Tips Latihan Flute Untuk Sehari-hari

Tips Latihan Flute Untuk Sehari-hari - Banyak masyarakat yang terpukau saat mendengarkan dengan seksama suara alat musik flute. Saat Flutist mengembus alat musik flute di atas panggung rata-rata pemirsa atau pendengarnya menjadi terpesona oleh keahliannya. Suara dari alat musik flute tersebut berbunyi seperti sihir untuk masyarakat, dimana setelah mendengarkan suara alat musik flute tersebut tidak sedikit masyarakat yang hendak membeli dan memainkannya. Setelah alat musik flute sudah ada di tangan, tidak sedikit yang kecewa sebab suara yang didapatkan tidak serupa dengan suara Flutist ketika memainkannya. Tentu saja suara yang didapatkan berbeda. Untuk mengembus flute tidak boleh asal tiup saja. Anda mesti tahu tekniknya terlebih dahulu. Jika kita tidak tahu tekniknya, suara flute yang terbit pun tidak seindah dengan suara flutist ketika memainkannya. Dari tadi kita saya mengucapkan flutist, apa sebenarnya yang dimaksud dengan flutist?


  
Google Image - Tips Latihan Flute Untuk Sehari-hari


Flutist adalah orang yang memainkan alat musik flute. Untuk menjadi seorang flutist anda harus belajar terlebih dahulu, karena bermain alat musik flute tidak sembarangan dan hanya asal tiup saja. Bermain alat musik flute harus dengan teknik-teknik tertentu, agar suara yang dihasilkan dapat bersuara merdu dan enak dinikmati oleh pendengarnya. Untuk menjadi seorang flutist anda harus berlatih dengan waktu yang cukup. Karena alat musik yang satu ini agak sulit untuk memainkannnya jika anda tidak berlatih terlebih dahulu. Berikut adalah Tips Latihan Flute Untuk Sehari-hari.



Tips Latihan Flute Untuk Sehari-hari

Untuk pembentukan warna suara dan pernafasan, dapat dilakukan dengan cara latihan long tone, yang berfungsi untuk membina tone yang jelas, jernih, dan stabil. Jenis pelajaran yang satu ini juga dapat dipakai sebagai sesi pemanasan atau warming up sebelum kita tampil bermain flute. Karena dengan cara ini bisa mengatur pernafasan sehingga tidak habis hafas saat anda sedang memainkan alat musik flute. Dengan cara ini juga bisa membantu anda bermain alat musik flute dengan baik dan benar sehingga dapat menghasilkan suara dan irama yang enak di nikmati oleh para pendengarnya.

Caranya adalah dengan melakukan tiupan nada panjang, sepanjang yang kita bisa. Lakukan ini untuk masing-masing nada. Dan pastikan kita mengalami perbedaan sebelum dan sesudah melakukan cara yang satu ini. Dalam urusan kejernihan suara tiupan dan durasi tiupan seiring berjalannya waktu. Biasa nya setelah anda melakukan cara ini maka akan terlihat perbedaan nya. Cara ini banyak di pakai seorang flutist ketika mereka sedang latihan atau akan tampil di acara-acara yang ia hadiri.

Agar menguasai seluruh tangga nada, berlatihlah membunyikan seluruh nada berikut, yaitu:

Mayor: Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si-Do

Minor harmonis: La-Si-Do-Re-Mi-Fa-Sel-La

Minor Diatonis: La-Si-Do-Re-Mi-Fa-Sol-La

Minor Melodis
– naik: La-Si-Do-Re-Mi-Fi-Sel-La
– turun: La-Sol-Fa-Mi-Re-Do-La-Si

Kuasai arpeggio seluruh chord

Chord atau accord atau akor adalah kumpulan dari 3 nada atau lebih yang dimainkan secara bersamaan. Karena flute adalah instrumen melodis yang tidak dapat memainkan akor, maka mesti dilaksanakan arpeggio/broken chord, yakni akor yang dipecah. Cermatilah perbedaan antara chord, accord, atau acor. Karena jika anda salah membedakan nya maka anda akan kesulitan untuk menemukan nada-nada yang enak dinikmati dan didengar.

Contoh:
Pada C = Do, maka solusi akor-nya merupakan:
Accord I = Do-Mi-Sol
Accord II m = Re-Fa-La
Accord III = Mi-Sel-Si
Accord IV = Fa-La-Do
Accord V7 = Sol-Si-Re-Fa
Accord VI m = La-Do-Mi
Accord VII dim = Si-Re-Fa

Latihlah ini pada seluruh tangga nada.

Berusaha menciptakan pola atau susunan nada dari tangga nada-tangga nada yang telah dikuasai, tanpa meniru siapa juga atau latihan berimprovisasi. Jika kita berlatih sendiri, pakailah minus one atau pakai lagu-lagu yang ada, lalu usahakanlah untuk memenuhi lagu tersebut. Disarankan jika anda pertama kali berlatih alat musik flute maka pilih lah lagu yang sekira nya dan hafal. Ketika berlatih jangan pilih lagu yang sulit terlebih dahulu, karena hal itu bisa membuat anda tidak fokus pada permainan justru fokus anda malah ke lagu yang anda pilih.

Yang terakhir, berlatihlah sambil menyimak partitur. Untuk Anda yang tidak dapat membaca not, mulailah untuk belajar, baik tersebut membaca not balok maupun not angka. Hal ini akan tidak sedikit memudahkan kita dalam bermusik.

Biasa nya ada orang yang memainkan flute dan terdengan mendesis, hal itu bisa diatasi dengan berbagai cara. Contoh dengan cara :

Tonguing

Teknik dasar yang mesti kita pahami saat akan belajar tentang teknik meniup flute adalah dengan teknik tonguing. Tonguing sendiri adalah penempatan lidah yang terdapat di mulut untuk dapat menghasilkan bunyi yang cocok dengan yang diinginkan. Lidah juga dapat membentuk karakter dari bunyi suara yang akan terbit dari flute.

Pengontrolan Embouchure

Sama halnya dengan ketika belajar mengembus flute. Anda mesti dapat mengontrol embouchure. Anda harus dapat meniupkan angin di head point flute. Untuk dapat meniupkan udara dan menghasilkan suara yang bagus, pastikan tiupan kita tidak mendesis. Jika sampai terbit desis atau airy, tersebut tandanya embouchure kita belum bagus.

Pernapasan

Semua perangkat musik yang ditiup memerlukan teknik pernapasan yang bagus. Tujuannya adalah supaya kita kuat dalam memainkan alat musik itu dan mempunyai kapasitas suara yang cukup. Sama hal nya dengan teknik mengembus saxophone, pernapasan untuk mengembus flute ini adalah anda harus memakai pernapasan teknik bawah perut atau pernapasan diafragma.


Oke itu tadi Tips Latihan Flute Untuk Sehari-hari. Semoga dengan anda membaca artikel ini akan menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang Tips Latihan Flute Untuk Sehari-hari. Jika anda ingin menjadi seorang flutist yang handal maka cara diatas bisa anda praktekan dan coba apakah dengan cara tersebut bisa efektif untuk anda belajar bermain alat musik flute. Dan jadilah seorang flutist terkenal. Sekian dari kami, kami ucapkan terima kasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top