Cara Membuat Gitar Akustik Dari Bahan Triplek

Cara Membuat Gitar Akustik Dari Bahan Triplek - Gitar adalah sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya gitar dimainkan memakai jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas suatu bagian tubuh pokok dengan unsur leher yang padat sebagai lokasi senar yang lazimnya berjumlah enam. Gitar secara tradisional disusun dari sekian banyak jenis dan lapisan kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas dua jenis, yaitu akustik dan elektrik.

Gitar akustik, dengan unsur badannya yang berlubang atau dengan kata lain hollow body, telah dipakai selama ribuan tahun. Gitar klasik lazimnya dimainkan sebagai instrumen solo memakai teknik fingerpicking komprehensif.

Gitar elektrik, diperkenalkan pertama kali pada tahun 1930an, gitar elektrik bergantung pada energy listrik. Energy listrik sendiri berguna sebagai penguat yang secara elektronik dapat memanipulasi bunyi gitar. Pada awal pemakaiannya, gitar elektrik memakai badan berlubang atau dengan kata lain hollow body yang sama dengan apa yang ada pada gitar ekustik, namun pemakaian badan padat dengan kata lain solid body dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal sebagai instrumen utama pada sekian banyak  genre musik contohnya seperti musik blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai genre musik pop.


 Google Image - Cara Membuat Gitar Akustik Dari Bahan Triplek


Tahukah anda jika gitar adalah salah satu alat musik yang yang banyak digunakan oleh para musisi dan pemain musik. Alasan para musisi menggunakan alat musik gitar, karena gitar cukup mudah digunakan. Selain itu alat musik gitar bisa menghasilkan suara dan nada yang enak untuk didengar sehingga penonton bisa menikmati sebuah lagu dengan santai dan rileks. gitar memang bisa dikatakan sebagai alat musik yang populer, bahkan banyak dari anak kecil yang sudah bisa memainkannya. Bahkan saking populer nya ada yang membuat gitar mereka sendiri dengan bahan dasar kayu dan triplek. Disini kami akan member tahu bagaimana membuat gitar sendiri. Oke biar gak pada penasaran langsung saja kita ke artikel Cara Membuat Gitar Akustik Dari Bahan Triplek.


Cara Membuat Gitar Akustik Dari Bahan Triplek

 

Bahan-bahan dan Alat yang wajib disiapkan :

1. Triplek
2. Gergaji
3. Alat ukur/Meteran
4. Pensil/Pulpen/Spidol
5. Amplas
6. Lem Kayu
7. Clip
8. Senar Gitar atau String

Tahap Pertama - Cara menyusun Cetakan Badan Gitar.


Langkah pertama:

1. Siapkan kayu lapis yang agak lebar, selebar gitar yang bakal di bentuk, supaya bisa memaximalkan pembentukan maka mesti menggunakan dua kayu sebagai lapisnya.

2. Setelah barang diatas telah siap, tahap selanjutnya adalah membentuk atau melubangi kayu lapis tersebut. Caranya paling mudah, siapkan sepidol atau Pensil, terserah kalian ingin menggunakan apa yang penting bisa untuk menggambar atau membentuk pola gitar, setelah itu gambarlah badan gitar di kayu lapis tersebut, sesudah digambar kita dapat memotongnya dengan gergaji mesin atau gergaji triplek manual, tetapi memerlukan waktu lama bila memakai gergaji manual daripada yang mesin.

3. tahap selanjutnya, bila kedua kayu lapis tersebut telah di potong, maka yang akan anda gunakan adalah yang pinggirnya, yang tadi tengahnya yang di ambil, tapi sekarang yang kita pakai yang pinggirnya.

4. setelah semua tahapan tersebut selesai, maka yang harus dilakukan adalah membuat lapisan tersebut menjadi sebuah gitar. Dengan cara membentuk dan menyusun lapisan kayu yang sudah anda bentuk di tahap sebelumnya.

5. Cara menggabungkannya sisi pingirnya biar agak tinggi, dengan cara menambah dengan kayu dengan teknik di Lem kayu.


Tahap Kedua - Cara Membuat Badan Gitar

1. Potong triplek memanjang, tingginya bagimana tipe gitarnya. setelah dicukur memanjang, kita dapat memasukan triplek tadi ke cetakan yang sudah kita bikin pada tahah kesatu.

2. Setelah anda masukan, lalu anda Tahan dengan Clip untuk menahan supaya triplek tersebut membentuk dengan sempurna dan tidak bergelombang.

3. Langkah selanjutnya penjemuran, hingga kayunya agak kecoklat-coklatan atau sampai kering.


Tahap Ketiga - Pembuatan Linings pada dalam triplek

1. Potong kayu yang panjangnya sampai mengelilingi body side, dan lebarnya kurang lebih 1 cm, kegunaannya untuk memperkuat "back dan top" nantinya.

2. Bentuk kayu tersebut sampai hampir berbentuk gitar.


Tahap Keempat - Pembuatan Braces Gitar

 1. Selanjutnya kayu kita potong dan kita bentuk hampir seperti gitar sempurna.


Tahap Kelima - Pembuatan Body Top and Back

1. langsung saja sebelumkita gabungkan ke body side, terlebih dahulu anda pasang Linings dan Braces itu di Body sidenya.

2. sesudah itu, tempelkan triplek top dan back. Tidak usah di format pun bermukim tripleknya, bermukim kita tempelkan saja.

3. Kalau telah kering baru anda potong dan rapihkan.


Tahap Keenam - Pembuatan Neck Gitar

1. Langkah kesatu yang mesti siapkan ialah siapkan kayu.

2. Setelah tersebut kita format dengan perangkat yang kalian punya dirumah dengan Amplas, pemotong triplek guna membentukkannya dan serutan atau pasah

3. Ukuran tinggi Neck itu setandarnya adalah 1,5 cm ada juga yang lebih atau juga kurang dari 1,5 cm

4. Setelah Neck siap, anda pasang Finger Board dan pemasangan Fret.


Tahap Ketujuh - Pemasangan Bridge

1. Beri lubang pada body untuk memasang Bridge Gitar
2. Setelah itu kita Lem memakai Lem Kayu
3. Lalu Jemur hasilnya jika sudah beres.


Tahap Terakhir – Pengecatan

1. siapkan alatnya yakni Pilox atau yang lainnya sebagai media pengecatan, namun jika ingin hasil nya lebih memuaskan bisa menggunakan Airbrush.

2. Bagi warna, terserah kalian sesuaikan saja keinginan kalian.



Oke itu tadi artikel tentang Cara Membuat Gitar Akustik Dari Bahan Triplek. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang cara membuat gitar sendiri. Sekian dari kami, kami ucapkan terimaksih. Selamat mencoba!!!

Related Posts