Alasan Kenapa Musik Pop selalu Nikmat untuk di Dengar

Alasan Kenapa Musik Pop selalu Nikmat untuk di Dengar - Jika anda bertanya pada teman-temanmu (atau bahkan pada diri sendiri), tentu nggak banyak dari mereka yang bilang sebagai penikmat musik pop. Musik pop dari dulu memang nggak pernah sepi peminat. Ciri khas musiknya yang enak didengar membuatnya dicintai tidak sedikit orang.

Pop dapat dibilang sebagai aliran musik yang peka terhadap pertumbuhan zaman. Bahkan semua penyanyi lagu pop pun rajin berinovasi melewati alat-alat musik terbaru. Tengok saja semua penyanyi yang melanggengkan musik pop menjadi semakin kreatif dan unik, terdapat Isyana Sarasvati, Taylor Swift, Ariana Grande, Tulus, Afgan serta masih tidak sedikit lagi.

Beda dari genre musik lainnya, musik pop memang sangat terasa istimewa. Nah, jika ingin tahu mengapa musik pop akan tidak jarang kali di hati semua pecinta musik? Apa itu sebenarnya music pop?


Google Image - Alasan Kenapa Musik Pop selalu Nikmat untuk di Dengar



Musik pop adalah salah satugenre musik yang banyak digemari. Genre musik pop memang familiar menghasilkan tidak sedikit lagu pop terbaik dan terpopuler. Tiap tahun tidak sedikit lagu pop terbaru, baik lagu pop Indonesia teranyar maupun lagu pop barat terbaru. Namun apa sebenarnya definisi musik pop itu? Bagi yang penasaran tentang apa saja ciri-ciri musik pop dan jenis jenis musik pop? Kali ini akan dibicarakan mengenai pengertian musik pop dan definisi musik pop beserta sejarah, ciri, perangkat musik dan jenis musik pop menyeluruh terbaru. Bagi yang penasaran Berikut Alasan Kenapa Musik Pop selalu Nikmat untuk di Dengar.


Alasan Kenapa Musik Pop selalu Nikmat untuk di Dengar

 

1. Pop tersebut kepanjangan dari populer. Musik ini diciptakan untuk dapat masuk pada seluruh kalangan masyarakat.

Pop diambil dari kata "populer". Musik ini sangat banyak diketahui orang. Jadi sebenarnya cakupan musik pop tersebut luas. Dan yang terpenting ialah bisa diterima oleh para kalangan penggemarnya. Tak hanya harus bertempo pelan, sejumlah inovasi musik pop pun menghasilkan beat kencang dan keras. Tapi entah mengapa tetap enak dapat didengar di telinga. Mungkin semua itu karena music yang satu ini kental dengan makna kehidupan yang kita alami sehari-hari. Dengan itu juga yang membuat music pop dari hari ke hari semakin banyak penikmatnya.

2. Musik pop mudah dipadukan dengan genre musik lainnya.

Musik pop tidak terbatas pada satu pola irama tertentu. Musik ini juga dapat memanfaatkan pesona aliran-aliran lainnya. Seperti salah satu penyanyi top dunia yaitu Taylor Swift yang sempat memadukan pop dengan country atau Justin Bieber yang lagi bereksperimen dengan EDM. Dan pasti saja, kemasan musik pop semacam ini enak guna dinikmati. Hal ini lah yang membuat musik pop semakin banyak di gemari oleh penikmat nya.

3. Siapapun dapat merengkuh kesuksesan melewati jalur pop.

Ada tidak sedikit kisah soal band yang berhasil di dunia musik. Namun, banyak sekali dari mereka tentu telah punya modal dalam bermusik. Mulai dari pengetahuan musik, skill, sampai dana (misalnya orang tuanya biduan punya perangkat studio dan sebagainya). Namun dengan musik pop, orang biasa juga sanggup guna mereguk kesuksesan. Contohnya saja laksana ST12 yang sekarang berganti nama jadi Setia Band, Wali, Justin Bieber, dan tidak sedikit lainnya.


4. Liriknya simpel tetapi penuh makna.

Agar dapat diterima seluruh kalangan, musik pop jarang mencatat lirik dengan ucapan-ucapan yang sulit dimengerti oleh para pendengarnya. Lirik yang ditulis harus gampang dipahami supaya ketika hanya mendengarnya sekali, seluruh pendengar langsung paham apa sebenarnya maknanya makna yang ingin disampaikan kepada para pendengar. Bahasa yang disampaikan juga sederhana dan mengalir. Maka dari itu banyak kalangan yang menyukai genre musik yang satu ini.

5. Bahasan utama musik pop tersebut lebih banyak Soal cinta.

Agar gampang diterima, maka konten utama musik pop tersebut selalu universal. Jadi dapat dimengerti oleh semua kelompok usia dan kalangan. Biasanya yang paling sering sekali dibahas ialah soal cinta. Sangat banyak music pop yang bercerita tantang percintaan. Lagu pop juga bisa tentang jatuh cinta, putus cinta, cinta pada kemanusiaan, alam semesta, orang tua. Pokoknya cinta-cintaan. Biasa nya yang menyukai lagu dengan pesan tentang cinta-cintaan adalah kalangan wanita.

6. Musik pop tersebut tidak rumit nada-nadanya.

Lagu pop jarang sekali menggunakan nada-nada dan kord yang rumit. Hal yang terpenting ialah pesannya bisa diterima telinga dan nadanya terniang-niang di benak para pendengar. Musik pop juga bisa digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan yang ingin kamu sampaikan ke seseorang.  Hal inilah yang membuat music pop semakin digemari oleh para pecinta musik.

7.  Melodi dan Harmoni

Musik pop pun berfokus pada melodi utama dan meluangkan sedikit counterpoint. Counterpoint ialah dua atau lebih alur susunan melodi yang beriringan. Harmoni dan counterpoint menciptakan sebuah lagu menjadi kaya dan indah. Namun, urusan itu berbeda dengan banyak sekali musik pop dimana tersebut menjadi tidak gampang didengarkan. Fokus untuk melodi utama dan hooks-nya dalam suatu lagu membuatnya lebih menarik.

Pikirkan saat kamu sedang menyanyi suatu lagu pop ketika karaoke, seringkali hanya terdapat satu suara yang diperhatikan. Berbeda dengan saat mendendangkan sebuah musik yang memiliki sejumlah suara dan suara tersebut bergerak sendiri-sendiri. Secara musik, counterpoint menciptakan suara yang kaya dan meningkatkan tingkat kesulitannya.

Namun, tersebut tidaklah umum dalam musik pop sebab dapat menciptakan sebuah versi yang sedikit tidak cukup menarik dari satu musik dan mengurangi konsentrasi pada vokal utama.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top