Tips Dasar Bermain Keyboard Bagi Pemula Yang Wajib Diketahui

Tips Dasar Bermain Keyboard Bagi Pemula Yang Wajib Diketahui - bermain alat musik sebenarnya sangatlah gampang untuk dilakukan walaupun kamu adalah pemain piano pemula atau bahkan baru pertama kali memegang keyboard. Keyboard sendiri adalah alat musik yang bentuknya nyaris sama dengan alat musik piano. Walaupun bentuknya sama dengan piano, tapi keyboard sangat bertolak belakang dengan piano. Kerboard adalah alat musik canggih yang mempunyai fitur lebih banyak dari piano, sampai-sampai suara yang didapatkan lebih variatif. Meski teknik bermainnya tidak sesulit piano, bermain keyboard tetaplah membutuhkan keahlian dan harus latihan secara rutin. Jika kamu adalah seorang yang baru saja bermain keyboard, maka tidak ada salahnya untuk membaca artikel yang kami tulis di berikut ini. Apa sebenarnya alat musik keyboard itu sendiri?


Google Image - Tips Dasar Bermain Keyboard Bagi Pemula Yang Wajib Diketahui

Keyboard berasal dari kata key yang artinya adalah kunci. Sedangkan board artinya papan. Keyboard dengan kata lain alat musik yang terdiri dari sekumpulan tuts pada suatu bidang yang serupa papan atau board.]

Keyboard sendiri memiliki cirri-ciri, yaitu sebagai berikut :

- Umumnya mempunyai tuts 5 oktaf., pada sejumlah tipe dan brand  tertentu terdapat yang lebih dari 5 oktaf.
- Pengoperasiannya mesti memakai listrik.
- Memiliki sekian banyak  macam suara mulai dari suara piano, flute, gitar, drum dan lain-lain.
- Dilengkapi dengan sekian banyak  fasilitas dan fitur-fitur laksana style (musik iringan), karaoke,

fitur guna merekam dan lain-lain.

Keyboard dimainkan dengan memakai sepuluh jari yang dimainkan pada tuts cocok nada-nada di dalam lagu yang dimainkannya. Melodi lagu dimainkan dengan jari tangan kanan sedangkan chord guna mengiringi lagu dimainkan dengan jari-jari tangan kiri.



 

Tips Dasar Bermain Keyboard Bagi Pemula Yang Wajib Diketahui

 

1. Tips yang Pertama Adalah Posisi Tangan dan Jari Harus Tepat 

Tips dasar bermain keyboard yang pertama adalah dengan cara memposisikan tangan dan juga jari dengan tepat. Posisi tangan dan jari yang tepat saat bermain keyboard Adalah dengan menyusun tangan seperti sedang memegang telur. Tujuannya ialah agar kamu bisa mendapatakan kecepatan maksimal dalam bermain alat musik keyboard. Terlebih lagi jika lagu yang kalian mainkan nantinya mempunyai tempo dan irama yang cepat.

2. Tips yang Kedua Adalah Mengenali Jenis Chord

Chord atau kunci nada pada keyboard terdiri dari sejumlah nada yang ditekan dengan bersamaan. Setiap pemain keyboard wajib memahami kombinasi-kombinasi nada yang menyusun setiap kunci nada ini. Chord dasar yang mesti diketahui ialah chord mayor dan minor laksana C, D G, A, F, Am, Dm, Em, dan sebagainya. Jika telah menguasai chord dasar, selanjutnya wajib juga mengetahui chord augmented, diminished, mayor 7, minor 7 dan sebagainya.

3. Tips yang Ketiga Adalah Melenturkan Jari-Jari Tangan

Para pemain keyboard pemula seringkali akan mengalami kendala ketika mengurangi dan mengalihkan jari ketika pada saat pertama kali belajar memainkan alat musik keyboard. Bagi yang ingin menghilangkan ke kakuan itu perlu dilakukan metode latihan khusus agar melenturkan jari dengan teknik berlatih mengalihkan jari dari satu chord ke chord lainnya secara berkala. Hal ini harus dilakukan sering kali agar jari tangan lebih lentur saat memindahkan chord ke chord yang lainnya.

4. Tips yang Keempat Adalah Meletakan Jari yang Tepat Saat Membunyikan Chord

Ketika saat pertama kali bermain alat musik keyboard, anda haruslah mengetahui teknik meletakan jari di atas tuts dengan benar. Hal ini butuhkan dan wajib dilakukan supaya dapat membunyikan chord dengan tepat. Kamu harus tahu nada-nada yang terdapat pada masing-masing tuts keyboard. Bagi chord dasar terdiri dari kombinasi tiga nada sehingga membutuhkan 3 jari guna membunyikannya. Bagi tingkat lanjut sperti contohnya chord mayor 7 membutuhkan 4 jari untuk membunyikannya chord nya.

5. Tips yang Kelima Adalah Mempelajari Jenis Suara dan Menentukan Jenis Lagu

Seorang pemain keyboard wajib memahami semua fitur yang ada pada alat musik keyboardnya sehingga ketika dimainkan bisa menghasilkan suara dan juga musik yang enak didengarkan. Kamu bisa mempelajari fitur-fitur itu dari buku panduannya. Setelah tersebut kamu juga wajib menggali dan memahami lagu yang gampang dihapal. Dengarkan lagu itu dan kenali jenis musiknya, kemudian carilah jenis musik yang mendekati atau sama dengan lagu itu pada keyboard. Hal ini bisa menumbuhkan ke pekaan para pemain keyboard saat mereka tampil di depan banyak orang

6. Tips yang Keenam Adalah Bermain Dengan Tempo Lambat Terlebih Dahulu

Ada baiknya ketika kamu baru saja belajar bermain keyboard agar bermain dengan tempo-tempo lambat terlebih dahulu. Bermain lambat tetapi stabil bakal lebih baik bila dikomparasikan dengan bermain cepat tetapi berantakan. Kecepatan dalam bermain keyboard akan anda dapatkan ketika anda sudah bisa bermain dengan stabil dan juga seimbang. Dengan cara ini bisa membuat jari-jari lebih elastic dan luwes saat sedang bermain alat musik keyboard.

7. Tips yang Ketujuh Adalah Latihan Rutin

Tipas yang terakhir adalah kamu wajib berlatih secara rutin dan berkala. Berlatihlah minimal 30 menit sampai 1 jam setiap harinya. Walaupun sebentar hal itu akan lebih baik bila dibandingkan dengan berlatih berjam-jam setiap harinya dengan berlatih hanya beberapa hari seminggu. Dengan berlatih setiap hari itu dapat memungkinkan jari-jari anda akan semakin elastis dan kuat.


Oke Sob itu tadi Tips Dasar Bermain Keyboard Bagi Pemula Yang Wajib Diketahui. Semoga dengan kalian membaca artikel yang kami tulis pada kesempatan kali ini, dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang cara bermain alat musik keyboard. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda. Terima kasih sudah membaca. Sekian dan terima kasih.



Related Posts