Tips Mudah Cara Belajar Vokal Pemula secara Otodidak

Tips Mudah Cara Belajar Vokal Pemula secara Otodidak - Apakah dari kalian yang ingin menjadi vokalis yang bernyanyi tanpa fals? Pada dasarnya vokalis adalah ujung tombak dari sebuah pertunjukan seni atau musik. Bagaimana tidak, vokalis memiliki persentase lebih dari 50 persen dari grup band atau suatu orkerstra (orchestra). Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa sebagus apapun permainan musik suatu band atau pemain alat musik, akan tidak nyaman dan bagus jika suara vokalis fals, tidak sesuai nada atau bahkan jelek. Hal ini dapat merusak nilai dari sebuah pertunjukan seni dari musik tersebut.

Tips Mudah Cara Belajar Vokal Pemula secara Otodidak
Google Image - Tips Mudah Cara Belajar Vokal Pemula secara Otodidak

Vokalis yang bagus itu ada banyak sekali kriteria dan juga cara untuk mendapatkan atau mempelajari nya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips dan trik mudah dalam mempelajari vokal untuk kalian yang ingin belajar mandiri atau autodidak. Seperti halnya dalam belajar piano, biola (violin), gitar (guitar), drum dan juga bass gitar, tentunya belajar vokalis perlu latihan khusus, ekstra, dan juga sabar dalam menjalaninya. Semua hal dalam belajar memang tidak mudah dan selalu mulus. Jadi, anda perlu mencari trik dan tips mudahnya bukan. Tenang, berikut ini beberapa tips tersebut. Semoga bermanfaat.


Tips Mudah Cara Belajar Vokal Pemula secara Otodidak


Nada yang indah, powerful, dan merdu dapat dihasilkan dari latihan rutin dan juga mengenal teknik teknik dasar dalam melatih vokal anda. Pengolahan vokal yang bagus dapat dicapai dengan latihan rutin tentunya. 


Mengetahui tinggi rendahnya nada

Untuk kalian pemula, sebaiknya latihan menyamakan nada dengan lagu asli dapat ditemukan dengan mencoba untuk menyamakan suara dan berlatih. Rekam, lalu samakan dengan lagu aslinya. Bisa juga didapat dengan menekan tuts chord (kunci) dari sebuah alat musik seperti piano dan gitar. Sehingga anda mampu menemukan nada yang pas agar suara anda tidak Fals. Rekam suara anda dan bandingkan dengan lagu atau vokalis aslinya.

Berbeda lagi jika anda memang tidak memiliki rentang suara (Range) yang sama dengan vokalis aslinya. Anda perlu mencari beberapa tingkatan sesuai dengan range vokal anda. Tentunya kalian perlu mencari rentan suara anda ya. Setelah itu, anda cari chord atau akor di alat musik lebih rendah atau lebih tinggi untuk menemukan nada yang tidak sumbang. Dengan begitu, anda mampu mengurangi nada nada yang tidak pas atau buruk. Seperti kita ketahui bahwa belajar vokal memiliki manfaat seperti melatih intonasi, nada yang selaras dan juga harmonisasi dengan alat musik.


Belajar Vokal dengan teknik Pernafasan 

Penting sekali belajar teknik pernafasan bagi pemula. Pasalnya, pernapasan merupakan ujung tombak dari panjang pendeknya atau tinggi rendahnya nada. Dengan sedikitnya supply tenaga yang berasal dari pernafasan, dapat disimpulkan nada akan kacau balau atau tidak mudah untuk di kontrol.

Adapun latihan yang bisa anda jalani seperti dilakukan dengan berlari, senam, berenang atau sejenis olahraga apapun yang dapat menunjang pernapasan anda. Atau jika anda malas, bisa dilakukan dengan menarik udara melalui perut, tahan dan keluarkan secara perlahan melalui perut. Semakin lama anda mampu menahan dan mengeluarkan secara perlahan, semakin bagus tingkat nafas yang akan anda dapatkan. Adapun beberapa teknik pernapasan yang dapat anda lakukan seperti, pernafasan perut, pernafasan dada, dan pernafasan diafragma.

Secara umum, belajar vokal akan lebih baik jika memfokuskan pada pernafasan diafragma dan perut. Karena diafragma mampu melatih tinggi rendahnya nada atau suara panjang dan melengking. Sedangkan pernafasan perut mampu meningkatkan organ tubuh bagian belakang yang akan menunjang hasil suara yang memiliki karakter.


Belajar Artikulasi atau Pengucapan Kata baik dan benar

Berlatih untuk mengucapkan kata dengan baik dan benar untuk mendapatkan kejelasan dalam menyanyikan lagu. Tentunya, jika apa yang dikata tidak jelas akan kurang dalam menyampaikan makna sebuah lagu. Misalnya saja nada anda pas dan tidak fals tapi kata kata anda tidak pas atau bahkan tidak jelas. Tentunya dapat membuat pendengar terasa aneh dengan hal tersebut. Tips menguasainya dapat dilakukan dengan cara menyanyikan lagu dengan tempo cepat dan juga lagu dengan lambat agar anda dapat menguasainya. Bisa juga dengan menyanyikan lagu rap. 


Melatih Kekuatan Suara (Power)

Nah, pada bagian ini merupakan hal penting dalam bernyanyi. Power yang bagus bisa anda dapatkan jika pernapasan anda baik. Perlu diingat bahwa Power yang baik bukan tentang teriakan suara anda yang keras. Melainkan anda dapat menghasilkan suara yang jelas dan jernih. Latihan yang dapat anda lakukan adalah dengan meniup lilin yang hidup dengan jarak satu setengah meter. Berusahalah untuk memadamkan lilin tersebut dengan meniupnya. Lakukan secara rutin sebanyak 20 sampai 30 kali dalam sehari agar kekuatan suara anda dapat tercapai.


Lakukan Pemanasan sebelum bernyanyi

Sebelum berlatih, lakukan pemanasan dalam vokal juga penting lho. Bagaimana tidak, tidak ingin cidera dalam bernyanyi kan? hehe. adapun cara pemanasan seperti menggerakkan seluruh tubuh dari atas kepala hingga ujung kaki dengan maksud peregangan agar tidak kaku. Lakukan nada doremi dengan sedikit demi sedikit guna mendapatkan nada yang diinginkan nantinya.

Cara melatih vokal secara otodidak memang tidak gampang. Dan perlu diingat bahwa vokal juga membutuhkan stamina yang fit. Jadi, anda perlu mengurani Junk food, gorengan, es atau bahkan makanan berlemak lainnya. Tentunya ini perlu disadari bahwa belajar vokal tidak bisa instan. Cara diatas diharapkan menambah pengetahuan anda. Minimal tidak menemukan nada fals dan tak sesuai dengan alat musik agar band anda tidak salah memilih anda Hhehe.


Nah,itu tadi Tips Mudah Cara Belajar Vokal Pemula secara Otodidak tentunya bisa membuat anda mengetahui cara nyanyi secara otodidak. Kunjungi terus belajarmusiku.com dan temukan semua hal menarik seputar dunia musik. Baca juga Sejarah musik Keroncong yang bisa menambah wawasan anda dalam dunia musik di Indonesia. Cukup sekian dan terimakasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top