Berikut Ini merupakan Fakta tentang Alat Musik Flute

Berikut Ini merupakan Fakta tentang Alat Musik Flute - Flute adalah salah satu alat musik yang memerlukan pengetahuan khusus untuk memainkannya. Alat musik ini tergolong dalam alat musik tiup tetapi lebih dikenal sebagai alat musik woodwind. Meski alat musik ini sekilas hampir sama dengan klarinet dan saxophone tetapi alat musik tersebut bertolak belakang terutama dalam kiat memainkannya.

Ada yang memandang alat musik flute adalah salah satu perangkat musik tradisional tiup yang sering kali terbuat dari bambu, sejumlah alat musik canggih yang dikenal “flute” juga ada yang terbuat dari bahan logam.



Google Image - Berikut Ini merupakan Fakta tentang Alat Musik Flute




Keduanya mempunyai lubang, namun jenis kayu dan logam bertolak belakang desain lubang-nya. Karena itu semua disesuaikan dengan bahan untuk membuat alat music Flute dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. 

Flute memang jarang digunakan oleh pemakaiannya dalam acara pementasan dikarenakan kegunaannya yang nyaris sama dengan suling, sebagai pengiring dan juga pelengkap penampilan musik. Di samping berat, tidak tidak sedikit juga yang belum paham bagaimana teknik memainkan flute yang baik. Karena memang bermain alat musik flute sedikit lebih rumit di bandingkan dengan alat musik yang lainnya. Itu sebab nya alat musik flute jarang sekali digunakan untuk acara pementasan atau festival musik. Oke bagi yang penasaran fakta apa saja yang ada dibalik alat musik tiup flute. Langsung saja kita ke artikel beberapa Fakta tentang Alat Musik Flute.



Berikut Ini merupakan Fakta tentang Alat Musik Flute


Penemuan Flute

Fakta mengenai Alat Musik Flute yang pertama adalah membahas tentang penemuan Alat musik Flute tersebut. Alat musik Flute ditemukan pertama kali di temukan dalam goa Jerman. Flute alat musik yang ditemukan pertama kali dibuat dari tulang burung yang dilubangi agar menghasilkan suara yang merdu ketika didengarkan dan di perkirakan diciptakan lebih dari 35.000 tahun silam yang ditemukan oleh pria yang bekerja sebagai arkeologi yang bernama Nicholas Conard.

Berbentuk Potongan

Fakta mengenai Alat Musik Flute yang kedua adalah Saat ditemukannya pertama kali alat musik Flute dengan bentuk berupa potongan yang berjumlah 12 potong. Tim arkeolog tersebut lantas menyambung 12 potongan itu sehingga menjadi satu yaitu alat musik flute itu sendiri. Ketika diukur panjang alat musik Flute tersebut adalah 22 cm dengan lubang 5. Semenjak itu banyak yang meniru bahkan merubah sedikit bentuk alah musik flute dengan menambahkan lubang atau memodifikasi nya dengan cara member sedikit ukiran di badan alat musik yang satu ini. Sampai saat ini sangat banyak sekali yang membuat alat musik tiup ini.

Keluarga Tertua Woodwind

Flute adalah salah satu alat musik tiup sangat tua di dalam woodwind. Dulunya Flute tersebut dipakai untuk memburu, upacara keyakinan dan menggandung sihir. Pada awal mula diketemukannya alat musik Flute selalu mempunyai satu lubang saja. Tapi saat ini ada yang menambahkannya dengan alasan agar suara yang dihasilkan alat musik ini lebih merdu dan meliki variasi suara.

Modern Flute

Fakta mengenai Flute selanjutnya yang wajib Anda ketahui adalah perkembangan alat musik ini. Flute telah menjadi lebih modern yang memiliki format lebih menarik dikomparasikan Flute sebelumnya yang tercipta dari kayu. Pada tahun 1877 Flute pulang menjadi berbahan dasar silver atau logam.

Pencipta Flute Modern

Saat ini yang dikenal oleh masyarakat adalah Flute modern. Yang sangat berjasa dalam terciptannya Flute modern adalah seorang musisi yang bernama Theobald Boehm. Boehm adalah musisi yang berasal dari kerajaan Bavarian, beliau lahir pada tanggal 9 April 1794 dan meninggal 25 November 1881. Boehm Tidak selalu berperan dalam pembuatan saja namun juga dalam permainan alat musik flute itu sendiri.

Flute Termahal

Dalam perkembangannya tidak salalu Flute terbuat dari bahan perak saja, tetapi ada juga yang terbuat dari kombinasi antara emas dan perak. Namun Flute yang sangat mahal ialah yang tercipta dari platina. Karena flute yang terbuat dari bahan platina dianggap bisa lebih baik di banding dibuat dengan emas atau perak.

Kunci Dasar

Untuk memainkan Flute ini Anda dapat menggunakan kunci dasar C yang mana rentang suaranya setinggi 3 oktaf. Jika memakai kunci ini dan tinggi nada 3 oktaf, maka instrumen musik Flute bakal memiliki suara sangat tinggi.

Flute dengan Suara Rendah

Ketika mendengar suara alat musik Flute memori Anda langsung tertuju pada suaranya yang khas dan melengking. Namun tidak seluruh Flute itu mempunyai suara yang tinggi. Khusus untuk alat musik Flute jenis Alto dan Bass mempunyai suara yang rendah.

Flute Suara Tertinggi

Dalam orkestra Flute ini tidak jarang memegang peranan dalam instrumen musik yang sedang dimainkan. Jika terdapat Flute dengan suara terendah maka terdapat Flute dengan suara tertinggi yakni Piccolo. Piccolo ini memiliki format lebih pendek dan kecil dibandingkan dengan Flute standar. Sedangkan suaranya dapat mencapai 1 oktaf lebih tinggi dibandingkan Flute standar yang melulu 3 oktaf.


Cara Mengeluarkan Nada

Agar menerbitkan nada cocok yang diinginkan pemain mesti mengembus lewat lubang mulut letaknya di ujung samping, lantas membuat udara terpisah hingga ke lubang sangat ujung sehingga saat meniupnya suara serupa dengan siulan.

Jika Anda hendak bermain Flute dengan baik dan benar dianjurkan untuk belajar dengan instruktur yang telah ahli dalam memainkan Flute itu dan sudah sering terlibat dalam orkestra. Hal tersebut dikarenakan instruktur bisa mengajari anda dengan baik dan anda tidak melakukan kekeliruan berulang-ulang.



Oke itu tadi artikel mengenai fakta-fakta yang ada di dalam Alat Musik Flute. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang alat musik tiup flute. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian, kami ucapkan terima kasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top