Cara Belajar Main Drum Pemula dengan Mudah

CaraBelajar Main Drum Pemula dengan Mudah - Drum adalah alat musik yang termasuk kedalam alat musik perkusi. Di dalam permainan musik pop, rock, dan jazz biasanya menggunakan drum sebagai penentu tempo dan juga ketukan dasar dari sebuah komposisi permainan lagu. Apa itu drum?drum kit atau drum set adalah sekelompok drum yang tersusun terdiri dari snare, hi hat, tom,tom, tom floor bass drum, dan kadang ditambah dengan drum listrik. Tidak ketinggalan juga ada piringan yang terbuat dari bahan metal yang berwarna keemasan yang biasa disebut dengan nama cymbal. Nah, cymbal setidaknya ada 3 buah pada drum kit, yaitu crash, ride, dan hi-hat. Nah, bagi anda yang ingin mahir bermain drum, anda perlu mengetahui dulu teknik-teknik dasar bermain drum. Siapa tahu anda bisa menjadi drummer avenged sevenfold yang selanjutnya atau mungkin bisa menjadi drummer terbaik abad ini.
 
Cara Belajar Main Drum Pemula dengan Mudah
google image - Cara Belajar Main Drum Pemula dengan Mudah

Tentu saja dalam bermain drum ada banyak sekali teknik dasar yang wajib anda ketahui mulai dari dari posisi duduk hingga cara memukulnya. Jadi ingat, memukul drum tidak asal lho, semua ada tekniknya tak segampang seperti yang anda lihat di video atau televisi, Tapi tenang saja, semua bisa karena terbiasa. Jadi, anda perlu belajar sungguh sungguh, mereka yang sekarang mahir dan pandai bermain drum juga dulunya adalah pemula seperti anda. Hebat atau tidaknya anda dalam bermain drum bergantung pada berapa lama anda berlatih drum secara rutin. Lebih baik anda mulai berlatih 1 jam perhari dari pada 12 tapi hanya seminggu sekali. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini saya akan memebrikan beberapa teknik dasar dalam bermain drum agar anda bisa menjadi drummer yang handal dan juga mahir. Dan anda bisa menggunakannya untuk referensi ketika belajar drum di kemudian hari ketika anda sudah mahir. Teknik dasar akan menentukan kualitas permainan anda. Semoga bermanfaat.

Cara Belajar Main Drum Pemula dengan Mudah


Tegak Ketika Duduk

Posisi duduk anda haruslah tegak agar anda bisa mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai ketika bermain drum. Anda bisa tegak dan terlatih tegak akan memberikan tenaga tambahan ketika anda sedang bermain drum dalam waktu yang cukup lama. Jadi jangan membungkuk atau terlalu tegak kebelakang. Tegaklah agar anda mampu mendapatkan seluruh bagian dari drum. Dan power ketika bermain drum dengan baik dan benar juga. Tak usah memperdulikan posisi yang tidak biasa. Anda bisa melakukannya secara terus menerus dan memaksa anda yang terbiasa bungkuk menjadi tidak bungkuk lagi dalam duduk. Cobalah untuk disiplin dalam posisi tegak ini.

Ibu Jari Tumpuan Stick

Nah, jangan lupa ketika memegang stick drum, anda perlu membuat sesuatu yang benar agar mendapatkan tingkat ketebalan dalam bermain drum dengan baik. Yaitu dengan menempatkan posisi ibu jadi pada bagian tengah stick drum anda. Jadi, anda yang sedang belajar harus paham ini dengan baik. Sisakan stick pada bagian belakang agar telapak tangan anda bisa membuka tutup untuk membuat stick anda melayang ketika menyentuh bagian drum. Jadi, ketika stick rum anda kembali anda cukup menangkapnya tak perlu menarik stik drum dengan menggunakan tenaga yang berlebihan. Anda pun bisa menghemat tenaga dalam memainkan drum anda.

Ada Dua cara dalam Memegang stick untuk memukul drum, yaitu: 
  1. Teknik Match Grip adalah memegang dengan posisi stick lurus agar mendapatkan tenaga yang cukup keras. Biasanya teknik ini digunakan para pemain professional pada genre lagu rock dan juga rock. Nah, bagi anda yang merupakan pemula teruslah belajar dengan teknik ini dengan benar.
  2. Teknik Tradisional Grip Teknik adalah memegang stick drum dengan cara menyamping dan sedikit lebih pelan. Tentu saja teknik ini memiliki tujuan untuk membuat suara atau tone yang lembut dan juga soft. Teknik ini biasa digunakan mereka yang merupakan drummer dari pemain musik jazz. dan swing.

