan kata kunci Semua tentang kita Peterpan tab. Cukup mudah bukan???. Dengan begitu kita dapat menemukan melodi yang kita inginkan dengan mudah.


Selain memiliki manfaat yang begitu besar, Tabulasi juga memiliki sisi buruk atau kekurangan. Adapun kekurangannya sebagai berikut:
  • Tabulasi tidak menunjukkan seberapa nada tersebut harus dimainkan, jadi kita tetap harus membaca tabulasi sambil mendengarkan musik atau mp3 lagu tersebut.
  • Tabulasi tidak menunjukkan jari mana yang harus kita gunakan dalam memainkan melodi tersebut.
  • Terlalu sering menggunakan tabulasi, mengurangi feeling ketika akan mencari lagu lain karena terbiasa menggunakan tabulasi.
  • Tabulasi tidak menunjukkan kapan harus strumming (genjreng) dan kapan harus dipetik.

Manfaat Tabulasi dalam Belajar Melodi Gitar Akustik - Demikianlah informasi mengenai manfaat tabulasi gitar dalam belajar gitar akustik. Semoga dapat membantu. Jangan lupa baca juga Cara Cepat Belajar Gitar dengan Cepat yang bisa membuat  anda mengerti teknik dan cara agar permainan bitar anda menjadi baik. Kunjungi terus belajarmusiku.com dan temukan segala sesuatu yang bertemakan tentang musik. Sekian dan Terimakasih.

Related Posts