Pengertian Dan Jenis Musik Ansambel Lengkap Dengan Contoh

Pengertian Dan Jenis Musik Ansambel Lengkap Dengan Contoh - Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang musik ansambel. Musik ini bisa dibilang musik yang sangat keren, karena musik yang satu ini dimainkan secara bersama-sama. Yang lebih keren lagi musik ini biasa nya dimainkan lebih dari 5 orang, tetapi tetap serempak membunyikan alat musik masing-masing pemainnya. Disini ada yang tau apa itu musik ansambel? Kalo gitu kami akan memberikan sedikit tentang alat musik ansambel.



Google Image - Pengertian Dan Jenis Musik Ansambel Lengkap Dengan Contoh


Kata Ansambel berasal dari bahasa Perancis (ensamble), yang dengan kata lain bersama-sama. Dari definisi di atas, kata ansambel dapat diartikan sebagai permainan musik secara bersama-sama, baik memakai alat musik sejenis, maupun perangkat musik campuran. 

Musik ansambel bukan sebatas membunyikan perangkat musik secara bersama-sama, tetapi bunyi yang ditata keselarasannya dengan menyimak partitur. Musik ansambel adalah penyajian musik secara bersama-sama dengan sejumlah alat musik, yang dibunyikan secara serentak lantas alat musik yang digunakan biasanya non elektrik. Dalam penyajian perangkat musik ansambel dibutuhkan seorang deligent yang bertugas sebagai pemimpin supaya lebih kompak.

Musik ansambel biasa nya tampil pada acara tertentu contoh nya seperti pada acara festival musik. Musik ansambel biasa tampil didalam gedung atau di dalam ruangan. Ada juga yang menampilkan musik ansambel di gabungkan dengan kesenian daerah. Hal ini dikarenakan alat yang digunakan bisa dibilang alat musik tradisional. Di Indonesia sendiri banyak yang memainkan musik ansambel dengan alat musik tradisional dari daerah-daerah yang ada di Indonesia. Salah satu contoh alat musik yang digunakan adalah angklung yang berasal dari daerah jawa barat. Angklung sendiri terbuat dari bambu. Suara yang dihasilkan dari alar musik angklung sangat khas sekali.

Oke biar gak pada penasaran langsung saja kita ke artikel Pengertian Dan Jenis Musik Ansambel Lengkap Dengan Contoh.


Pengertian Dan Jenis Musik Ansambel Lengkap Dengan Contoh

 

Musik Ansambel terbagi menjadi 2 kelompok, yakni :


Musik Ansambel Sejenis
Musik ansambel sejenis adalah salah satu format penyajian musik ansambel dengan memakai alat-alat sejenis. Contohnya : ansambel recorder.

Musik Ansambel Campuran
Musik ansambel campuran adalah salah satu format penyajian musik ansambel dengan menggunakan sejumlah alat musik. Contohnya alat musik nya antara lain: ansambel pianika, ansambel gitar, ansambel triangle, dll. Apabila kamu belum mempunyai kemahiran dalam memainkan gitar,tentu kamu bisa belajar dengan membaca teknik cepat belajar gitar dengan cukup mudah.

Musik Ansambel juga dapat digolongkan menjadi tiga kelompok bilamana dilihat dari faedah dan perangkat musik yang digunakan, yakni :


Musik Ansambel Melodis
Alat musik yang dipakai dalam musik ansambel melodis ialah alat musik yang dimainkan dengan destinasi menghasilkan susunan nada-nada yang adalah melodi suatu lagu. Contoh alat musik nya antara lain : piano, harmonika, rekorder, terompet

Musik Ansambel Ritmis
Musik ansambel ritmis dalam penyajiannya memakai alat musik yang gunanya supaya mengatur irama suatu lagu. Contoh alat musik nya antara lain: Drum set, triangle, gong, gendang, dan tamborin.

Musik Ansambel Harmonis
Musik ansambel harmonis menggunakan alat musik yang bisa berperan ganda yakni sebagai memainkan susunan nada-nada dan menata irama dari suatu lagu sehingga menghasilkan suara yang bisa membuat para pendengarnya sangat menikmati lagu yang sedang dimainkan.


GOLONGAN MUSIK ANSAMBEL

Golongan alat musik ansambel dapat dipecah menjadi 3 yaitu dilihat dari aspek sumber bunyi, teknik memainkan, dan peranannya dalam musik ansambel.

Sumber Bunyi Musik Ansambel
Akrofon yakni alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara yang ada. Contohnya, seruling dan terompet. 

Membranofon ialah alat musik yang menemukan sumber bunyi dari plastik, laksana gendang, rebana, dan drum. 

Kordofon adalah alat musik yang sumber bunyinya diperoleh dari tali atau berupa senar seperti yang ada pada alat musik gitar, kecapi, dan biola. 

Idiofon yakni alat musik yang sumber bunyinya terletak pada bunyi alat tersebut sendiri jika dimainkan. Contohnya, angklung dan gong. 

Elektrofon ialah alat musik yang bunyinya bersumber pada tegangan listrik. Contohnya, organ listrik dan gitar listrik.


Cara Memainkan Musik Ansambel

Alat musik yang dipukul : drum, saron, gendang, dan bongo.
Alat musik yang dipetik : kecapi dan gitar.
Alat musik yang ditiup : seruling, terompet dan klarinet.
Alat musik yang digoyangkan: angklung
Alat musik yang digesek: biola, selo, dan rebab.

Peranan Alat Musik Ansambel

Alat Musik Melodi
Alat musik yang bisa menghasilkan rangkaian nada yang lantas menjadi suatu lagu pada musik ansambel . Contoh : piano dan gitar
Alat Musik Harmoni
Alat musik yang bisa menghasilkan keselarasan suara dalam mengiringi suatu lagu. Contohnya : Bass, biola, dan akordeon.

Alat Musik Ritmis

Merupakan alat musik yang memiliki fungsi sebagai media untuk menata ritme suatu lagu. Contohnya : ring bel dan triangle.

Dari artikel diastas bisa disimpulkan mengapa banyak orang yang menyukai dan senang menonton pertunjukan musik ansambel. Jelas alasan nya karena musik ansambel asik untuk tonton karena perpaduan dari banyak alat musik yang menghasilkan suara atau lagu yang indah. Biasa nya pertunjukan musik ansambel dilaksanan di dalam degung atau ruangang. Jarang ada yang melaksanakan pertunjukan musik ansambel di luar ruangan. Jadi dengan begitu anda tidak usah khawatir kepanasan jika hendak meonton pertunjukan musik ansambel.

Oke itu tadi artikel tentang Pengertian Dan Jenis Musik Ansambel Lengkap Dengan Contoh. Semoga saja dengan kalian membaca artikel ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang musik ansambel. sekian dari kami, kami ucapkan terima kasih.



Related Posts