Alat - alat Musik : Tips Membeli Saxophone Second

Alat - alat Musik : Tips Membeli Saxophone Second - Saksofon adalah salah satu alat musik yang masih termasuk dalam aerophone, single-reed woodwind instrument. Saksofon seringkali terbuat dari logam dan dimainkan memakai single-reed laksana klarinet. Saksofon lazimnya dihubungkan dengan popular music, big band music dan jazz, tapi tadinya ditujukan sebagai instrumen orketra dan band militer. Musik ini banyak digunakan di musik Jazz.


Google Image - Alat - alat Musik : Tips Membeli Saxophone Second



Penemu alat musik saksofon adalah pria yang bernama Antoine-Joseph Sax adalah desainer alat musik asal Belgia dan musisi yang memainkan seruling dan klarinet, Antoine-Joseph terkenal sebab telah mengejar saxophone. Di samping saksofon, dia pun menemukan saxotromba, saxhorn dan saxtuba. 

Antoine-Joseph Sax bermunculan pada 6 November 1814 di Dinant, Belgia dari pasangan tuan & nyonya Charles-Joseph Sax .Waktu kecil ia dipanggil Adolphe. Ayah dan ibunya, adalah desainer instrumen. Adolphe mulai menciptakan instrumen sendiri pada umur dini, pada umur 15 ia pernah mengikuti persaingan klarinet. Dia lantas belajar pada kinerja kedua instrumen serta suara di Koninklijk Conservatorium of Brussels.

Setelah meninggalkan sekolah, Sax mulai bereksperimen dengan desain instrumen baru, sedangkan orangtuanya terus menciptakan instrumen konvensional guna mencukupi keperluan keluarga. 

Gimana sih cara membeli atau memilih alat musik saxophone agar mendapatkan yang bagus? Mungkin beberapa dari kalian belum tahu gimana cara nya membeli atau memilih saxophone yang benar. Disini saya akan memberitahu bagaimana cara mem membeli saxophone bagi anda yang masih baru belajar saxophone. Oke langsung aja kita ke artikel Alat - alat Musik : Tips Membeli Saxophone Second.


Alat - alat Musik : Tips Membeli Saxophone Second

Kenali terlebih dahulu tipe Saxophone

Bagi anda yang baru akan bermain alat musik saxophone, mungkin akan kendala membedakan jenis-jenis saxophone. Sekilas orang awam semua jenis saxophone bakal terlihat sama, sebenarnya kenyataannya berbeda. Jenis saxophone ada banyak sekali. Yang sangat populer ialah saxophone alto dan tenor, dibuntuti dengan bariton dan sopran. Jika anda ingin membeli alat musik saxophone maka diwajibkan anda mengetahui jenis apa kah saxophone yang ingin anda beli. Yang harus di ingat! Jangan sampai anda salah beli saxophone karena suara dari jenis-jenis saxophone berbeda-beda.

Saxophone alto dan tenor dapat menjadi pilihan untuk pemula. Bagi anak kecil, alto barangkali pilihan terbaik. Alto memerlukan lebih tidak banyak udara saat ditiup. Letak not-notnya juga berdampingan sehingga orang-orang bertangan kecil tidak susah menggunakannya. 

Saxophone sopran lebih tinggi nadanya dikomparasikan alto. Ini memang membuatnya memerlukan lebih tidak banyak udara saat ditiup, tetapi pemula akan kendala mendapatkan intonasi yang baik, terutama saat hendak menjangkau register yang lebih tinggi. Hal serupa pun akan dirasakan saat memainkan saxophone bariton. Nada-nada lebih tinggi susah didapatkan, sedangkan nada-nada yang lebih rendah membutuhkan tidak sedikit udara.


 

Pertanyaan : Bagi pemula, model mana yang mesti saya pilih ?

Kembali ke masing masing orang, kalo dari sisi budget tidak terdapat masalah, silakan saja langsung naik ke model professional tapi harus di ingat. Seorang pemula akan tidak sedikit melakukan kekeliruan saat proses mula belajar yang kadang bakal mengakibatkan kehancuran pada saxophone, contoh : ketika membuka mouthpiece dengan terburu buru seringkali akan merusak" Neck-Octave Key ada yang hanya sekedar penyok bahkan ada yang sampai patah. menempatkan saxophone ke stand terburu buru - jatuh dan penyok di "Bow", kadang malas membersihkan saxophone setelah selesain digunakan. Jadi jika anda sebagai pemula, maka anda harus mencari tahu terlebih dahulu saxophone apa yang cocok untuk anda mainkan. Dan jangan lupa disesuaikan dengan budget yang anda miliki.

 

 

Harap sesuaikan dengan budget yang anda miliki

Pilih Saxophone bekas atau baru? Soal budget pasti berbicara. Kebanyakan semua pemula tidak mempertimbangkan pilihan pembelian saxophone bekas. Saxophone baru bisa meningkatkan keyakinan diri, sebab seringkali para pemula menyaksikan tampilan luar dan masih tidak cukup mempersoalkan suara yang dihasilkan. Membeli saxophone baru pun menjadi garansi tersendiri, sebab kita tampaknya tidak bakal perlu menyerahkan perawatan tambahan hingga sejumlah waktu. Tapi ada juga yang lebih memilih saxophone bekas karena dengan alasan ketersediaan budget yang mepet. Sebenarnya baru atau bekas sama saja, tergantung skill dan keahlian anda memainkan alat musik saxophone itu sendiri.

Namun bukan berarti tidak terdapat risiko melakukan pembelian saxophone baru. Kualitas satu saxophone dengan yang lain barangkali saja bertolak belakang sekalipun dari vendor yang sama. Kecenderungan perusahaan memproduksi saxophone dalam jumlah besar sangat barangkali mengorbankan kualitas. Bagi itu, pastikan melakukan pembelian saxophone di toko saxophone profesional.

Bagi yang mempunyai budget lebih terbatas, saxophone bekas bisa menjadi alternatif. Dari segi kualitas suatu horn bekas paling dimungkinkan mempunyai kualitas baik, pasti jika diasuh dengan baik oleh empunya sebelumnya. Hal beda yang pun menarik dari saxophone bekas ialah pengerjaan dan bahannya yang berbobot | berbobot | berkualitas baik. Hanya saja, memahami bagaimana situasi saxophone yang pantas membutuhkan pengetahuan khusus. Tidak terdapat salahnya, menyuruh orang yang sudah kawakan dengan perangkat musik tiup satu ini saat hendak membeli saxophone bekas.


 

Lihat dengan teliti kondisi saxophone yang ingin anda beli

Hal ini cukuplah penting, karena jika anda membeli saxophone dengan keadaan rusak maka suara dan nada yang dihasilkan saxophone yang anda mainkan tidak sebagus dengan kondisi saxophone yang masih bagus. Jadi jangan sampai anda membeli saxophone dalam keadaan rusak. Harap teliti dengan seksama saxophone yang ingin anda beli.


Oke itu tadi artikel tentang Alat - alat Musik : Tips Membeli Saxophone Second. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang alat musik tiup saxophone. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang membaca nya. Sekian dari kami, kami ucapkan terimakasih.


Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top