Tutorial Cara Menggunakan Launchpad Untuk Pemula

Tutorial Cara Menggunakan Launchpad Untuk Pemula - Kalian pasti kenal dengan DJ top dunia seperti Calvin Harris, Aviici, Zedd dan David Guetta? Atau pernah dengar musik dari festival Tomorrow Land dan Djakarta Warehouse Project (DWP) yang dinamakan sebagai The Biggest Dance Music Festival on South East Asia? Musisi dan acara-acara ini mengusung Electro Dance Music (EDM) yang lagi hits di kalangan milenial.

Di Indonesia, satu per satu anak muda pun mulai memainkan EDM. Bahkan mereka berkreasi membuat irama-irama Seperti DJ. Tapi sebenenarnya hal itu tidak Selalu dengan alat alat DJ. Tetapi bisa juga dengan berupa aplikasi DJ di Android an juga di computer. Seperti Ananta Vinnie dan Hazen Mardial yang berbekal midi controller berupa launchpad. Lewat perlengkapan ini, mereka dapat menggabungkan sekian banyak  suara untuk menghasilkan musik yang asik didengar. Ada yang tau apa itu launchpad? Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang launchpad.


 Google Image - Tutorial Cara Menggunakan Launchpad Untuk Pemula


Launchpad adalah MIDI Controller dengan 64 tombol utama yang seringkali digunakan bersamaan dengan aplikasi DAW ( Digital Audio Workstation) sama seperti Image-Line (FL Studio), Ableton dan yang lainnya. Alat DJ yang satu ini sering dipakai oleh semua DJ ketika perform ataupun membuat aransemen lagu kepunyaan mereka. Alat ini banyak digunakan para DJ karena memang alat ini bisa membuat aransemen lagu yang beragam. Selain itu mereka para DJ memilih alat yang satu ini karena memang alat ini mudah digunakan. Oke bagi yang penasaran bagaimana Cara Menggunakan Launchpad Untuk Pemula langsung saja kita ke artikel berikut.


Tutorial Cara Menggunakan Launchpad Untuk Pemula

 

1.    Latih Kelenturan Jari

Telanjur beli launchpad, namun masih bingung bagaimana cara menggunakannya? Jika anda kesulitas bermain launchpad maka anda bisa melihat tutorial bermain launchpad di youtube atau di internet. Dengan begitu anda udah dapat belajar buat tampilan LED launchpad. Di samping itu, di youtube dan internet terdapat banyak tutorial yang mudah dan dipahami dan anda diajarkan bermain launchpad yang baik dan benar. Jika sudah melihat tutorial nya maka latihlah kelentuean jari anda dengan cara menggerakkan jari beberapa menit. Yang perlu diingat jangan tak sempat istirahat ya biar jari nggak kram.

2.    Aransemen Satu Lagu Dulu

Berdasarkan keterangan dari Vinnie, pemula pun harus belajar mixing. Sebab, launchpad cuma bermanfaat sebagai media pemindahan musik yang udah ’’matang’’ dari etape mixing. Seperti yang anda tahu, proses mixing dilaksanakan di aplikasi Ableton Live. Buat pemula, jajaki utak-atik satu lagu dulu. Misalnya, dengan menambahkan efek. Kalau satu lagu udah mulai lancar, baru jajaki remix dua lagu.

3.    Pahami Song Production

Sebelum dapat mixing, kita pun harus paham tentang basic song production dan mash-up. Cara gampangnya adalah sering mendengarkan lagu mash–up dari DJ yang telah ada. Dengan begitu, bakal terbentuk sendiri pola pikir guna mash–uplagu. Beberapa hal seperti bagian lagu, progresi chord, pitch, dan tempo mesti diserupakan sehingga kedua lagu dapat di-mash-up dengan apik. Cara ini tidak bisa hanyak dilakukan hanya sekali saja, alangkah baik nya jika anda melakukan nya berulang-ulang agar anda benar-benar memahaminya.


Launchpad juga memiliki fungsi yang bermanfaat bagi para DJ

Banyak para pemain musik terutama seorang DJ yang menggunakan launchpad untuk membantu mereka saat tampil di hadapan penonton. Disampil harga alat-alat DJ yang cukup mahal, launchpad menjadi tren di dunia musik terutama musik elektronik. Fungsi launchpad sendiri bisa menggabungkan beberapa jenis nada dan irama musik sehingga menghasilkan suara yang apik dan enak dengar. Salah satu alasan para DJ memilih launchpad adalah cara menggunakannya yang relative mudah karena alat ini hanya berbentuk kotak. Berbeda dengan alat DJ yang beragam yang tidak hanya satu alat melainkan banyak alat.

Launchpad adalah alat yang multifungsi

Seperti yang sudah kita ketahui bersama kalau seorang DJ memiliki alat berupa mixer, midi controller, effect generator dan masih banyak lagi. Sedangkan launchpad dapat menjadi pengganti alat-alat mereka yang banyak tadi menjadi hanya satu alat, yaitu launchpad.

Di launchpad ada yang namanya tombol Pad yang bebentuk kotak-kotak. Yang memiliki fungsi yang cukup banyak. Fungsi tombol Pad sendiri antara lain adalah mixing, dipping, drum pattern, mapping,  dan trigger loops. Semua nya bisa dilakukan dengan satu alat yaitu launchpad. Biasa nya para DJ untuk melakukan hal ini memerlukan beberapa alat dan di bantu dengan sebuah software atau aplikasi khusus. Dengan begitu launchpad sangat membantu para DJ untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Launchpad saat digunakan bisa tampil visual

Setiap tombol Pad akan menghasilkan pencahayaan atau lampu yang memiliki pola serta intensitas cahaya yang bisa kita atur sesuai apa yang kita inginkan. Baik saat kita menekan tombol Pad atau tidak. Hal ini dapat membantu visual perfom bagi seoarang DJ. Dengan begitu dapat menambah keren nya penampilan seorang DJ dengan lampu yang ada pada launchpad yang ia mainkan. Inilah alasan mengapa banyak dari para DJ memilih launchpad dari pada alat-alat yang lainnya. Disamping itu juga banyak penonton yang lebih suka seorang DJ memainkan launchpad dari pada menggunakan alat DJ atau menggunakan komputer.


Oke itu tadi artikel tentang Tutorial Cara Menggunakan Launchpad Untuk Pemula. Semoga dengan kalian membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang alat DJ Launchpad. Terima kasih sudah membaca artikel yang kami tulis ini, selamat mencoba tutorial yang kami sarankan diatas. Sekian dan terima kasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top