Inilah Fakta Unik di Balik Festival Musik & Seni Tahunan Coachella

Inilah Fakta Unik di Balik Festival Musik & Seni Tahunan Coachella - Festival musik tahunan Coachella tahun ini akan dilangsungkan pada April 2018 ini di California, Amerika Serikat. Tiga musisi Hollywood kawakan, The Weeknd, Beyonce, dan Eminem menjadi tiga musisi yang menjadi highlight dari ratusan pemusik dunia yang turut muncul meramaikan Festival Musik Coachella 2018.
Coachella sendiri merupakan pesta rakyat musik tahunan yang diselenggarakan di Empire Polo Club di Indio, California, yang terletak di Lembah Coachella Inland Empire, di Gurun Colorado. Dalam pesta rakyat tersebut, memperlihatkan musisi sekian banyak  genre musik laksana rock, indie, hip-hop, dan musik elektronik.

Google Image - Inilah Daftar Festival Musik Terbesar di Dunia


Tahun ini Festival Musik Coachella kembali dilangsungkan di Empire Polo Club di Indio, California pada tanggal 13-15 April dan 20-22 April. Apa itu Festival Musik dan Seni Tahunan Coachella?

Coachella ialah festival musik dan seni tahunan yang diadakan di Empire Polo Club di Indio, California, tepatnya terletak di Inland Empire, Coachella Valley di Gurun Colorado. Festival ini biasa disebut dengan istilah Coachella Valley Music and Arts Festival atau Coachella atau Festival Coachella.

Coachella ini pertama kali diadakan oleh Paul Tollett pada tahun 1999 dan kemudian diadakan oleh Goldenvoice yang adalahanak perusahaan dari AEG Live. Acara Coachella ini memiliki sangat banyak jenis musik yang di tampilkan seperti rock, indie, hip hop, dan musik dansa elektronik, selain itu di festival ini juga ada pertunjukan seni dan patung.

 

Inilah Fakta Unik di Balik Festival Musik & Seni Tahunan Coachella

 

1. Pesta Musik Rapp

Jika satu atau dua tahun yang lalu, musik elektronik menggoyang gurun sahara dengan penampilan DJ Calvin Harris, kini, di Coachella 2018, bersiaplah untuk menyaksikan kebangkitan musik Rapp dan Hip-hop. Sebab, dua-duanya mengambil potongan sangat besar dan menonjol di pesta rakyat musik kali ini. Banyak sekali musisi rapp dan hip-hop yang unjuk kebolehan di Festival Musik Coachella kali ini. Di antaranya seperti Vince Staples, Tyler, the Creator, Migos dan Cardi B. jadi bisa dibayangan sangat seru sekali jika bisa menonton Festival Musik Coachella secara langsung.

 

2. Banyak Musisi Wanita

Di samping banyak penampilan musisi rapp dan hip-hop, di Festival Musik Coachella 2018, bakalan hadir pula para musisi perempuan yang akan menciptakan Coachella tahun ini sangat meriah. Musisi yang hadir di Festival Musik Coachella antara lain SZA, St Vincent alias Annie Clark, Haim, ANgel Olsen dan duo dari Swedia, Aid Kit dan masih banyak lagi musisi perempuan yang lain nya.  Sudah jelas festival musi Coachella tahun ini akan berlangsung sangat istimewa karena banyak musisi yang menghadiri dan memeriahkan Festival Musik yang satu ini.

 

3. Menyediakan Fasilitas Tenda untuk Penonton

Awalnya semua penonton Coachella dilarang untuk menegakkan tenda di lokasi ini guna menghindari kejadian tragis yang sempat terjadi di pesta rakyat musik Woodstock tahun 1999. Namun baru di tahun 2003 pihak penyelenggara mengizinkan pengunjung untuk mendirikan tenda. Dan di tahun 2012 semenjak pihak panitia melebarkan luas wilayah festival, pihak promotor membuka kemudahan camping yang terdiri dari sejumlah kelas. Tidak hanya mendirikan tenda yang nyaman, pengunjung juga dapat menikmati kemudahan kamar mandi, toko serba ada, lokasi untuk memenuhi daya baterai ponsel anda serta menyediakan koneksi jaringan WiFi. Gimana lengkap bukan?

4. Di tahun 2012 Pihak Panitia Membeli Tanah di Indio Dengan Luas 113 Hektar

Terus meraup keuntungan, menciptakan pihak Panitia beranggapan jangka panjang guna kelangsungan acara Festival Musik Coachella. Maka dengan ada hal itu pihak panitia di tahun 2012 membeli tanah untuk mengadakan Festival Musik Coachella agar lebih luas untuk mengadakan festival music tersebut, panitia Goldenvoice member info telah melakukan pembelian lahan seluas 113 hektar di Indio, California yang untuk saat ini dipakai sebagai lokasi berlangsungnya acara festival musik tahunan ini.

 

5. Mengerahkan Seluruh Anggota ke Polisian di Wilayah Indio guna Mengawasi Acara

Diselengggarakan di distrik Indio, California yang berpenghuni sekitar 40.000 orang, sehingga pihak panitia bekerja sama dengan pihak kepolisian distrik ini perlu berusaha ekstra tiap kali Festival Musik Coachella diadakan. Biasanya semua anggota polisi bakal dikerahkan guna menjaga tempat tetap kondusif dan aman terkendali, guna menghindari terjadinya perkelahian karena dampak dari para pengunjung yang banyak minum-minuman keras maupun pemakaian obat terlarang dan narkoba. Bahkan di tahun 2013 pihak kepolisian menciduk 90 orang selepas 3 hari penyelenggaraan Festival Musik Coachella dimulai.

 

6. Mengalami Kerugian di Tahun Awal Penyelenggaraan

Kesuksesan memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, hal ini juga yang dialami oleh para pendiri dan panitia Festival Musik Coachella. Pada awal penyelenggaraanya, festival music coachella ini tidak memberikan keuntungan bagi para pendirinya, bahkan sang promotor Goldenvoice, merasakan kerugian sebesar $800.000. Karena urusan ini pula, di tahun 2000 festival musik rakyat Coachella tidak diadakan dan baru diselenggarakan kembali pada tahun 2001. Hal itu terjadi karena pihak pendiri mengalami kerugian yang cukup bersar.

 

7. Raup Keuntungan Rp1,5 Triliun di Tahun 2017

Untuk pertama kalinya penjualan tiket Festival Musik Coachella berhasil terjual habis pada tahun 2004 dengan band Radiohead sebagai bintang tamu utamanya. Hal itu terjadi karena semakin tingginya minat pengunjung untuk menonton festival musik ini. Karena memang setiap tahun nya para pendiri festival musik Coachella selalu menghadirkan bintang tamu TOP dunia.


Oke itu tadi beberapa Fakta Unik di Balik Festival Musik & Seni Tahunan Coachella yang mungkin belum anda ketahui. Semoga dengan membaca artikel yang kami ini dapat menambah pengetahuan anda tentang Festival Musik Coachella. Sekian dari kami, Ucapkan Terima Kasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top