Mengenal Bagian – Bagian Gitar Akustik dan Elektrik beserta Penjelasan

Mengenal Bagian – Bagian Gitar Akustik dan Elektrik beserta Penjelasan - Sebelum mulai belajar bermain gitar, alangkah baiknya jika anda harus tau terlebih dahulu bagian-bagian gitar beserta fungsinya. Ibarat inginkan cari pacar kita tentu akan berkenalan terlebih dahulu lantas ngobrol bersama orang yang anda suka itu untuk mengenalnya lebih jauh lagi. Sama halnya dengan bermain gitar, anda harus tau nama-nama unsur gitar dan pun fungsinya.


Google Image - Mengenal Bagian – Bagian Gitar Akustik dan Elektrik beserta Penjelasan


Gitar dipecah menjadi dua jenis yakni Gitar Akustik dan Gitar Elektrik. Cara memainkan kedua jenis gitar itu sama saja meskipun pada ketika memainkan ada sejumlah teknik yang hanya dapat dipakai pada gitar elektrik dan tidak dapat dipakai pada gitar akustik. Begitu juga sebaliknya. Oke biar lebih jelas lagi kita langsung ke artikel Mengenal Bagian – Bagian Gitar Akustik dan Elektrik beserta Penjelasan.


Mengenal Bagian – Bagian Gitar Akustik dan Elektrik beserta Penjelasan 


Gitar terdiri dari beberapa bagian yang digabungkan menjadi satu sehingga menbentuk gitar. Apa saja kah bagian-bagian dari gitar itu sendiri? Berikut penjelasannya :

1.    Headstock, adalahbagian lokasi Tuning Machine atau Tuner gitar. Serta lokasi dimana seringkali ada logo merk gitar tersebut.

2.    Tuning Machine/Tuner, yakni alat yang bermanfaat untuk menata ketegangan tensi senar gitar. Nama lainnya tidak jarang disebut sebagai Tuning Pegs, Tuning Keys, dan Tuning Gears. Ada enam buah tuner guna gitar atau menyesuaikan jumlah senar yang ada pada gitar tersebut. Cara menggunakannya yaitu andai senar telah terpasang dengan benar maka kita bermukim memutar tuner guna mengencangkan senar atau mengendurkan senar. Semakin kencang tensi dari senar gitar maka nada yang didapatkan akan semakin tinggi. Sebaliknya, semakin kendur maka nada yang didapatkan akan semakin rendah. Untuk tersebut pada ketika kita menyetem gitar, betapa baiknya saya dan anda lakukan dengan hati-hati guna menghindari senar putus.

3.    Nut, yakni alat penahan senar supaya tetap pada posisinya dan tidak berubah atau bergeser saat senar dipetik. Nut gitar seringkali dibuat dari bahan gading atau plastik.

4.    Senar, yakni bagian urgen dari gitar yang tercipta dari bahan baja ( terutama untuk gitar elektrik ) dan nilon ( guna gitar akustik/klasik ). Pada lazimnya baik gitar akustik atau elektrik mempunyai enam senar dan ada pun yang memakai duabelas senar. Ukuran senar pun bervariasi sampai-sampai menghasilkan nada yang berbeda. Serta mempunyai ukuran yang berurutan mulai dari yang sangat kecil dibagian bawah atau senar nomor 1 hingga senar yang sangat besar dibagian atas atau senar nomor 6. Bagi menyetem setiap senar gitar juga harus dengan benar karena andai salah menyetem atau memasang senar maka gitaris sehebat apapun tidak dapat menghasilkan suara gitar yang bagus.

5.    Neck, atau leher gitar yakni bagian yang berukuran panjang tercipta dari kayu yang menghubungkan antara headstock dengan body gitar. Selain tersebut neck gitar adalahtempat untuk menempatkan bagian-bagian gitar yang lain laksana trussrod dan fretboard.

6.    Fingerboard/Fretboard, ialah tempat dimana anda meletakka jari anda untuk mengurangi senar supaya menghasilkan suatu chord ataupun nada yang anda inginkan. Bahan dari fretboard seringkali dibuat dari kayu sonokeling atau rosewood. Fretboard adalahtempat dipasangnya Fret Wire.

7.    Fret Wire, yaitu suatu kawat logam tipis yang dipasang tegak lurus pada fretboard. Fungsinya untuk mendongkrak atau menurunkan nada senar dengan teknik menekan senar pada fret tertentu. Jarak antar fret wire pun berbeda-beda seringkali jarak antar fret wire yakni 1 mm. Jarak fret wire sangat atas dengan nut yakni sekitar 30 mm atau 3 cm. Kemudian jarak antar fret wire kesatu dan kedua dikurangi 1 mm dari jarak fret wire kesatu dengan nut yakni 29 mm atau 2,9 cm begitu seterusnya hingga fret yang sangat bawah.

8.    Strap Pin, yakni alat yang tercipta dari logam sebagai lokasi untuk memasang tali sandang atau tali pengikat gitar. Sehingga mempermudah kita pada ketika memainkan gitar pada posisi berdiri. Gitar elektrik mempunyai dua buah strap pin. Sedangkan gitar akustik terkadang melulu mempunyai satu strap pin saja dibagian samping belakang body gitar. Biasanya di antara ujung tali gitar diikatkan pada unsur headstock.

9.    Sound Hole/Lubang Resonansi, yakni lubang berbentuk lingkaran atau dapat juga diciptakan dengan variasi format lain yang ada pada unsur body gitar akustik. Fungsinya yaitu guna meneruskan bunyi yang didapatkan oleh senar gitar mengarah ke ke tabung resonansi atau body gitar akustik.

10.    Pickups, yakni bagian dari gitar elektrik yang bermanfaat sebagai sumber bunyi. Bagian ini mengolah getaran suara yang didapatkan senar menjadi sinyal listrik lantas sinyal listrik itu diteruskan mengarah ke amplifier. Prinsip kerja dari pickups ini sama dengan mikrofon.

11.    Bridge, yakni bagian gitar yang tercipta dari plat logam ( guna gitar elektrik) atau kayu sonokeling atau rosewood ( guna gitar akustik ) yang bermanfaat untuk menghubungkan senar dari body gitar ke unsur tuner.

12.    Body Gitar, yakni bagian yang bermanfaat sebagai tabung resonansi guna gitar akustik yang berupa suatu ruang suara guna memperkuat suara yang didapatkan oleh senar gitar. Sedangkan pada gitar elektrik body gitar bermanfaat sebagai lokasi pickups dan volume control dan guna memperindah format dari gitar elektrik tersebut sendiri.

13.    Pickups Selector Switch, yakni saklar yang bermanfaat untuk menilai pickups mana yang hendak digunakan. Bagian ini melulu ada pada gitar elektrik saja.

14.    Volume Control dan Tune Control, yakni tombol yang bermanfaat untuk menata besar kecilnya suara gitar serta frekuensi bass dan treble-nya. Pada gitar akustik elektrik seringkali alat ini dipasang pada unsur samping atas body gitar.

Itulah Bagian – Bagian Gitar Akustik dan Elektrik beserta Penjelasan. Dengan mengetahui bagian gitar serta fungsinya, diinginkan kita bakal lebih gampang mempelajari faedah bagian itu sehingga mempermudah kita saat bermain gitar. Semoga dengan membaca artikel bisa membantu anda untuk bisa bermain gitar dengan baik dan benar. Sekian dari kami, kami ucapkan terima kasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top