Cara Mudah Membuat Alat Musik Cajon dengan Harga Murah

Cara Mudah Membuat Alat Musik Cajon dengan Harga Murah - Bagi yang sering main akustik, tidak akan asing dengan alat musik cajon. Nah, ternyata alat musik ini cukup mudah untuk dibuat sendiri dan tak memakan banyak biaya dan cukup murah lho. simak artikel berikut ini yaa.

Cara Mudah Membuat Alat Musik Cajon dengan Harga Murah
Google Image - Cara Mudah Membuat Alat Musik Cajon dengan Harga Murah

Cajon

Cajon (dibaca kahon) adalah salah satu alat musik akustik yang berfungsi sebagai pengganti drum. Banyak yang menyebut alat musik ini sebagai drum duduk atau drum akustik. Sejarah cajon dimulai dari budak afrika yang dibawa ke spanyol pada abad ke-18. Para budak ini dilarang untuk memainkan alat musik tradisional mereka. Akhirnya bangsa ini mulai menyamarkan alat musik ini kedalam bentuk kotak dan digunakan sebagai tempat duduk. sekitar tahun 1850, alat ini berada padatitik puncak popularitas. Kini alat musik ini sering dimainkan oleh banyak orang dan digunakan dalam acara akustik.


Cara Mudah Membuat Alat Musik Cajon dengan Harga Murah

Ternyata cara membuat cajon cukup murah dan murah lho. berikut adalah step atau langkah langkah dalam membuat cajon:

Persiapkan peralatan

Mempersiapkan Alat alat yang akan kita gunakan untuk membuat cajon seperti:
Papan (bisa multiplek - cari yang memiliki tebal 12 mm dan bagian muka 3 mm)
  • Gergaji untuk memotong 
  • Paku dan baut untuk menyambung bagiannya
  • Sner atau kawat sner (beli di toko musik sekitar 50ribu)
  • Amplas untuk menghaluskan body atau bagian dari cajon
  • Kaki kaki dan siku siku.
Total biaya yang kita habiskan untuk membeli alat alat ini berkisar antara 100 - 200 ribu rupiah. Kalo beli jadi berkisar antara 400 ribu bahkan kalau yang bermerek bisa sampai 1 juta. Jadi, Cukup murah bukan??

Buat Sketsa 

Setelah semua peralatan telah kita persiapkan, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengukur dan membuat sketsa (bisa membuat garis) pada papan atau multiplek tersebut. Kita bisa membuat ukuran sesuai keinginan kita. Di internet terdapat banyak ukuran. Tapi kali ini kita akan membuat dengan ukuran standar sebagai berikut:

Panjang = 33cm
Lebar = 31,8 cm
Tinggi = 46 cm
Diameter lubang = 13 cm

gunakan Papan atau multiplek yang memiliki ketebalan 12 mm untuk bagian kanan, kiri, atas, bawah dan belakang. Lalu gunakan triplek yang memiliki tebal sekitar 3 mm untuk tapa atau bagian depan yang akan dipukul. Jangan lupa ukur soundhole nya.

Potong Sketsa

Setelah diukur dan diberi garis, gunakan gergaji untuk memotong multipleknya. Jangan lupa lubang soundholenya. Hati hati dalam memotong multiplek jangan miring atau bengkong karena akan kurang memuaskan ketika akan menyatukan bagian bagian tersebut nantinya. Untuk membuat soundhole bisa diawali dengan bor agar terlihat ukurannya.


Proses Penggabungan

Sisihkan potongan dan bagian dari cajon kita, lalu dilihat apakah ada yang kurang pas atau kurang baik (Perkirakan lebih dahulu). Setelah itu beri lem pada bagian kanan kiri dan atas bawah. tapi jangan dipasang dulu bagian tapa. Perhatikan apakah ada yang kurang pas, perhatikan dari dalam juga. 


Buat Bagian Snappy

Setelah siap buat bagian snappy nya. Kita bisa beli snappy atau kawat sner drum di toko musik. Lalu potong kawat snappy menjadi dua bagian yang sama. Cari potongan kayu yang dapat mengganjal di antara dinding kanan dan kiri cajon jangan lupa di lem atau di paku dari luar. Paku dengan papan tersebut lalu hadapkan snappy ke depan atau arah keluar. Pastikan jangan terlalu dalam. 

Pasang Tapa atau Bagian Depan

Terakhir pemasangan bagian depan atau tapa dari cajon. Pastikan bagian snappy sudah terpasang baik. lalu paskan bagian tapa dengan bagian cajon yang telah jadi. Bisa kita lem atau hanya diberi baut. Biasanya bagian depan hanya di baut. Karena bagian depan biasanya mudah rusak karena sering dipukul. hal ini ini bermaksud agar mudah menggantinya apabila terjadi kerusakan.

Cat dan Pasang Aksesoris 

Setelah semuanya beres, kita bisa mengamplas bagian cajon jika terbuat dari papan lalu mengecatnya. jika terbuat dari multiplek kita bisa memberi penampilan menarik dengan stiker meteran dengan cara dibungkus secara menyeluruh agar memiliki corak atau motif. setelah selesai kita bisa memasang kaki kaki. Kita bisa membelinya di toko mebel. Jika ingin lebih aman kita bisa menambahkan siku siku dari cajon. Bisa juga kita menambahkan busa pada bagian atas agar kita lebih nyaman duduk diatas cajon ketika memainkan nya.


Cara Mudah Membuat Alat Musik Cajon dengan Harga Murah - Demikianlah cara mudah membuat cajon, semoga dapat dipraktekkan dengan baik dan menghasilkan karya seni yang menggugah selera untuk bermain musik tentunya hehehe. Jangan lupa baca juga Tips dan Cara Merawat Gitar Akustik yang Baik dan Benar yang bisa membuat anda mengerti cara merawat gitar kesayangan anda. Untuk informasi seputar dunia musik bisa kunjungi belajarmusiku.com . Semoga bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.

Related Posts