Cara Mudah Belajar Gitar dengan menggunakan Pick Gitar

Cara Mudah Belajar Gitar dengan menggunakan Pick Gitar - Belajar Gitar adalah salah satu keinginan yang paling diminati oleh banyak orang. Belajar gitar adalah salah satu kegiatan yang sangat menyusahkan bila dipikirkan terlalu dalam tanpa mengambil tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar bermain gitar. Tentu saja latihan rutin adalah salah satu alasan utama kenapa seseorang bisa bermain gitar dengan baik dan terlihat terampil. Jadi, jika anda ingin bisa memainkan gitar dengan baik alangkah baiknya jika anda berlatih dengan rutin dalam belajar gitar. Dan tentu saja bagi anda yang sedang belajar gitar otodidak pasti sedang mencari tips dan trik cara bermain gitar yang baik dan benar.

Cara Mudah Belajar Gitar dengan menggunakan Pick Gitar
Google Image - Cara Mudah Belajar Gitar dengan menggunakan Pick Gitar

Gitar adalah salah satu alat musik berdawai yang dipetik menggunakan jari atau bahkan di genjreng (Strumming) dengan menggunakan pick gitar. Tidak hanya memetik seperti alat musik harpa yang menggunakan jari kosong, alat musik gitar bisa dimainkan dengan meng-genjreng secara bersamaan beberapa senar dalam satu waktu. Untuk menghasilkan suara yang baik dan lantang, biasanya seorang gitaris menggunakan pick gitar dengan berbagai ukuran, ketebalan dan juga bentuk yang berbeda beda berdasarkan keinginannya masing masing. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan salah satu artikel yang berjudul Cara Mudah Belajar Gitar dengan menggunakan Pick Gitar dengan tujuan agar anda yang sedang belajar gitar mengerti bagaimana cara menggunakan pick gitar ketika bermain gitar. Semoga bermanfaat.

Cara Mudah Belajar Gitar dengan menggunakan Pick Gitar

Pilih Pick Gitar

Memilih pick gitar adalah salah satu hal yang penting dalam bermain gitar.Tidak hanya sebagai plectrum dalam bermain gitar, pick gitar juga menentukan hasil suara yang diinginkan agar lebih baik dan berkualitas. Nah, hal pertama yang harus diperhatikan adalah anda harus menentukan suara yang akan anda pilih. Contohnya, suara yang lantang dan jelas. Anda bisa menggunakan pick yang tebal dengan maksud agar hasil suara yang dihasilkan lebih keras dan jelas. Biasanya pick tebal dipakai ketika anda sedang bermain gitar bersama teman teman anda dan bernyanyi bersama. Jadi, permainan gitar anda akan tetap terdengar jelas meskipun suara teman teman anda keras.

Jika anda ingin menghasilkan suara yang lebih artistik dan menarik, bisa menggunakan pick yang tipis agar anda bisa menghasilkan suara lembut, tapi pastikan bahwa anda bermain di tempat sepi, atau jika ramai paling tidak gunakan amplifier atau speaker sebagai pengeras suara untuk gitar anda. Tentu saja tipisnya pick anda akan membuat suara senar senar gitar anda menjadi lebih baik dan benar.


Pilih letak Strumming gitar 

Memilih letak posisi strumming gitar anda juga bisa menentukan jenis dan karakter suara yang berbeda. Biasanya para pemain gitar akan memainkan strumming menggunakan pick gitar di depan lubang gitar atau soundhole. Dengan maksud agar suara yang dihasilkan lebih jelas dan juga nyaring.
Tapi, anda bisa memilih letak atau posisi strumming anda pada tempat yang lain. Misalnya di belakang mendekati Bridge atau malah berada dekat dengan fretboard. Dengan begitu, rasakan bahwa hasil suara yang dihasilkan berbeda dan juga kualitasnya pun berbeda juga. Hal tersebut bisa membuat permainan strumming atau genjrengan anda akan lebih berkualitas ketika menggunakan pick gitar.


Tentukan Ketukan Strumming

Nah, ketika anda bermain gitar menggunakan pick, alangkah baiknya jika anda menggunakan strumming yang baik dan benar sesuai dengan ketukan lagu. Sesuai dengan ketukan lagu yang bagaimana?? Nah, anda bisa membuat suatu ketukan yang mirip dengan ketukan drum pada lagu yang anda inginkan. Kok ketukan drum pada lagu bagaimana??

Oke, saya jelaskan. Jadi, pada dasarnya permainan drum adalah terdiri dari kick (bass drum) dan snare drum. Dengan memahami ketukan drum pada dua jenis suara drum tersebut, anda bisa menemukan strumming yang bagus dan sesuai dengan ketukan lagu. Nah, samakan bahwa kick adalah senar 4,5,6 dan snare adalah 1,2,3. 

Secara praktis, anda bisa menggunakan strumming sesuai dengan yang mana bagian kick drum dan yang mana snare drum lalu genjreng sesuai dengan senarnya. Hal ini memiliki maksud agar nada bass dan nada ritmis terdengar lebih jelas. Dengan begitu, otomatis, strumming gitar anda akan berbeda antara satu lagu dengan lagu lainnya. Dengan begitu kualitas permainan strumming anda pun akan meningkat. Dan, jika dikombinasikan dengan Pick gitar anda, anda akan mampu memainkan lagu dengan ketukan yang berbeda dari pemain gitar yang lainnya.


Pegang Pick dengan Benar

Memegang pick gitar haruslah sesuai dengan baik, anda tidak perlu memegang pick dengan terlalu kencang ataupun terlalu lemas, yang terpenting adalah pick gitar anda dapat menyentuh senar anda dengan baik dan benar. Lalu, ketika anda menggenjreng gitar dari atas ke arah bawah anda bisa menggunakan tenaga yang lebih kuat dan ketika dari bawah ke atas sebaiknya lebih lembut atau lebih lemah. Hal ini dimaksudkan agar hasil permainan anda menjadi lebih baik dan terdengar teratur.


Nah itu tadi beberapa tips dan trik Cara Mudah Belajar Gitar dengan menggunakan Pick Gitar yang bisa membuat anda mengerti bagaimana cara belajar gitar dengan pick gitar. Tentu saja latihan rutin akan membuat permainan anda menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Jangan lupa baca juga Tips Memilih pick gitar dalam belajar gitar secara otodidak . Kunjungi terus belajarmusiku.com dan temukan materi dan pengetahuan mengenai dunia musik baik dalam maupun luar negeri. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top