Cara Bermain Piano Atau Keyboard, Tentang Not dan Chord

Cara Bermain Piano Atau Keyboard, Tentang Not dan Chord - Jika kita tidak mempunyai piano di rumah, barangkali Anda dapat meminjamnya dari teman, atau jika sangat dibutuhkan kita bisa menyewa nya atau bahkan kita langsung ke studio musik. Keuntungan mempelajari teknik bermain piano ialah karena suara yang didapatkan autentik dari getaran senar. Di samping itu, piano mempunyai 88 tuts. Kibor tidak mempunyai kedua fitur ini. Jangan lupakan saat menciptakan pilihan Anda.

Sebelum melangkah lebih jauh disini saya akan memberi tahu perbedaan Piano dan Keyboard

Piano ialah alat musik yang dimainkan dengan jari-jemari tangan 

Keyboard ialah sebuah perangkat musik yang dimainkan laksana piano, melulu saja keyboard dapat memainkan berbagai suara, laksana terompet, suling, gitar, biola hingga perkusi perkusian. Dengan keyboard, anda juga dapat bermain layaknya suatu band. Apa sih yang dimaksud alat musik piano?


 
 Google Image - Cara Bermain Piano Atau Keyboard, Tentang Not dan Chord


Piano ialah alat musik yang dimainkan dengan jari-jemari tangan. Pemain piano dinamakan pianis. Piano ialah salah jenis perangkat musik yang populer di dunia. perangkat musik piano pun dapat dikategorikan sebagai perangkat musik tertua dan juga mempunyai harga yang lumayan mahal bagi sebagian orang. Mungkin memang benar, perangkat musik piano jarang anda temui kecuali di tempat-tempat tertentu, tersebut karena dilihat dari harga piano yang lumayan mahal itu sendiri. Bagi beberapa orang barangkali belum memahami perkembangan dan sejarah perangkat musik piano.

Sejarah Alat Musik Piano

Sejarah perangkat musik piano diawali dari kata piano. Kata piano berasal dari bahasa Italia, yakni Pianoforte. Dalam sejarah perangkat musik piano memang terdapat perdebatan tentang siapa penemu perangkat musik piano untuk pertama kali, yang tadinya dijuluki Gravecembalo Col Piano E Forte. Namun, tidak sedikit orang memandang Bartolomeo Cristofori sebagai pembuat perangkat musik piano yang pertama. Di tahun 1720-an ia menciptakan alat musik piano, suaranya tidak sekeras piano yang bisa didengarkan di abad 20-an, sebab tegangan tuts piano tersebut tidak sekuat piano yang sekarang. Oke biar gak penasaran langsung aja kita ke Cara Bermain Piano Atau Keyboard, Tentang Not dan Chord.



Cara Bermain Piano Atau Keyboard, Tentang Not dan Chord

 

Not dan Chord

Not merupakan lambang nada pada piano
Chord atau Akord merupakan kumpulan tiga not atau lebih yang bila dimainkan secara bersamaan tersiar harmonis. Chord/Akord dapat dimainkan secara terputus-putus ataupun secara bersamaan. Akord ini dipakai untuk mengiringi sebuah lagu.

( 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, i/ do, re, mi, fa, sol, la, si, do ) dicerminkan  sebagai Not
( C, D, E, F, G, A, B, C ) dicerminkan  juga sebagai Chord

di nada standar penempatan not dan chrod pada tuts keyboard/ piano laksana ini:

Not Chord
Do = C
Re = D
Mi = E
Fa = F
Sol = G
La = A
Si = B
Do' = C'

Tapi, dapat juga Do = D / Do = E dan seterusnya. Pergeseran nada tersebut disebut pun Transpose Nada.
Digambar atas dapat dilihat terdapat tuts yang berwarna hitam, tersebut disebut nada oleng ada pula yang menyebutnya nada datar dan lambangnya ialah # / ♭

# dibaca Kres : Naik separuh nada

♭ dibaca flat/ mol : Turun separuh nada

Contoh:
untuk tuts hitam di depan not D/ Re yakni D#
untuk tuts hitam di belakang not D/ Re yakni D♭

kesimpulan nya adalah
C# = D♭
D# = E♭
F# = G♭
G# = A♭
A# = B♭

Sekarang anda sudah memahami dimana saja tata letak not dan chord pada tuts keyboard/ piano. Selanjutnya kita membicarakan tentang Chord, diatas dituliskan bahwa chord ialah kumpulan dari tiga not atau lebih yang andai dimainkan secara bersamaan akan menyusun suatu suara yang harmonis.

Agar lebih mudah dicerna berikut ialah dari masing-masing kunci Chord, ini menunjukan chord standar yang terdiri dari tiga not.
jika masih bingung atau malas untuk menghafal semua chord-chord nya, ada teknik mudah untuk menilik Chord. saya pribadi memakai rumus 1 - 5 - 4.

rumus 1 - 5 - 4 ialah rumus untuk mengejar not ke 2 dan ke 3 supaya menjadi 1 kunci Chord dimana
1 = Chord mula yang hendak kita cari
5 = tuts ke 5 dari tuts awal
4 = tuts ke 4 dari tuts ke 5

dan perlu anda ketahui jari yang anda gunakan seringkali untuk mengurangi chord ialah

kelingking - telunjuk - jempol
Kelingking = not kesatu
Telunjuk = not kedua
Jempol = not ketiga

biasanya guna penempatan jari laksana ini tergantung dari kenyamanan anda masing - masing, tapi banyak sekali orang memang merasa lebih nyaman memakai 3 jari diatas guna chord dasar laksana ini.

Di samping Chord Major ada pun namanya Chord Minor. Ibarat chord major ialah suara bakunya, chord minor tersebut suara falsnya.

Penekanan tuts pada keyboard/ piano juga hanya lain sedikit. yakni menurunkan nada yang ditengah 1/2 nada.

Berikut adalah contoh :

Chord C Major = 1 - 3 - 5

berarti C Minornya (Cm) = 1 - 3♭ - 5

Chord D Major = 2 - 4# - 6

berarti D minornya (Dm) = 2 - 4 – 6


Oke sob itu tadi Cara Bermain Piano Atau Keyboard, Tentang Not dan Chord. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang bermain alat music piano. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top