Latihan Vokal Mudah dan Sederhana pada Nada Tinggi

Latihan Vokal Mudah dan Sederhana pada Nada Tinggi - selamat datang di blog kami. Masih tentang vokal nih. Bagi anda yang ingin menjadi vokalis tentunya pernah mendapatkan momok yang sangat ditakuti para vokalis. Yaa, nada tinggi. Tentunya, beberapa dari kalian sangat takut untuk mendapati nada tinggi ketika menyanyikan sebuah lagu. Sebenarnya kenapa anda takut? Mungkin anda tidak trik untuk menghadapinya saja. Jika kita melihat vokalis sekelas artis rasanya sangat memukau menyanyikan lagu pada nada tinggi. Dan ketika kita mencoba hasilnya berbeda. Sebenarnya kenapa dan bagaimana mereka mampu menerobos nada tinggi tersebut dengan maksimal dan bagus tentunya.

Latihan Vokal Mudah dan Sederhana pada Nada Tinggi
Goole Image - Latihan Vokal Mudah dan Sederhana pada Nada Tinggi

Indonesia memiliki beberapa artis atau vokalis dengan karakter vokal tinggi, seperti Once dari dewa, Ari Lasso, Ipang, dan tentunya masih banyak lainnya. Namun, bagi kalian yang ingin mencoba menjadi vokalis tak perlu takut atau ragu untuk bisa menyanyikan lagu dengan nada tinggi tersebut. Ada yang bilang itu adalah anugerah. Namun, secara teknis suara dengan nada tinggi juga bisa didapat dengan latihan rutin. Berikut ini tips dan trik Latihan Vokal Mudah dan Sederhana pada Nada Tinggi dari kami. Semoga bermanfaat.



Latihan Vokal Mudah dan Sederhana pada Nada Tinggi

Sebelum anda melatih vokal anda, penting untuk menjaga kesehatan serta kebugaran anda. Seperti kita ketahui bahwa vokal membutuhkan banyak tenaga, jadi kondisi fit akan menentukan maksimum atau tidaknya hasil latihan anda. Anda bisa melakukan beberapa olahraga. Selain itu, anda juga perlu memikirkan perubahan pola hidup secara matang. Sebagai pendukung, minumlah air hangat di pagi hari, hindari makanan berlemak, dan minum teh untuk melemaskan pita suara. Berikut ini beberapa tutorial vokal yang bisa anda praktikkan.

Latihan Rutin Pemanasan Suara

Layaknya sebuah kendaraan mesin, pita suara anda juga perlu di panasi terlebih dahulu sebelum bekerja. Untuk menghindari kaku dan tegang ketika bernyanyi, pemanasan dilakukan untuk mengubahnya agar tidak cedera. Nah, berikut ini beberapa teknik pemanasan suara:
  1. Coba untuk melafalkan huruf vokal a, i, u, e, o tanpa nada. 
  2. Setelah itu, dilanjutkan dengan melafalkan dengan nada.
  3. Lalu tambahkan akhiran pada vokal anda. seperti: ah, mah, ih, uh, eh, oh, atau mei, muw, mow, meis dengan menggunakan doremi yang sesuai dengan range anda dari nada rendah ke tinggi.


Melatih Pernafasan

Pernapasan adalah bahan bakar yang harus dimiliki seorang vokalis. Jika nafas anda engap atau tidak mudah di kontrol, bisa jadi anda akan kesulitan menjadi vokalis. Berikut ini cara untuk melatih pernapasan:
  1. Ambil nafas lewat hidung dan tahan selama 10 detik. Lalu, keluarkan perlahan melalui mulut.
  2. Lakukan terus menerus dan ganti intervalnya menjadi semakin lama, misal 15 - 20 detik menahan.
  3. Lakukan latihan rutin namun jangan memaksakan. Berhentilah ketika lelah.
  4. Semakin panjang nafas anda bisa menjadi modal yang baik untuk berlatih nada tinggi. Jadi, latihanlah dengan baik untuk pernafasan.


Meningkatkan Tenaga Vokal untuk Menekan Nada Tinggi

Perlu diingat, bernyanyi dengan nada tinggi berbeda dengan menjerit atau berteriak. Tentunya, nada tinggi diperoleh dari tenaga vokal yang baik agar suara tetap enak didengar dan tidak merusak pita suara. cara yang paling mudah adalah dengan melakukan hal seperti dibawah ini:
  1. Latihan meniup lilin dari jarak tertentu.
  2. Lakukan dari jarak terpendek hingga jarak terjauh.
  3. Misal dilakukan dengan jarak 500 cm, lalu ketika anda bisa mulai memadamkannya, anda bisa mencoba ke jarak 1,5 meter bahkan lebih. 
  4. Lakukan secara rutin agar anda mendapatkan power yang anda inginkan.


Mulai bernyanyi

Gunakan posisi badan dan nyanyikan lagu ber-nada tinggi. Ulangi secara terus menerus agar anda mampu mendapatkan nada tinggi tersebut. Bisa dilakukan dengan cara menaikkan dan menurunkan nadanya. Lalu cari range atau rentang suara anda. Ingat, anda perlu gigih dan percaya diri ketika bernyanyi nada tinggi. Rekam setiap latihan anda dan temukan kesalahan lalu belajar lagi. Belajarlah dari kesalahan anda anda juga kesalahan orang lain.

Bisa juga latihan dengan menyanyikan lagu dengan nada rendah lalu tingkatkan intervalnya. Misal nada lagu tersebut dari C maka bisa mulain anda naikkan menjadi D, E atau sebagainya. Dengan begitu, anda bisa menemukan hal yang mungkin tak pernah anda sadari. Karena dari hal ini anda bisa menemukan cara yang tepat untuk bernyanyi dengan nada tinggi.


Nah, itu tadi Latihan Vokal Mudah dan Sederhana pada Nada Tinggi yang bisa anda gunakan sebagai referensi. Semoga bermanfaat. Baca juga Teknik Dasar Memainkan Biola dengan Mudah Jangan lupa kunjungi terus belajarmusiku.com dan temukan hal menarik seperti info seputar dunia musik dari dalam maupun luar negeri.

Related Posts