Musik Klasik Mozart dan manfaatnya untuk Manusia

Musik Klasik Mozart dan manfaatnya - ada yang tahu manfaat musik klasik bagi diri kita serta lingkungan kita? mari kita simak tulisan dibawah ini agar mengerti dampak positif dari musik klasik.

Musik Klasik Mozart dan manfaatnya
Google Image - Musik Klasik Mozart dan manfaatnya

Musik Klasik

Musik Klasik adalah musik yang berakar pada kesenian barat dan musik orkestra. Banyak yang beranggapan salah bahwa musik klasik berarti musik jadul atau kuno. Padahal, pada awalnya kata klasik disini berasal dari kata classical music yang berarti musik yang berkelas. Musik klasik bisa dipelajari berdasarkan catatan/notasi yang dibentuk dan ditulis secara khusus bukan melalui lisan. Hal ini dimaksudkan agar dapat membedakan antara musik rakyat dan musik pop. oleh karena itu ada yang menyebutnya sebagai "musik literatur" dan ada pula yang menyebutnya dengan nama "musik serius". 

Berdasarkan zamannya, para pecinta musik banyak yang setuju bahwa ada tahap-tahap besar dalam perkembangan musik klasik. Meskipun pembagian tahunnya tidaklah jelas dan tepat. karena sifatnya hanyalah perkiraan. Adapun tahap-tahap nya sebagai berikut:
  • Zaman abad pertengahan (450-1450)
  • Zaman Renaisans (1400-1600)
  • Zaman Barok (1600-1750)
  • Zaman Klasik (1750-1825)
  • Zaman Romantik (1825-1900)
  • Zaman Modern (1900-sekarang)
Pada awalnya musik klasik  ditulis dengan maksud untuk tujuan sakral, sekuler, hingga mengungkapkan perasaan atau mengenai percintaan. Setelah tahun 1950-an, banyak revolusi yang merubah teori dan aturan baku dari sang pendahulu, mulai dari elemen hingga tujuannya. Seiring berkembangnya zaman, musik musik klasik sekarang bisa didengarkan dimana saja. padahal, awalnya musik klasik hanya dapat didengar di tempat eksklusif saja. 

Manfaat Mendengarkan Musik Klasik

Seiring kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, banyak penelitian yang telah menguak manfaat mendengarkan musik klasik. Adapun manfaatnya sebagai berikut:

Mampu Mengimbangkan otak kiri dan kanan

Pimpinan Internasional Brain Academy (IBA) Indonesia mengatakan bahwa "rata rata orang Asia dilahirkan dengan fungsi otak kanan lebih dominan secara genetik" (Asia IBA Concert Tour 2009-2010). Padahal sebenarnya fungsi otak kanan berfungsi memberikan fantasi, apresiasi  seni dan lainnya, sementara otak kiri berfungsi sebagai pemecah masalah. Jadi sebenarnya kemampuan otak kanan dan kiri harus diseimbangkan agar selain berfantasi, kita juga mampu memecahkan masalah. Hal ini berbeda dengan orang-orang barat yang terlahir dengan kemampuan otak kiri yang lebih dominan. Jadi wajar saja, apabila orang barat mampu menciptakan sesuatu yang lebih soal teknologi atau pemecahan masalah. 

Mampu Menenangkan

Sebuah sekolah di Kroasia telah membuktikan manfaat musik klasik di sekolah. Sekolah tersebut memainkan musik klasik sebelum siswa memasuki kelas dengan pengeras suara dan dimainkan secara pelan ketika proses belajar mengajar. Hasilnya membuat anak anak didalam kelas tersebut tidak ribut dan lebih santai ketika didalam kelas.

Meningkatkan Konsentrasi

Berlin University menemukan suatu penemuan yang cukup bagus dimana perbandingan konsentrasi siswa yang mendengarkan musik klasik dan tidak. Hasilnya, Siswa yang mendengarkan musik klasik dapat menyelesaikan soal ujian dengan lancar serta 10 menit lebih cepat dibandingkan dengan siswa yang tidak mendengarkan musik klasik. 

Menenangkan Bayi

Banyak yang beranggapan bahwa musik klasik dapat membantu bayi dalam meningkatkan kecerdasannya sejak didalam kandungan. Ada banyak persepsi kenapa bisa begitu. Ada yang percaya bahwa tempo yang teratur dan struktur nada yang baik dalam musik klasik dapat membantu memberikan gambaran tersendiri terhadap otak si bayi. Dengan teratur, menempelkan mp3 musik klasik ke perut ibu hamil maksimal selama 1 jam, dapat membuat bayi tersebut menjadi tenang ketika lahir kelak.

Musik Klasik Mozart dan manfaatnya - wah ternyata banyak sekali manfaatnya ya. Demikianlah ulasan mengenai manfaat mendengarkan musik klasik, Baca juga Harga Gitar tak Menentukan Kualitas yang bisa membuat anda mengerti bahwa gitar bagus tak harus berharga mahal. untuk lebih lanjut seputar dunia musik, simak terus belajarmusiku.com .semoga informasi tersebut bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.

Related Posts