Cara Belajar Biola otodidak untuk pemula dan mengenal bagiannya

Cara Belajar Biola otodidak untuk pemula dan mengenal bagiannya - Permainan biola yang indah terkadang menyayat hati kita. Alat musik satu ini Bagian Unik Biola. Kita sebagai pemula di dalam dunia biola, alangkah baiknya jika kita mengetahui bagian-bagian biola.


Cara Belajar Biola otodidak untuk pemula dan mengenal bagiannya
Google Image - Cara Belajar Biola otodidak untuk pemula dan mengenal bagiannya

Cara Belajar Biola otodidak untuk pemula dan mengenal bagiannya

Biola

Biola adalah salah satu alat musik yang memiliki 4 senar atau dawai yang dimainkan dengan cara digesek menggunakan bow (busur). Untuk memainkan alat musik ini, kita harus meletakkan biola diatas pundak dan dijepit menggunakan dagu. Memainkan biola juga menguras tenaga kita karena harus memakai bow untuk menggesek senar. Selain tenaga, memainkan biola juga membutuhkan banyak kesabaran. Memainkan biola harus menggunakan feeling karena tidak memiliki fret (fretless). Berbeda dengan gitar yang memiliki fret jadi cukup mudah untuk menemukan melodi karena tempatnya yang terlihat dan pasti.


Adapun bagian bagian unik dari biola sebagai berikut:

Senar Biola

Biola memiliki senar 4, senar pertama memiliki ukuran atau los senar bernada E, senar kedua A, senar ketiga D, dan senar keempat G. jadi cara setting senar ini sangat berbeda dengan gitar yaa. jangan pernah samakan dengan los senar gitar anda, nanti bisa putus senarnya (pengalaman pribadi hehehe). Harga senar biola cukup mahal berbeda dengan senar gitar. Harga senar biola berkisar antara 50 - 100 untuk pemula bergantung dengan merk. 

Bow

Bow atau busur merupakan alat untuk menggesek senar biola. Nah, jadi kalau tidak menggunakan benda ini, biola kita tidak akan berbunyi secara nyaring. Kita bisa memetik senar tanpa bow, bisa tapi tidak sekeras pakai bow. Panjang bow bervariasi bergantung pada ukuran biola yang akan kita mainkan. Bow ini memiliki serat khusus seperti rambut untuk menggesek senarnya bahkan untuk yang professional serat bow ini berasal dari ekor kuda lho. sedikit informasi bahwa serat bow ini jangan disentuh dengan jari atau terkena keringat langsung (nanti seret dan berbunyi ngeeek hehehe).

Ukuran Biola

Biola memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung siapa yang akan main biola. Ukuran biola mulai dari 1/16 hingga 4/4. nah untuk kita yang dewasa bisa pakai yang ukuran 4/4 karena akan lebih nyaman dan lebih panjang sesuai ukuran tubuh dan lengan kita. Panjang lengan kita akan menentukan ukuran mana yang harus kita pilih untuk dimainkan.

Fretless

Biola adalah alat musik fretless atau tanpa fret atau grip. Berbeda dengan gitar yang ada fret jadi mudah untuk melihat pada posisi mana fret yang harus ditekan. Jadi ingat, menggunakan feeling dangat penting. Gunakan perasaan kita adalah kunci utama dalam mencari nada dalam biola. Jadi, banyak banyak bersabar kalau ingin bisa memainkan biola.

Rosin

Rosin atau damar adalah benda berbentuk seperti sabun berwarna bening yang digunakan untuk membuat senar menjadi lebih keset atau tidak licin. Hal ini dimaksudkan agar bow bisa menghasilkan bunyi ketika menggesek senar biola. Cara menggunakan rosin ini cukup mudah. yakni dengan cara menggesek rosin ke hair (rambut) bow secara keseluruhan. Ingat jangan banyak banyak. cukup satu atau dua kali gesek saja.

Cara Belajar Biola otodidak untuk pemula dan mengenal bagiannya- Demikianlah sedikit informasi mengenai bagian bagian biola. Jangan lupa baca juga Cara Bermain Biola dengan mudah untuk Pemula Otodidak yang bisa membuat anda mengerti cara termudah untuk belajar biola. Informasi dunia musik dapat sobat dapatkan di belajarmusiku.com. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.

Related Posts