Cari Tahu Beda Alat Musik Saxophone dan Terompet

Cari Tahu Beda Alat Musik Saxophone dan Terompet - Pada artikel kali ini kami akan membahas perbedaan antara dua buah alat musik yang hampir sama cara memainkannya, yaitu saxophone dan terompet. Dua buah jenis alat musik ini sebenarnya hampir sama. Hanya saja yang membedakannya adalah aliran musik yang sedikit berbeda. Saxophone cenderung ke genre musik Jazzy, dan terompet cenderung ke genre musik jazz. Kedua alat musik ini banyak digunakan oleh grup band classic atau dalam kesenian tertentu. Saxophone dan terompet memiliki suara yang khas masing-masing jenis nya. Dan kedua nya memiliki beberapa jenis suara dan nada, ada yang sedikit cempreng dan ada juga yang sangat merdu.


Google Image - Cari Tahu Beda Alat Musik Saxophone dan Terompet


Tahukah anda bahwa dari kedua jenis alat musik yang hampir sama tersimpan perbedaan diantara keduanya. Dari segi cara memainkan sebenarnya dari kedua alat musik ini hampir sama, yaitu dengan cara ditiup. Yang membedakan adalah aliran atau genre musik yang berbeda. Saxophone sendiri cenderung ke genre musik jazzy, dan terompet cenderung ke genre musik jazz. Lalu apa sih perbedaan yang mencolok diantara kedua jenis alat musik tiup ini? Kalo gitu langsung aja kita ke artikel Cari Tahu Beda Alat Musik Saxophone dan Terompet.


Cari Tahu Perbeda Alat Musik Saxophone dan Terompet

 

Pengertian Saxophone

Saxophone adalah alat yang masih tergolong dalam keluarga aerophone, single-reed woodwind instrument. Saksofon biasanya terbuat dari logam atau bahkan dibuat dari kuningan dan dimainkan menggunakan single-reed seperti klarinet. Saksofon umumnya terhubung dengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnya ditujukan sebagai instrumen orketra dan band militer. Saxophone memang bisa dikatakan cukup mahal. Hal itu dikarenakan bahan baku yang yang terbuat dari logam atau kuningan. Dengan hal ini juga alat musik saxophone terlihat lebih elegan karena terbuat dari logam atau kuningan itu sendiri. 

Saxophone dikembangkan sekitar tahun 1840-an oleh Adolphe saksofon, seorang berkebangsaan Belgia. Ketika masih bekerja di sebuah toko milik ayahnya di Brussels, saksofon mulai mengembangkan sebuah alat yang memiliki proyeksi instrumen kuningan yang lebih lincah dari sebuah alat musik tiup kayu. Hal yang terpenting lainnya adalah untuk menciptakan sebuah alat yang akan merentangkan oktaf, sebagai perkembangan dari Klarinet.

Sebelum karyanya terkenal, Adolphe saksofon membuat beberapa perbaikan pada bass klarinet dengan meningkatkan keywork akustik dan memperluas jangkauan nada yang lebih rendah. Adolphe saksofon juga merupakan pembuat ophicleide, sebuah instrumen kuningan berbentuk kerucut besar dalam daftar bass dengan tombol mirip dengan alat musik tiup kayu.


Pengertian Terompet

Terompet adalah alat musik tiup yang terbuat dari bahan baku logam. Terompet Terletak pada jajaran tertinggi di antara tuba, eufonium, trombon, sousafon, French horn, dan Bariton. Terompet di-pitch di B. Terompet memiliki tidak lebih dari tiga tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda. Jadi anda wajib mengetahuin teknik yang benar sebelum anda memainkan alat musik terompet. jika dilihat kelihatannya mudah, tapi sebenarnya memainkan alat musik terompet tidak semudah seperti apa yang kita lihat. Memainkan alat musik terompet ada teknik-teknik yang harus anda pelajari jika anda ingin menjadi pemain alat musik terompet professional. Terompet memang jauh lebih murah dibandingkan dengan saxophone, tetapi hal ini tidak membuat terompet kalah dari segi suara dan nada. Itu sebenarnya tergantung dari orang yang memainkan nya, dan bukan karena murah atau mahal nya alat musik tersebut.


Perbedaan Saxophone dan Terompet

Ketika kita menggali persamaan salah satu terompet dan saxophone anda akan mendapati sejumlah hal yang sama seperti format dari terompet dan saxophone dan pun bunyi yang nyaris serupa ketika di dengarkan. Sebenarnya kedua alat musik tiup ini juga mempunyai sejumlah perbedaan. Perbedaan terletak pada unsur bahan yang dipakai untuk menciptakan alat musik ini. Jika dilihat dari bahan yang dipakai kita akan memahami bahwa terompet memakai bahan yang biasa dan tidak terlampau mahal. Lain halnya dengan saxophone. Saxophone ini diciptakan dengan memakai kuningan yang harganya paling mahal. Jika terompet biasa dipakai di genre musik klasik dan jazz maka saxophone lebih ingin ke genre musik yang jazzy. Lalu apa lagi perbedaan nya? Simak kelanjutannya di bawah ini.


Cara Memainkannya Saxophone dan Terompet

Lalu apa lagi perbedaan yang dapat kita temukan? Dari pemakaian kedua perangkat ini saja sudah paling berbeda. Terompet seringkali digunakan di acara yang lebih kasual sementara saxophone dipakai untuk acara yang resmi. Dari teknik memainkannya, kita pun akan mendapati perbedaannya. Saxophone seringkali dibunyikan dengan pertolongan rit sedangkan saat kita hendak memainkan terompet kita perlu menggunakan mouthfist. Walaupun dua-duanya biasa dipakai di acara yang berbeda, dua-duanya tetap dapat menyemarakkan acara. Terompet juga seringkali digunakan guna marching band dan pun acara beda yang meriah. Sedangkan saxophone seringkali hanya bakal dimainkan di acar-acara yang anggun dan dihadiri oleh kalangan yang paling terbatas. kita kini dapat memilih guna bermain terompet atau saxophone. Anda pun tidak butuh khawatir sebab terompet dan saxophone bisa ditemukan di banyak sekali toko online dalam dan luar negeri. Anda haru mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membeli alat musik saxophone.


Oke itu tadi aritikel tentang Cari Tahu Perbeda Alat Musik Saxophone dan Terompet. semoga dengan kalian membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda seputar alat musik saxophone dan terompet. dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang baru belajar bermain alat musik saxophone atau baru bermain alat musik terompet. sekian dari kami, kami ucapkan terima kasih.




Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top