Perbedaan antara Pemain Musik Professional dan Amatir

Perbedaan antara Pemain Musik Professional dan Amatir - Apa yang kalian pikirkan jika anda mendengar kalimat amatir? buruk, tidak layak dibayar, tidak beres, dll. Amatir tidak lah selalu dihubungkan dengan hal yang buruk. Banyak sekali diantara kita jika mendengar kata amatir selalu berfikiran negatik. Padahal amatir tidak selalu negatif. 

Hal itu tidak sepenuhnya salah, tetapi tidak sepenuhnya juga benar juga, mungkin sebagian orang mengira bahwa perbedaan antara amatir dan profesional ialah soal kualitas dan cara bermain music nya saja, akan tetapi jika melihat di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), amatir Adalah kegiatan yang dilaksanakan atas dasar kesukaan dan bukan untuk mendapat  sejumlah uang, contohnya orang yang bermain bermain alat musik sebagai kesenangan dan melakukan kegiatan yang bisa membuat mereka senang.


Google Image - Perbedaan antara Pemain Musik Professional dan Amatir


Bermain musik atau yang lainnya tidak sepenuhnya benar jika dikatakan amatir, Mereka melakukan kegiatan itu bukan selalu untuk sekedar kesenangan saja, melainkan untuk hal yang lain juga. namun bermain musik telah menjadi industri tersendiri yang bisa menggantungkan hidup lewat pekerjaan menjadi seorang musisi. Banyak dari musisi yang menggantungkan hidup nya lewat bermain musik. Karena memang musik sangat banyak yang menyukainya. Sehingga hal itu bisa menjadi sarana untuk mereka menggantungkan hidup.

Sedangkan amatir mengerjakan sesuatu yang mereka inginkan atau memang minat dari sang pemain musik itu sendiri. Bermain musik memang bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Hal itu terjadi karena musik sangar banyak sekali diminati masyarakat luas. Karena dengan mendengarkan musik jiwa para pendengar bisa menjadi lebih semangat dan mengobati mood yang sedang terganggu.

Apabila mereka tidak bermain musik pun, Mereka mempunyai profesi lain di luar bermain musik sebagai sandaran hidup. Profesional menggarap sebuah profesi sebab memang menggantungkan kehidupannya dari kegiatan tersebut, perihal suka atau tidak tersebut urusan lain. Seperti Petugas Kebersihan yang tidak jarang disebut tukang sampah bilamana mereka mengerjakan pekerjaan itu sebagai sumber utama kehidupan maka itu ialah tugas seorang profesional.  

Sikap profesional ialah bentuk tanggung jawab atas kemahiran yang dipunyai dan sebagai seorang yang menggantungkan hidupnya dari sebuah pekerjaan, karena bila mana seorang profesional tidak mempunyai tanggung jawab, maka bakal ada potensi Dia tidak berhasil  atau tersingkir dari dunia pekerjaannya. Hal itu yang menjadi alasan seorang professional untuk melakukan pekerjaan nya dengan tulus, senang hari dan sungguh-sungguh.
Namun, seorang amatir pun dalam mengerjakan suatu kegiatan bukan merupakan sesuatu perbahasan yang hina, karena bisa jadi yang amatir tersebut mengerjakan sesuatu lebih tulus dan senang hati, tidak ada sedikit pun beban di benak mereka dan pasti saja enjoy. Jadi, masih memandang rendah seorang amatiran?. Ada beberapa cara untuk membedakan mana yang amatiran dan mana yang professional. Berikut perbedaan nya :

 

 

Perbedaan antara Pemain Musik Professional dan Amatir


1.  Amatir mempunyai tujuan. Profesional mempunyai proses.

2. Amatir beranggapan mereka pandai dalam segala hal. Profesional mengetahui lingkaran dan batasan kompetensi mereka.

3. Amatir memandang kritik sebagai sebuah yang personal dan memungut hati karenanya. Profesional tahu mereka mempunyai titik lemah dan menggali kritik yang bijaksana.

4.  Amatir menghargai kinerja khusus: mereka konsentrasi untuk menciduk bola sekali pada lemparan yang sulit. Profesional menghargai konsistensi: dapatkah saya menciduk bola dalam kondisi yang sama minimal 9 kali dari 10?

5. Amatir menyerah pada tanda mula masalah dan memandangnya sebagai kegagalan. Profesional menyaksikan kegagalan sebagai unsur dari jalan mengarah ke pertumbuhan dan keberhasilan.

6. Amatir gak tahu apa yang dapat meningkatkan kesempatan pencapaian hasil yang baik.  Profesional melakukannya dan dapat dengan cepat tahu betul faktornya.

7.  Amatir hadir untuk berlatih untuk dapat bersenang-senang. Profesional menyadari bahwa apa yang terjadi dalam praktik, pun terjadi dalam permainan.

8. Amatir konsentrasi untuk mengidentifikasi kekurangan mereka dan memperbaikinya. Profesional berfokus pada kekuatan mereka dan mengejar orang-orang yang kuat guna mengimbangi kekurangan mereka.

9.  Amatir beranggapan pengetahuan ialah kekuatan. Profesional mengucapkan hikmat dan nasihat.

10. Amatir konsentrasi untuk menjadi benar. Profesional konsentrasi pada menemukan hasil terbaik.

11. Amatir konsentrasi pada pemikiran tingkat kesatu. Profesional konsentrasi pada pemikiran tingkat dua.

12. Amatir beranggapan hasil yang baik ialah hasil dari kecemerlangan mereka. Profesional memahami kapan sebuah hasil ialah hasil keberuntungan.

13. Amatir konsentrasi pada jangka pendek. Profesional konsentrasi pada jangka panjang.

14. Amatir konsentrasi pada menjatuhkan orang lain. Profesional konsentrasi pada menciptakan setiap orang menjadi lebih baik.

15. Amatir menciptakan keputusan atas nama kumpulan sehingga gak terdapat orang yang bertanggung jawab andai ada yang salah. Profesional menciptakan keputusan sebagai pribadi dan menerima tanggung jawab.

16. Amatir menyalahkan orang lain. Profesional bertanggung jawab.

17. Amatir tampil gak konsisten. Profesional tampil masing-masing saat.

Amatir dan Profesional memang tidak terlalu berbeda, bisa dikatakan hampir sama. Hanya saja yang membedakan nya adalah jika amatir sering tidak sungguh-sungguh dalam melakukan pekerja yang sedang ia jalani. Tetapi jika professional, ketika mereka melakukan kegiatan mereka selalu melakukannya dengan ulet dan sungguh-sungguh. Maka dari itu amatir dianggap lebih buruk dari pada professional. 


Oke itu tadi  Perbedaan antara Pemain Musik Professional dan Amatir. Semoga dengan kalian membaca artikel yang kami tulis ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang perbedaan amatir dan professional. Jadi dalam melakukan sesuatu kita harus melakukannya dengan sungguh-sungguh dan tidak boleh meremehkan nya. Oke itu saja yang bisa kami sampaikan kepada anda. Sekian dari kami, kami ucapkan terima kasih.


Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top