Injak Pedal Bass Drum dengan Baik

Anda perlu menjaga pijakan anda agar terdengar baik, pada dasarnya pada permainan druma dan dua bagian yang penting yaitu pada bass drum dan snare. Jadi, ketukan anda harus pas dan juga sangat penting untuk konsisten. Misal anda salah atau lupa, anda pastikan bahwa anda tidak lupa dalam ketukan bass drum atau snare karena pada bagian tersebut akan menentukan tempo dari seluruh alat musik yang sedang bermain bersama dengan drum. 

Ada teknik dasar ketika menginjak pedal bass drum, yaitu:

  1. Full Kick - Anda bisa menggunakan seluruh bagian telapak kaki anda agar anda bisa menemukan sisi stabil dalam mengetuk sebuah bass drum. Dengan teknik ini, anda bisa menggunakan engsel mata kaki anda yang akan membuat anda menjadi lebih baik lagi. Tapi terkadang teknik ini cukup melelahkan karena akan membutuhkan tenaga banyak untuk menekan sebuah bass drum dengan tenaga tersebut. Hasilnya pun akan kurang bertenaga. Tapi, jika anda sedang konser, teknik ini sangat recommended karena akan sangat saving kekuatan kaki anda. Dan juga ketika konser pada bagian bass drum sudah ada mic jadi tak perlu kuat kuat.
  2. Half Kick - Anda menggunakan setengah kaki anda pada bagian dengan. Teknik ini menekankan engsel lutut sebagai tumpuan. Jadi, anda bisa mengangkat kaki anda keatas. Teknik ini akan memberikan anda kekuatan untuk menjadikan ketukan bass drum menjadi lebih bulat dan juga kuat. Untuk anda yang suka bertempo cepat, teknik ini sangat bagus karena akan membuat permainan anda konsisten dan terlihat jelas.

Hi hat adalah Pengatur Tempo

Nah, pada kaki kiri anda, anda perlu memainkan hi hat dengan benar. tidak hanya sebagai cymbal, hi hat merupakan sebuah pengatur tempo dan juga ketukan bagi para drummer. Ketukan dari hi hat harus jelas dan juga baik. karena memang dalam memainkan drum, anda perlu memberikan ketukan yang stabil dan tidak kurang atau kelebihan. Seperti halnya dalam permainan alat musik lainnya. Biasanya hi hat akan membagi bagian bagian dari permainan ke dalam bentuk beberapa bar dan akan diperjelas dengan membukanya hi hat. Dengan kata lain, anda perlu mengetuk hi hat yang tertutup lalu membukanya pada bagian terakhir sebelum memulai bar selanjutnya. Nah, menginjak pedal hi hat juga perlu dengan aturan tersendiri. Anda perlu menentukan open hi hat pada ukuran 0, 1/2, 1/4, 1 (full) karena hasil dari suara juga akan berbeda. 

Mulai dari Ketukan Dasar

Nah, bagi anda yang merupakan pemula sebaiknya anda belajar drum dari awal dengan baik dan benar. Mulai dari ketukan dalam permainan snare, seperti single stroke, double stroke, triplets, dan lain sebagainya. Tentu saja dengan ketukan tersebut, anda bisa mengatur permainan drum anda menjadi lebih baik lagi. Lalu, bisa anda lanjutkan dengan cara memadukan ketukan kaki kanan pada bass drum dan kaki kiri pada pedal hi hat, tangan kanan pada hi hat dan tangan kiri pada snare drum. Hitung ketukan hi hat sebanyak 8 kali lalu anda sisipkan ketukan bass drum pada 1 dan 5 dan ketukan snare drum pada hitungan ke 3 dan 7. Hitung berulang ulang dengan hi hat juga. 


Nah itu tadi CaraBelajar Main Drum Pemula dengan Mudah yang bisa anda gunakan sebagai pedoman ketika ingin belajar bermain drum dengan baik dan benar. Nah, jangan lupa untuk membaca juga Belajarcajon akustik pada lagu indo dengan mudah yang bisa anda gunakan sebagai pedoman ketika anda belajar bermain drum duduk cajon atau kahon. Semoga bermanfaat, bagi anda yang ingin tahu seputar dunia musik, kunjungi terus belajarmusiku.com. Sekian dan terimakasih.

Related Posts