Pengertian Musik Ansambel dan Jenis Alat Musiknya


Pengertian Musik Ansambel dan Jenis Alat Musiknya - Musik Ansambel adalah sebuah penyajian musik dengan mempergunakan alat musik sederhana. Munurut bentuknya, dipisahkan atas Ansambel sejenis dan Ansambel campuran
Permainan musik ansambel pada dasarnya adalah permainan serentak dari sekian banyak  intrumen musik dalam format kerja sama dalam membawakan sebuah lagu. Sehingga menghasilkan pertunjukan musik yang luar biasa keren. Dalam bermain ansambel sejenis, maka permainan musik ini dilakukan oleh sejumlah orang pemain dengan satu jenis perangkat musik, misalnya bermain ansambel gitar. Ada berapa jeniskah musik ansambel?

Google Image -  Pengertian Musik Ansambel dan Jenis Alat Musiknya


Musik ansambel ada dua jenis, yaitu ansambel campuran dan ansambel sejenis.
Ansambel campuran adalah permainan musik yang dimainkan oleh sejumlah orang pemain dengan sekian banyak  jenis contohnya gitar, organ, trompet, dan sebagainnya. Beda nya dengan adalah jika musik ansambel campuran dimainkan dengan alat musik yang bebeda akan tetapi ansambel sejenis sebaliknya. Asambel harmonis dimainkan oleh sejumkah orang pemain dengan satu jenis alat musik, contoh nya gitar. Atau bisa menggunakan alat musik yang lainnya, tetapi dengan ketentuan harus menggunakan alat musik satu jenis saja dari sekian banyak permain musik ansambel.

Dalam penyajian musik ansambel terjalin kerja sama yang harmonis antara sekian banyak  instrumen melodis yang diiringi serta ditata dengan rapih oleh suara ritmis.

Penyajiaan musik ansambel memang paling menarik, sebab terjalin kerja sama dari sekian banyak  sumber suara instrumen dengan teknik menyuarakannya yang berbeda-beda, ada yang dipukul, dipetik, diketuk, ditekan, ataupun ditiup. Dari jalinan kerja sama instrumen musik itu tidak seluruh instrumen musik memiliki nada dasar yang sama.

Instrumen musik yang nada dasarnya “C” adakah gitar, biola, termasuk seluruh alat musik yang memakai keyboard.

Instrumen music yang nada dasarnya “Bes”, mencakup alat musik tiup laksana clarinet, terompet, tenor, saxophone.

Musik ansambel bukan sebatas membunyikan perangkat musik secara bersama-sama, tetapi bunyi yang ditata keselarasannya dengan menyimak partitur. Ansambel musik ialah penyajian musik secara bersama-sama dengan sejumlah alat musik, yang dibunyikan secara harmonis lantas alat musik yang digunakan ialah non elektrik. Dalam penyajian perangkat musik ansambel dibutuhkan seorang deligent atau konduktor sebagai pemimpin supaya lebih kompak.


Pengertian Musik Ansambel dan Jenis Alat Musiknya

Musik ansambel banyak digemari orang karena penampilan nya yang mengsankan, bermain musik ansambel tidak hanyak mengandalkan keterampilan bermain alat musik saja, tetapi harus memiliki kekompakan yang kuat. Hal ini ditunjukan ketika musik ansambel tampil di depan penonton mereka bermain dengan kompak dan selaras satu sama lainnya. Hal ini yang membuat musik ansambel banyak digemari orang. Ketika sedang bermain musik ansambel, sang pemain di tuntut untuk fokus dan terus berkonsestrasi selama pertunjukan, jika itu tidak dilakukan maka jika anda salah dalam memainkan alat musik yang anda mainkan maka yang terjadi adalah suara atau nada nya tidak sama dengan pemain musik ansambel yang lainnya.

Musik ansambel juga tidak hanya memiliki satu jenis saja, melainkan memiliki banyak jenis musik. Di bawah ini kami akan menjelaskan jenis-jenis alat musik ansambel.


Jenis-Jenis Alat Musik Ansambel


Jenis-jenis alat musik dibedakan menjadi tiga golongan, antara lain sebagai berikut:

1. Fungsinya Alat Musik Ansambel

Menurut kegunaannya jenis perangkat musik ansambel dipisahkan menjadi 3 macam, yaitu:
Alat Musik Melodis, yaitu alat musik yang memiliki fungsi untuk memainkan rangkaian nada atau melodi lagu (alat musik yang memiliki barisan nada-nada). Contohnya; pianika, biola, recorder, flute, belira, dll. 

Alat Musik Harmonis, yakni alat musik yang kegunaannya untuk mengiringi lagu atau mengharmonisasikan lagu. Contohnya; gitar, organ, piano, keyboard, dll. 

Alat Musik Ritmis, yakni alat musik yang kegunaannya untuk menstabilkan irama (mengatur irama atau tempo lagu). Biasanya melulu mempunyai suara tunggal yang tidak memiliki unsur barisan nada-nada. Contohnya; ketipung, tambore, bass drum, kendang, dll.

 

2. Sumber Bunyinya Alat Musik Ansambel

Berdasarkan keterangan dari sumber bunyinya jenis perangkat musik dipisahkan menjadi 5 macam, yaitu:

Aerophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara, seringkali dimainkan dengan teknik ditiup. Contohnya; pianika, terompet, harmonika, recorder dan masih banyak lagi.

Chordhophone, yakni alat musik yang sumber bunyinya berasal dari senar, tali, kawat, dawai, dan dimainkan dengan teknik digesek atau dipetik. Contohnya; biola, siter, gitar, harpa, rebab, mandolin, dll.

Membranophone, yakni alat musik yang sumber bunyinya berasal dari selaput tipis, kulit, plastik, atau mika, dan dimainkan dengan teknik ditepuk atau dipukul. Contohnya; drum, kendang, ketipung, rebana, tamburin, dll.

Idiophone, yakni alat musik yang sumber bunyinya berasal dari lempeng logam, atau kayu dan dimainkan dengan teknik dipukul. Contohnya; Gong, kulintang, belira, xylophone, dan sebagainya.

Elektrophone, yakni alat musik yang sumber bunyinya berasal dari listrik (baterai). Contohnya; organ, keyboard, gitar listrik, dll.


3. Cara Memainkan Alat Musik Ansambel

Menurut teknik memainkan jenis perangkat musik bisa dibedakan, yakni dimainkan dengan cara;

Ditiup, Contohnya; recorder, pianika, flute, terompet, saxophone, dll.
Dipetik, Contohnya;, harpa, kecapi, cak, cuk, siter, gitar dll.
Digesek, Contohnya; biola, rebab, cello.
Dipukul, Contohnya; drum, cymbal, kulintang, dll.
Digoyangkan, Contohnya; angklung, ringbell.
Ditekan, Contohnya; piano, organ.
Ditepuk, Contohnya; kendang, ketipung, tifa.


Oke itu tadi artikel tentang Pengertian Dan Jenis Musik Ansambel Lengkap Dengan Contoh. Semoga dengan kalian menbaca artikel yang kami tulis ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang musik ansambel. Sekian dari kami, kami ucapkan terima kasih.


Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top