Teknik Dasar Memainkan Biola dengan Mudah

Teknik Dasar Memainkan Biola dengan Mudah - Biola merupakan alat musik yang lumayan menarik perhatian banyak orang, ini dikarenakan biola mempunyai suara yang khas dan sangat indah bila didengar. Kebanyakan orang pasti ingin memainkan alat musik yang satu ini, dan ingin menguasainya. Tapi tidak mudah untuk menguasai alat musik yang satu ini, dan memang tidak ada yang mudah bila ingin mempelajari serta menguasai suatu alat musik, yang diperlukan hanyalah ketekunan dan keinginan yang kuat untuk selalu belajar. Bila anda ingin mengetahui bagian-bagian dari alat musik ini anda dapat melihat artikel saya sebelumnya. kali ini kita akan mempelajari bagaimana tekhnik dasar dalam bermain biola, semoga membantu.

Teknik Dasar Memainkan Biola dengan Mudah
Google Image - Teknik Dasar Memainkan Biola dengan Mudah


Teknik dasar memainkan biola dengan Mudah


Cara Memegang dengan Benar

Teknik dasar yang pertama bila ingin belajar bermain biola ialah cara memegangnya. Dalam hal ini kita bukan hanya memegang biolanya, tetapi kita harus bisa meletakkan biola diantara bahu dan dagu kita. Ini adalah hal pertama yang harus kita kuasai bila ingin belajar biola. Carilah posisi senyaman mungkin dalam meletakkan biola ini, karena hanya kita yang dapat merasakan bagaimana posisi yang nyaman tersebut. 

Pertama-tama taruh biola diatas bahu kita, usahakan posisi bahu sedikit dimajukan, lalu jepit biola dengan dagu kita. Untuk kalian yang memiliki leher sedikit lebih panjang dan susah untuk menahan biolanya dengan dagu, kalian dapat membeli aksesoris biola yang bernama shoulder rest. Shoulder rest ini merupakan aksesoris pembantu untuk bermain biola.


Cara Memegang Bow

Yang kedua adalah cara memegang bow. Cara memegang bow inipun harus kalian perhatikan bila ingin bermain biola, usahakan pegangan kita tidak mengganggu permainan biola kita. Cara dasar memegang bow biola seperti pada gambar berikut:

Gambar diatas adalah bentuk dasar posisi memegang bow biola. Apabila kalian sudah menguasai dalam hal menahan biola dan memegang bow biola, berarti kalian siap untuk memainkan biola.

Setelah menguasai dua hal diatas, yang harus kita lakukan selanjutnya ialah menggosokkan rosin pada hairbow. Ini diperlukan agar ketika kita menggesekan bow pada biola akan menghasilkan suara, biola tidak akan menghasilkan suara apa bila hair bow tidak diberikan rosin saat memainkannya. Jadi, ini hal yang penting juga untuk dilakukan. Tapi ingat, saat menggosokan rosin di hairbow usahakan tangan kalian tidak menempel langsung pada haibownya, karena ini dapat membuat hairbow menjadi berwarna hitam dan keringat yang ada ditangan dapat membuat suara biola saat digesek menjadi tidak stabil. 

Saat menggesekkan rosin usahakan kalian mengencangkan bow nya terlebih dahulu dengan cara memutar bagian bawah bow, tetapi jangan sampai bow terlalu kencang karena dapat memperpendek usia hairbow alias jadi gampang putus hairbow nya.


Men-tuning Biola dengan Benar

Selanjutnya ialah men-tuning biolanya. Biola juga mempunyai beberapa nada dasar utama seperti halnya gitar dan alat musik lain yang harus kita ketahui. pada posisi open string atau ketika semua senar dilepas nada dasar biola ialah :

Senar 1 : E
Senar 2 : A
Senar 3 : D
Senar 4 : G

Kalian dapat men-tuning biola kalian dengan cara menggesek biola dengan bow sambil memutar pegs nya (yaitu dryer biola yang terbuat dari kayu dan terletak di bawah scroll biola) dan fine tuner nya (bagian seperti knob kecil di bagian tailpiece biola). Untuk itulah kalian harus bisa posisi menaruh biola di antara bahu dan dagu terlebih dahulu, itu diperlukan agar saat men-tuning biola kalian akan lebih mudah melakukannya. Untuk menentukan nada kalian dapat dibantu dengan tuner atau dengan alat musik lain seperti halnya piano, tetapi lebih enak dengan tuner. Di zaman yang serba modern ini, kalian dapat dengan mudah menemukan aplikasi tuner pada smartphone kalian juga loh, jadi bisa lebih mudah dalam men-tuning biolanya.


Cara Menggesek Biola

Setelah bisa men-tuning biola hal yang harus kalian perhatikan ialah cara menggesek biola. Menggesek biola bukan berarti kita hanya menggesek dengan cara sembarangan, hal yang perlu diperhatikan dalam menggesek biola ialah ketepatan, dan posisi bow. Bow harus selalu pada posisi lurus saat menggesek biola, sehingga biola dan bow akan membentuk posisi seperti tanda tambah (+) saat kita menggesek biolanya. Saat pertama kali kita menggesek biola, usahakan untuk belajar menggesek senar terbuka dengan pelan atau satu senar bernada delapan ketuk ( nada panjang ) dalam satu arah gesekan, ini diperlukan untuk membiasakan kita menggesek dan menghasilkan nada yang stabil. Lakukan gerakan ini paling tidak empat gesek untuk satu senar pada semua senar biola. Hal ini juga merupakan pemanasan yang penting dalam bermain biola.


Posisi Jari yang Benar

Saat sudah lancar menggesek biola selanjutnya ialah posisi jari. Sederhananya nada biola sama dengan gitar, bedanya biola merupakan alat musik fretless alias tidak memiliki fret seperti pada gitar tetapi untuk urusa nada sama saja. Kita dapat mulai belajar posisi jari dari senar dua atau dari nada A. Untuk tangga nada Do = A ialah : A B C# D E F# G# A. Sehingga posisi jari kita untuk memainkan biola ialah : 

1. Senar terbuka sebagai nada Do.

2. Gunakan telunjuk untuk menekan pada senar kedua dengan diberi jarak sedikit dari awal fingerboard sebagai nada Re.

3. Gunakan jari tengah untuk menekan senar lagi dan diberi jarak dari jari telunjuk untuk nada Mi.

4. Gunakan jari manis untuk menekan nada selanjutnya tetapi usahakan menempel dengan jari tengah kalian, ini untuk nada Fa.

5. Untuk nada Sol sampai selanjutnya kalian bisa melakukan posisi yang sama tetapi dimulai dari senar dibawahnya. Hal ini berfungsi sama pada senar lainnya, apabila kalian ingin bermain dari senar tiga (senar D) kalian bisa melakukan posisi yang sama yaitu nada Do sampai Fa pada senar tiganya dan Sol sampai Do di senar duanya. Begitu pula jika ingin bermain dari senar empat (senar G).


Teknik Dasar Memainkan Biola dengan Mudah - Sekian artikel saya kali ini tentang teknik dasar memainkan biola. Semoga bermanfaat :D

Related Posts