Inilah Penyebab Merinding Saat Dengerin Musik

Inilah Penyebab Merinding Saat Dengerin Musik - Ada kalanya saat dengerin musik, tiba-tiba anda merinding. Bulu kuduk berdiri, seakan-akan ada ikatan emosional dengan yang menciptakan lagu tersebut. Tidak seluruh orang dapat merasakan hal demikian. Ada yang bahkan biasa-biasa saja meskipun musik itu telah mengucapkan pesan yang begitu emosional.
Seorang lulusan Universitas Harvard, Matthew Sachs sukses melakukan penelitian kenapa bulu kuduk berdiri atau merinding ketika seseorang memperhatikan lagu. Ia mengerjakan penelitian terhadap 20 orang untuk memahami bagaimanakah perasaan merinding tersebut dapat terjadi untuk seseorang.



Google Image - Inilah Penyebab Merinding Saat Dengerin Musik

Di antara 20 orang tersebut, di antaranya pernah merasakan bulu kuduk merinding saat memperhatikan dengan seksama musik dan 10 lainnya tidak. Ada yang mengatakan bahwa orang-orang yang sukses mengambil arti emosional berarti pesan dari musik atau lagu tersebut berhasil menyampaikan pesan yang ingin mereka sampaikan kepada para pendengarnya, bahkan hingga memunculkan reaksi jasmani, mempunyai struktur benak yang bertolak belakang dikomparasikan dengan orang-orang yang tidak mempunyai reaksi demikian.


Inilah Penyebab Merinding Saat Dengerin Musik

Orang-orang dengan keterampilan demikian mempunyai volume saraf yang lebih padat. Di mana kortes pendengaram dan lokasi yang memproses emosi dapat berkolaborasi dan terhubung satu dengan yang lainnya dengan paling baik.

Artinya, jika anda merinding saat anda mendengarkan music yang bermakna berarti anda mempunyai otak spesial dan mempunyai tingkat efisiensi lebih baik daripada orang lain. Selain tersebut jika anda dapat membuat ikatan yang paling emosional saat mendengarkan musik, dengan kata lain kamu mempunyai risiko guna sembuh lebih besar saat mengalami depresi atau stress.
Hal ini yang menyebabkan kemampuan dan kepekaan emosional anda lebih tinggi dari pada orang pada umumnya. Singkatnya, musik selalu dapat dijadikan sebagai perangkat terapis guna mengeksplorasi perasaanmu.

Setiap orang, lagipula pencinta musik, tentunya mempunyai satu lagu yang tidak jarang diulang terus-menerus, menandakan bila lagu tersebut mempunyai peranan dan arti yang hampi sama persis yang pernah dialamai dalam hidupnya.

Entah tersebut karena ngingetin dia sama kekasihnya, atau dapat juga lagu tersebut memberikan motivasi yang membara dalam hatinya. Biasa nya
Terkadang, saat kita mendengar suatu lagu yang enak banget dan memiliki makna dalam hidup kita, lagu itu dapat membuat anda merinding alias bulu kuduk anda berdiri. Hal itu terjadi karena pesan dari lagu yang anda dengarkan memliki makna yang dalam dari hidup atau pengalaman anda.

 

Musik juga memiliki beberapa funsi yakni :

 

1. untuk menjadi media untuk mengungkapkan perasaan

Hal ini biasanya ditujukan guna si pencipta musik tersebut. Seperti yang tadi sudah diterangkan di atas, musik yang indah seringkali berasal dari empiris yang dirasakan oleh si penciptanya. Karena bagi sebagian orang menciptakan musik adalah ibadah.
Akan tetapi, sebagus apapun arti yang terdapat di dalam musik yang dibuat tersebut, belum pasti juga dapat disampaikan dengan baik oleh seluruh orang. Semua tersebut kembali lagi untuk bagaimana teknik seseorang membawakan musik tersebut. Maka dari itu kita harus pandai membuat musik yang sopan dan beretika.

2. Sarana menghibur hati

Ada yang bilang bila ketika hati sedang merasa sedih, resah, atau bila bahasa anak gaulnya dibilang “galau“, dapat berangsur-angsur membaik atau bahkan hilang dengan mendengarkan musik. Apakah kamu pernah melakukannya? Sebagian besar masyarakat tentu pernah melakukannya. Karena memang music bisa dikatakan teman saat kita merasa sedih saat menghadapi suatu hal, atau bahkan saat kita sedang depresi dan stress.

3. Bisa Menenangkan Jiwa

Pernahkah kamu mendengarkan musik klasik? Saat sedang mendengarkan musik tersebut, apakah yang kamu rasakan? Musik klasik seringkali sangat diandalkan  oleh masyarakat sebagai sarana untuk mengerjakan relaksasi atau mendinginkan jiwa yang sedang resah.
Tidak melulu itu saja, konon katanya perempuan hamil sangat disarankan untuk memperhatikan musik klasik, sebab jenis musik ini dapat meningkatkan kepintaran janin yang terdapat di dalam perut.

4. Sebagai Sarana Bisnis

Industri musik adalah salah satu industri kreatif yang sangat menguntungkan. Salah satu misal keuntungannya didapat dari penjualan merchandise, tiket konser dan sponsor. Banyak dari mereka yang memiliki uang untuk berinvestasi di musik. Seperti contoh nya berinvestasi dengan membangun karaoke dan membangun studio rekaman. Hal itu dianggap menguntungkan karena memang banyak sekali orang yang sangat menyukai musik.

5. Sebagai Sarana Komunikasi

Pada suatu upacara tertentu, seringkali isyarat atau pertanda dimulainya upacara tersebut ialah dibunyikannya musik khusus. Dengan begitu, dapat diartikan bahwa musik juga dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi. Karena memang musik bisa menyampaikan pesan kepada para pendengarnya.

6. Untuk Menyambut Tamu

Beberapa musik juga bermanfaat saat ketika akan menyambut atau menerima tamu . Misalnya saja pada ketika menyambut semua pemain sepakbola saat menginjak lapangan. Hal ini dilakukan diseluruh dunia. Dengan begitu berarti musik menandakan bahwa memang musik bisa berfungsi untuk banyak hal dan tidak selalu untuk bersenang senang..

7. Sebagai Pengiring Tari-tarian

Di adat istiadat tertentu, musik pun sering dipakai untuk mengiringi tari-tarian tradisional daerah pada ketika acara-acara tertentu. Hal ini menunjukan bahwa musik bisa berfunsi fleksible dan dapat diterima oleh masyarat.



Oke sob itu tadi Penyebab Merinding Saat Dengerin Musik, semoga dengan membaca artikel yang kami tulis kali ini bisa menambah wawasan anda tentang musik.  Musik memang lah bisa dikatakan menjadi alat untuk berbagai hal membantu menyampai sesuatu. Terima kasih sudah membaca artikel kami, kami ucapkan terima kasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top