Cara Merawat dan Membersihkan Biola

Cara merawat dan membersihkan Biola - Biola merupakan suatu alat musik yang sering menarik perhatian orang-orang yang mendengarnya, bukan hanya karena suaranya yang bagus tetapi juga karena Biola merupakan alat musik yang tidak pasaran alias tidak se-mainstream gitar. Apabila dalam artikel sebelumnya saya menjelaskan bagaimana cara belajar memainkan biola secara otodidak, di artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara merawat dan membersihkan alat musik yang manja satu ini.

Cara Merawat dan Membersihkan Biola
Google Image - Cara Merawat dan Membersihkan Biola


Merawat dan membersihkan biola merupakan hal yang penting apabila kita ingin memiliki alat musik yang satu ini. Karena faktor kebersihan dan perawatan ini berpengaruh kepada suara yang dikeluarkan alat musik iniloh, jadi apa saja hal yang harus kita perhatikan dalam merawat dan membersihkan biola ialah sebagai berikut:


Tips dan Cara merawat dan membersihkan Biola


1. Merawat biola :

Jangan sampai lembab
Jagalah biolamu agar tidak lembab. Kita semua tahu bahwa biola merupakan alat musik yang terbuat dari kayu, dan apabila kayu itu lembab dapat berpengaruh kesuara loh jadi jagalah biolamu selalu kering, jadi usahakan setelah anda memainkan biola langsung masukan saja ke casenya kembali, tapi case biolanya harus kering ya. Kalau bisa kalian dapat menambahkan satu atau dua buah silica gel didalam case biolanya.

Bow jangan terlalu kencang
Para pemain biola pasti tau bow kan? Bow ialah alat untuk menggesek biolanya. Ketika kita memakai bow dimohon kepada para violinist,untuk tidak terlalu mengencangkan hair bownya, kenapa begitu? Karena apabila kita terlalu sering menggunakan bow dengan intensitas kekencangan yang berlebih itu dapat memperpendek umur bow biola kita, dan dapat membuat hair bow menjadi cepat kendur yang akan buat kita tidak nyaman saat memainkan biola. Jadi buat para violinist untuk tidak keterlaluan saat mengencangkan bow ya, dan budayakan mengendurkan kembali apabila bow telah digunakan.

Jangan sampai terkena air
Ya ini merupakan hal yang fatal apabila tidak diantisipasi dengan benar. Apabila terkena air suara biola yang kalian miliki akan menjadi tidak seindah saat biola belum terkena air. Tetapi apabila biola kalian ada yang sudah terlanjur terkena air dan basah disini saya akan membagi tips cara untuk menjemur biola.
a. Kendurkan semua senar biolanya, anda juga boleh melepasnya
b. Jemurlah biola ditempat yang terkena sinar matahari pagi ( ingat hanya boleh matahari pagi ) selama 15-30 menit.


Jagalah selalu kebersihan biolamu
Ya setelah dimainkan mohon untuk selalu membersihkan biolanya ya. Karena faktor kebersihan juga berpengaruh kepada suara yang dihasilkan oleh alat musik biola. Selalu ingat untuk membersihkan senar, bow, dan biola setelah memainkannya, apabila tidak dibersihkan maka sisa-sisa rosin akan menyebabkan bekas yang susah dibersihkan pada bodi biola, dan sisa rosin yang menempel di senar dapat menyebabkan senar gampang putus dan menghasilkan suara yang tidak stabil. 

2. cara membersihkan biola :

cara membersihkan badan biola
jika kalian ingin membersihkan biola jangan sesekali menggunakan air, belilah cairan khusus pembersih biola di toko musik terdekat, caranya cukup ditetesi di kain yang lembut lalu usapkan pelan-pelan di badan biola. Jika kalian tidak dapat membeli cairan khusus itu kalian dapat mengelap biasa biola kalian dengan kain lembut ataupun tisu sebagai pengganti kain, jangan lupa untuk selalu membersihkan sisa rosin yang terdapat pada badan biola setelah memainkannya.

Cara membersihkan senar biola
Caranya cukup sederhana, dengan cara mengelapkan kain lembut atau tisu pada bagian senar yang terdapat sisa rosin. Hal ini memang sepele kelihatannya, tetapi ini merupakan hal yang penting dan tidak boleh dianggap remeh, karena apabila terdapat sisa rosin di senar biola dapat mempengaruhi suara yang dihasilkan dan memperpendek umur senar tersebut alias cepat putus.

Cara membersihkan bow biola
Bow merupakan alat penggesek biola, jadi ini merupakan hal yang penting juga dalam menjaga kebersihannya. Ingat, jika ingin membersihkan bow kalian hanya harus mengelap gagangnya saja, tetapi hair bow nya jangan dipegang pakai tangan kosong, karena keringat yang terdapat pada tangan kita dapat menyebabkan hair bow biola berubah warna menjadi warna hitam, jadi hanya bersihkan gagangnya saja dan jangan sering memegang hair bow secara langsung.

Cara membersihkan case biola
Tidak ada cara khusus dalam membersihkan case atau wadah biola, kalian hanya cukup membersihkannya dengan kuas atau sapu kecil, bahkan bisa juga dengan vacum cleaner mini. Jangan sesekali membersihkan case biola dengan kain basah ataupun air, karena dapat menyebabkan case biola basah atau lembab yang dapat berdampak buruk bagi biola anda.

Cara merawat dan membersihkan Biola - Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai cara merawat dan membersihkan biola, semoga cara ini dapat berguna bagi kalian yang ingin membeli alat musik biola atau pun yang sudah mempunyainya namun masih bingung bagaimana cara merawatnya serta membersihkannya. Jangan lupa untuk terus belajar dan jangan takut untuk mulai belajar, siapa tau ke depannya anda sekalian dapat menjadi orang yang sukses  dibidang musik. Sekian dari saya, semoga bermanfaat, dan teruslah belajar.

Related Posts