Cara Belajar Dinamika dan Keindahan Lagu untuk Pemula

Cara Belajar Dinamika dan Keindahan Lagu untuk Pemula - Hallo teman teman, jumpa lagi dengan kami. Pada dasarnya dalam mempelajari cara belajar bernyanyi atau vokal, anda pasti mengalami kesulitan dalam memilih nada yang lembut dan keras ketika bernyanyi bukan. Nah, lembut dan kerasnya anda bernyanyi akan menentukan keindahan lagu yang akan ada bawakan atau nyanyikan. Sebagai pemula, anda perlu mempelajari hal tersebut demi mendapatkan nada yang sesuai dengan apa yang mau. Karena, jika anda tidak pas atau lembut, tentunya akan membuat anda sulit dalam mengontrol pernafasan, intonasi, artikulasi dan mengontrol nada.

Cara Belajar Dinamika dan Keindahan Lagu untuk Pemula
Google Image - Cara Belajar Dinamika dan Keindahan Lagu untuk Pemula

Nada keras atau lembutnya dalam bernyanyi biasa disebut dengan dinamika. Namanya dinamika, tentunya dinamis ya atau perubahan naik turun yang akan membuat lagu yang kita nyanyikan lebih berwarna. Nah, jika anda menyanyi dengan nada yang datar akan membuat nyanyian anda menjadi lebih biasa kurang enak untuk didengar. Nah, kesempatan ini belajarmusiku.com akan memberikan Cara Belajar Dinamika dan Keindahan Lagu untuk Pemula yang akan berguna bagi anda penyanyi muda berbakat dan tentunya pemula atau beginner. Semoga bermanfaat.

Cara Belajar Dinamika dan Keindahan Lagu untuk Pemula


Maksud dari penggunaan dinamika yang tepat memiliki beberapa maksud. Tapi, yang paling utama adalah untuk menyampaikan pesan atau cerita dari sebuah lagu yang anda bawakan. Dengan menguasainya, anda akan mampu transfer cerita, pesan dan mungkin moral value yang terdapat dalam lagu tersebut. Nah, langsung saja ke bentuk latihannya yaa..

1. Latihan Dinamika dengan Lip Trill

Lip Trill adalah teknik menggetarkan bibir (Lip) dalam waktu tertentu. Nah, lip trill pada latihan ini, anda diwajibkan untuk melatih suara anda dari pelan ke keras (dinamis) tentunya secara perlahan ya. Nah, jika anda belum mampu, anda bisa mengulang melatihnya dari awal. Dan jangan lupa pegang pipi kita agar tidak bergetar terlalu banyak. Tipsnya, jika anda mengeluarkan udara dari ronga mulut adalah dengan cara mengatur diafragma anda (pernafasan dada) yang ditingkatkan.

2. Latihan Dinamika dengan Humming (Bergumam)

Humming adalah latihan yang mirip dengan suara kendaraan yang mendekat lalu menjauh. Jika anda pernah mendengar suara mobil yang lewat dari pelan hingga menjadi pelan lagi, itu adalah contoh dari dari latihan bergumam. Nah, caranya cukup mudah. Yaitu dengan coba buat nada dengan mulut tertutup lalu bunyikan dari pelan (lembut) ke keras lalu ke pelan lagi. Ulang latihan tersebut dengan teratur. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan hasil yang akan anda inginkan tentunya. Tentunya dengan latihan ini anda akan mampu mengatur intensitas kekuatan (power) suara anda.

3. Latihan dengan Menggunakan Lagu (aplikasi)

Dengan menggunakan lagu yang anda sukai, pasti anda lebih mengetahui isi dari lagu tersebut. Tentunya, anda ingin menyampaikan isi dari lagu tersebut dengan baik bukan. Nah, hal tersebut tentu perlu latihan yang rutin dan mengetahui titik lagu itu lembut atau keras. Contoh, mungkin beberapa lagu ada yang memiliki verse lembut lalu bridge dan chorus dengan nada keras atau kuat. Nah, jika anda suka lagu tersebut, pasti anda akan memahami lagu tersebut lebih dari orang lain. Dengan begitu, penekanan, intonasi, dan tentunya dengan dinamika yang tepat, anda akan mampu memberikan sensasi cerita yang luar biasa. 

Cara Belajar Dinamika dan Keindahan Lagu untuk Pemula - Nah, itu tadi beberapa latihan dari cara belajarnya. Semua postingan kali ini bermanfaat bagi kita semua. Terlebih lagi bagi kalian yang belajar vokal. Lebih baik lakukan latihan anda secara rutin layaknya mempelajari instrumen musik seperti gitar, biola, bass, dan juga drum. Konsistensi membuat anda menjadi lebih baik. Cukup sekian. Terimakasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top