Inilah 5 Alasan Mengapa Penikmat Musik Jazz di Anggap Beruntung

Inilah 5 Alasan Mengapa Penikmat Musik Jazz di Anggap Beruntung - Pernah gak kalian beranggapan mengapa tidak sedikit kafe, perpustakaan atau bahkan di rumah sakit sering kali memutarkan musik jazz? Tentunya mereka tidak asal-asal pilih musik hanya untuk sekadar menambah mood mereka. Ternyata, musik jazz mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh dan kinerja benak kita.


Inilah 5 Alasan Mengapa Penikmat Musik Jazz di Anggap Beruntung
Google Image - Inilah 5 Alasan Mengapa Penikmat Musik Jazz di Anggap Beruntung
Musik jazz dulunya adalah salah satu genre yang cuma dapat dinikmati oleh keluarga kerajaan di Eropa. Pasalnya, memainkan musik jazz ini ternyata perlu skill yang lumayan tinggi. Nah, beruntung banget kita hidup di zaman dimana genre musik yang satu ini dapat dinikmati oleh siapa saja. Bahkan, masing-masing konser jazz penontonnya tidak jarang kali membeludak dari anak muda hingga orang dewasa. Sebenernya apa itu musik jazz?


Perkembangan Musik Jazz

Musik jazz adalah jenis musik yang dikembangkan untuk pertama kali oleh orang-orang Afrika - Amerika. Musik jazz berasal dari New Orleans, Amerika Serikat, pada akhir abad ke- 19. Musik jazz adalah pencampuran dari sekian banyak  jenis musik, antara nya blues, ragtime, brass-band, dan musik tradisional Eropa dan irama-irama pribumi Afrika.

Instrumen utama yang sering dipakai pada musik jazz pada umumnya ialah piano, bass, drum, gitar, saksofon, trombon, dan trompet. Musik jazz juga disukai dan sekarang dimainkan di tidak sedikit negara di semua dunia, tergolong di Indonesia negara tersayang kita. Tentu genre jazz pun mempunyai sejarah pertumbuhan yang panjang dari mula hingga sekarang jadi populer.

Musik jazz hadir dan populer selama tahun 1920. Namun saat popularitas musik ini menurun seiring dengan timbulnya aliran jenis musik lainnya di Indonesia, misalnya seperti musik rock, blues dan pop. Tapi sekarang ketika kemunculan musisi-musisi jazz seperti Ivan Nestorman, Gilang Ramadhan, Syaharani, ermi Kulit, Iga Mawarni, dan Musik jazz bangkit kembali dan semakin populer di indonesia. Kira-kira mengapa sih penikmat musik jazz dikatakan sangat beruntung? Oke berikut Ini 5 Alasan Mengapa Penikmat Musik Jazz Sangat Beruntung.

Inilah 5 Alasan Mengapa Penikmat Musik Jazz di Anggap Beruntung

 

1. Musik Jazz Menstimulasi Kinerja Benak Kita

Dengan seing mendengarkan musik jazz, benak akan terstimulasi sampai-sampai kita menjadi lebih rileks bahkan menambah kreativitas. Dengan demikian kita dapat menjadi lebih fokus, termotivasi, dan produktivitas meningkat. Musik jazz yang lembut dan rileks dapat meminimalisir rasa gelisah dan efeknya hampIr sama ketika anda di pijat.

Di samping itu, musik jazz pun dapat menolong kita menemukan kualitas istirahat yang lebih baik. Musik genre ini mempunyai efek yang sama dengan sedatif dan dapat mengurangi reaksi kimia yang bersangkutan dengan adrenalin dan stress pada tubuh.

 

2. Mengurangi Rasa Depresi dan Stress

Dalam salah satu penelitian tentang musik jazz, mengindikasikan bahwa musik jazz dapat meredam rasa depresi dan stress kita saat mengalami suatu masalah. Rasa depresi bakal berkurang sampai 25 persen apa bila kamu sering mendengarkan musik jazz sekitar satu jam per harinya dibanding mereka yang tidak. Maka dari itu jika seseorang mendengarkan musik jazz tubuh mereka benar-benar terasa rileks pada saat mendengarkan musik jazz. Hal ini sangat direkomendasikan jika anda sedang depresi atau stress pada saat menghadapi masalah. Karena memang dengan cara ini cukup efektif untuk meredakan depresi tau stress.


Baca juga: Daftar Aplikasi Musik Terbaik yang Bisa Mewarnai Harimu Menjadi Asik

 

3. Mengurangi Rasa Sakit dan Baik Juga untuk Pemulihan dari Stroke

Inilah dalil mengapa tidak sedikit rumah sakit memutarkan musik jazz yang santai dan lembut untuk para pasien mereka. Musik jazz dapat mengurangi rasa sakit pada manusia sampai 21 persen dan dapat meminimalisir intensitas migrain dan sakit kepala. Hal itu karena musik jazz yang santai dan lembut dianggap mampu membuat benak kita merasa rileks, meningkatkan mood dan otak kita merasa tegang. Hal itu memang benar adanya, karena musik jazz yang santai dan lembut sangat efektif mengurangi rasa sakit dan baik juga untuk pemulihan stroke.

Di samping itu, jika saja rutin diputarkan untuk orang yang sedang dalam pemulihan stroke, musik jazz dapat meningkatkan mood, fokus, bahkan meningkatkan keterampilan memori verbal mereka.

 

4. Menurunkan Tekanan Darah Anda

Musik jazz ternyata mampu juga mempengaruhi kinerja sistem kardiovaskular kita. Pembuluh darah bakal membesar sampai 30 persen sampai-sampai tekanan darah bakal turun. Hal itu terjadi karena alunan musik jazz yang santai dan lembut dapat membuat anda merasa rileks dan tenang, sehingga tekanan darah anda bisa turun. Jadi dengan cara ini sangat direkomendasikan jika anda adalah orang yang memiliki darah tinggi. Sedangkan pada saat anda mendengarkan musik yang bertempo cepat seperti contoh nya musik metal maka hal itu dapat dapat meningkatkan tekanan darah, kinerja jantung, serta pernapasan anda.

 

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ternyata musik jazz pun mampu meningkatkan kinerja tubuh dalam menambah daya tahan serta membantu tubuh agar lekas sembuh dari infeksi. Dengan sering mendengarkan musik jazz sekitar 30 menit seharinya, maka tingkat immunoglobin A pada tubuh anda akan naik. Immunioglobin A adalah zat alami yang ada pada dalam tubuh anda yang dapat mencegah infeksi karena terkena virus maupun bakteri. Immuniglobin A dalam tubuh bakal tetap tinggi sampai 30 menit sesudah kita selesai mendengarkan musik jazz yang santai.

Inilah 5 Alasan Mengapa Penikmat Musik Jazz di Anggap Beruntung - Ternya musik jazz tidak hanya sekedar musik yang hanya bisa di dengarkan, akan tetapi musik jazz juga memiliki fungsi yang baik bagi kesehatan kita. Oke Sob, itu tadi beberapa Alasan Mengapa Penikmat Musik Jazz Sangat Beruntung, semoga dengan membaca artikel yang kami tulis bisa membantu dan bermanfaat bagi anda. Terimakasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top