Mengenal DJ (Disc Jockey) dan Alat Musiknya

Mengenal DJ (Disc Jockey) dan Alat Musiknya - Seorang DJ atau disc jockey, adalah seorang yang mahir dalam memilih dan memutar rekaman musik untuk semua pendengar yang menginginkan variasi musik tertentu. Seorang Dj adalah seseorang yang ahli memainkan, meracik, memodifikasi, dan menghibur para pendengarnya dengan memutar lagu-lagu yang ditata sedemikian rupa tanpa putus, sampai-sampai orang yang mendengarnyapun bakal selalu terhibur dan sangat menikmati.


Google Image - Mengenal DJ (Disc Jockey) dan Alat Musiknya



Seorang DJ adalah individu yang memahami dan mempunyai kreatifitas dalam bermain alat musik. tidak saja itu, seorang DJ sangatlah terampil dalam menyeleksi lagu-lagu yang dibentuk secara tertata dalam rangka membuat sebuah ‘musical journey’ dimana DJ mengupayakan untuk membawa para pendengarnya masuk ke dalam suatu perjalanan musik. Oke biar gak penasaran langsung aja ke artikel Mengenal DJ (Disc Jockey) dan Alat Musiknya


 

Mengenal DJ (Disc Jockey) dan Alat Musiknya

 

DJ sendiri memiliki beberapa tipe, antara lain :

Radio DJ
Seorang disc jockey radio adalah seseorang yang memilih dan memainkan musik yang kemudian mengatakan kepada pendengar lewat gelombang radio. Dalam pekerjaannya seorang radio DJ memilih, memutar requests dan membuka open dialog untuk pendengarnya melewati sms, telephone atau email. 
Di Indonesia radio dj ini lumayan pesat perkembangannya, nyaris disemua kota di Indonesia terdapat radio dj dan terus berkembang sampai saat ini. Seorang radio DJ seringkali dituntut lebih untuk tidak jarang komunikatif dan up to date dengan berita yang sedang beredar.

Bedroom DJ
Seseorang yang memiliki peralatan dj (seperti turntables, mixer, CD decks ) dan memiliki kesabaran guna musik, tetapi tidak dimainkan di tengah keramaian publik laksana di club atau acara music show alias sebatas kegemaran saja. Biasanya bedroom DJ bermain guna acara-acara private sendiri laksana pada pesta ulang tahun atau party bersekala kecil dan didengar guna kalangan sendiri atau guna keluarga dekatnya.

Club DJ
Seorang DJ Club ialah seseorang yang memilih dan memainkan musik dalam suatu setelan sound system club. DJ tipe Ini yang seringkali kita temui di club-club malam laksana discotheque, bar, cafe atau resto. Seorang Club DJ biasanya ialah sebagai resident atau dj tetap di club lokasi dia bermain. Jenis musik untuk banyak sekali club dj ini ialah house, trance, hiphop atau urban music. Saat ini tipe DJ berikut yang sangat umum di samping radio DJ yang berkembang di Indonesia.

Mobile DJ
Pada mula mulanya seorang Mobile DJ ialah satu ekspansi dari Radio DJ. Mereka mengemban perjalanan atau meneruskan perjalanan keliling dengan perlengkapan dj dan sound sistem yg dapat di bawa kemana-mana dan mereka bermain dari satu lokasi beralih kelokasi lain laksana pesta prom night sekolah atau wedding party.

Turntablist
pernah menyaksikan seseorang bermain scratch, mengulang-ulang part lagu/looping atau membuat musik dengan memakai turntablenya? Gokil banget kan??? nah tersebut namanya Turntablist.

Para turntablist seringkali sangat mahir dalam memakai peralatan Turntable sampai-sampai dia dengan keahliannya dapat membangun suatu show case dengan music atau sample yang di edit-edit secara live. Beberapa orang melafalkan bahwa seorang turntablist disebut pun sebagai Hiphop DJ tersebut karena lagu-lagu yg di putarnya banyak sekali bergenre hiphop dan lazimnya Turntablist lebih suka mixing lagu beraliran urban laksana hiphop, funk, rnb, soul atau jazz.


Seorang DJ biasanya memainkan beberapa alat elektronik untuk menghasilkan suara yang apik dan enak di dengar, alat tersebut adalah :

1. Media Penyimpan Data. Alat ini berbentuk kepingan CD, Piringan Hitam atau Hardisk Laptop (bagi yang memakai laptop). Fungsi dari media penyimpan data ini tentunya untuk media penyimpan data suara yang sudah direkam kedalamnya dengan musik, sehingga nantinya dapat diputar kembali saat mereka sedang tampil.

2. Media Player. Dalam pemutar media penyimpan data seperti CD Decks atau CD Player yang bermanfaat sebagai pemutar kepingan CD. Sedangkan Turntable adalah alat yang bermanfaat sebagai pemutar Piringan Hitam. Kalau ngedj memakai laptop berarti media playernya ialah software djnya.

3. DJ Mixer. Mixer DJ terletak di bagian sangat tengah dari susunan perlengkapan DJ. Bentuk dari mixer dj sering kali lebih kecil daripada Mixer Sound system yang pernah kamu lihat di acara musik yang pake sound sytem super gede atau pada recording studio.

4. DJ Headphones. Headphones mempunyai peran yang lumayan penting untuk seorang DJ. DJ membutuhkan headphones guna dapat mendengar dan memonitor suara yang masuk kedalam mixer. Dalam proses audio mixing, sebelum DJ menyambung lagu yang sedang diputar ke lagu berikutnya, DJ mesti menata lagu, tempo, volume, equalizing, dll. Seorang DJ sangat membutuhkan alat yang satu ini untuk memonitor lagu yang sedang ia mainkan.

5. Midi Controller. Untuk DJ yang bermain memakai laptop atau komputer, seringkali mereka memakai Midi Controller sebagai processing devices. Midi controller bakal di hubungkan ke laptop lalu lantas di singkronkan dengan aplikasi yang dipakainya untuk ngeDJ. Fungsi utama dari midi controller ini sebetulnya untuk memudahkan DJ mengoperasikan aplikasi DJ yang dipakainya.

6. Sound System. Alat ini adalah gabungan dari sejumlah set speakers. Power Sound System DJ tidak jarang kali disesuaikan dengan tempat atau kapasitas lokasi dimana DJ melangsungkan perfomnya. untuk acara kecil seperti ulang tahun seringkali speakers yang dipakai tidak sebesar saat main di dalam club atau di luar ruangan.

7. Pemancar Gelombang. Untuk radio DJ, suatu pemancar output DJ dimana sesudah seorang radio DJ memutar lagu, maka sinyal audio dari mixer radio DJ bakal dihubungkan ke pemancar gelombang yang bertugas untuk memancarkan gelombang yang nantinya gelombang ini dapat di terima oleh pendengar memakai radio set.


Oke itu tadi artikel tantang Mengenal DJ (Disc Jockey) dan Alat Musiknya. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah pengetahuan kalian tentang DJ atau musik EDM. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian, sekian dan terima kasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top