Belajar Drum itu Mudah dan Mengenal bagian bagian pada Drum

Belajar Drum itu Mudah dan Mengenal bagian bagian pada Drum - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas dan mengenal bagian-bagian dari drum. barangkali sobat drummer seluruh sudah tau ya bagian-bagian pada drum tapi tidak sedikit juga yang tidak tau namanya. Disini kami akan memberi tahu kepada sobat semua terutama kepada sobat yang baru mengenal drum. nah sedikitnya saya di sini bakal memberi tahu bagian-bagian drum tersebut apa saja khususnya untuk sobat drummer yang masih pemula/baru mengenal drum.


Google Image - Belajar Drum itu Mudah dan Mengenal bagian bagian pada Drum


Tahukah anda bahwa alat musik drum banyak sekali digunakan oleh para grup band nasional maupun grup band internasional. Drum memang banyak digunakan oleh para grup band. Hal ini karena memang drum memiliki suara yang beragam sehingga bisa mengiringi penyanyi. Alat musik drum ini banyak sekali yang sudah bisa memainkannya dengan baik dan benar, bahkan ada anak kecil yang sudah mainkannya sehingga membuat kita kagum. Belajar alat musik drum memang tidak terlalu sulit, kita hanya memukul nya saja untu menghasilkan suara. Tetapi tentu tidak hanya asal pukul, tetapi menggunakan teknik yang memang harus diikuti dengan baik agar menghasilkan suara yang enak ketika didengarkan. Apa saja sih bagian – bagian dari alat musik drum itu? Kalo belum tau langsung saja kita ke artikel  Belajar Drum itu Mudah dan Mengenal bagian bagian pada Drum.

Belajar Drum itu Mudah dan Mengenal bagian bagian pada Drum

 

Oke disini saya akan jelaskan mengenai bagian - bagian dari alat musik drum :

1. Rim adalah salah satu komponen dari drum yang memiliki bentuk melingkar seperti cincin. Rim memiliki ukuran yang beragam sehingga cocok dengan keperluan masing-masing yang mesti dipasang di drum yang anda miliki. Maka dari itu Rim dibuat berbeda-beda agar bisa meyesuaikan kepada para pengguna nya.

2. SNARE dan STAND SNARE adalah salat satu komponen dari alat musik drum yang memiliki suara yang nyaring. Ukuran snare yang normal yakni sekitar 16" dan terdapat pula yang berukuran lebih kecil dan lebih panjang kebawah, tersebut tergantung dari keperluan seorang drummer ketika rekaman ataupun manggung.

3. SNAPPY adalah salah satu komponen yang ada pada alat musik drum. snappy atau tidak jarang kita dengar yakni dengan sebutan per snare. sobat drummer simaklah snappy sangat bertolak belakang dengan snare drum. Lihat saja dari segi bentuk saja sudah berbeda antara snappy dan snare drum. Snappy sendiri memang dipasang di snare drum, hal ini karena snappy berguna untuk membuat snare drum berbunyi lebih kencang dan nyaring. Snappy sendiri bisa diatur sesuai sobat drummer. Snappy biasa nya berbentuk seperti per yang berukuran kecil.

4. TOM dan STAND TOM adalah salah satu komponen yang ada pada alat musik drum. tom drum ini mempunyai ukuran yang beragam macam sekali dari yang 4" hingga ke 16". untuk ukuran yang tidak jarang di gunakan seringkali yaitu ukuran 12" dan 14" sebab sangat jarang sekali pemain drum menggunakan semua ukuran tom yang sangat sangat banyak ragam nya.

5. FLOOR dan STAND FLLOR adalah salah satu komponen yang ada pada alat musik drum. kenapa dapat di sebut floor? sebab ini bersangkutan langsung dengan tanah atau lantai maka ini di sebut dengan floor. suara yang di hasilkan oleh floor itu nyaris menyerupai suara kick drum.

6. KICK DRUM dan STAND KICK adalah salah satu komoponen yang ada pada alat musik drum. di bagian drum yang satu ini adalah bagian yang sangat besar. kick drum dan snare ialah nyawa dari suatu drum. kick drum memiliki ukuran 20". pada umunya ukuran drum mempunyai panjang yang normal namun ada pun yang mempunyai ukuran lebih panjang dari ukuran normal, tersebut kembali lagi sobat drummer guna memilih suara yang lebih bagus mana. Bagian ini adalah bagian drum yang paling sering dibunyikan, hal ini karena kick drum bisa dikatakan sebagain nyawa dari alat musik drum itu sendiri.

7. DRUM HEAD adalah salah satu alat bagian dari alat musik drum. Drum head banyak sekali yang bilang drum head sebagai MEMBRAN DRUM. untuk memilih drum head hendaknya memilih yang tebal agar lebih kokoh dan kuat. sebab ini bakal menghasilkan suara yang cukup enak. nah guna sobat drummer kalo tidak banyak berduit usahakan merubah seluruh drum head memakai merk evans dan kalo kemahalan gunakanlah merk dari encord tersebut juga cukup bagus dikelas nya.

8. HI HAT dan STAND HI HAT adalah salah satu bagian dari alat musik drum. hi hat mempunyai 2 piringan dengan ukuran yang sama yakni 12". Untuk cara memainkan hi hat dan stand hi hat cukup mudah yaitu dengan cara dipukul seperti bagian dari alat musik drum yang lainnya. Tapi tidak hanya asal pukul, harus dengan teknik yang benar juga agar menghasilkan suara yang bagus.

9. CYMBAL SPLASH adalah bagian dari alat musik drum yang berukuran 6" hingga 10". cymbal splash ini diperlukan untuk memberi keindahan suara pada drum.

10. CYMBAL CRASH dan STAND CYMBAL ini mempunyai ukuran yang medium di antara cymbal yang lainnya. Cymbal crash mempunyai ukuran dari 14" hingga 18".

11. CYMBAL RIDE mempunyai ukuran 20". seperti yang disampaikan yang di atas cymbal crash yang berukuran 18" dapat dijadikan juga sebagai cymbal ride, tapi untuk cymbal ride yang berukuran 20" tidak dapat digunakan sebagai cymbal crash.

12. CYMBAL CHINESE sering dikatakan sebagai raja dari seluruh cymbal. soalnya harganya yang sangat mahal dari cymbal yang lain. suara yang didapatkan ini sebentar sebab getaranya sedikit. ciri dari cymbal chinese dengan cymbal lain yakni cymbal ini posisinya terbalik bertolak belakang dengan cymbal yang lainnya.

13. PEDAL DRUM dan HAMMER PEDAL dimainkan untuk membunyikan kick drum. pedal drum ini terdapat yang singel dan ada pun yang double barangkali sobat drummer seluruh sudah mengetahuinya.


Oke itu tadi artikel tentang Belajar Drum itu Mudah dan Mengenal bagian bagian pada Drum. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah pengetahuan anda seputar drum. Sekian dari kami, kami ucapkan terima kasih.

Related Posts