Cara Bermain Biola dengan mudah untuk Pemula Otodidak

Cara Bermain Biola dengan mudah untuk Pemula Otodidak - Bisa memainkan biola merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Tak sedikit orang yang menyerah akibat tidak mengetahui bagaimana cara memainkan biola. Namun, berikut ini adalah cara mudah bermain biola. Yuk kita simak baik baik.


Cara Bermain Biola dengan mudah untuk Pemula Otodidak
Google Image - Cara Bermain Biola dengan mudah untuk Pemula Otodidak

Tips dan Cara Memainkan Biola

Letakkan Biola di Pundak Kiri

Nah untuk kita sebagai pemula biasanya akan bertanya- tanya, kenapa harus dipundak??. Dan pertama pasti akan aneh rasanya. hehehe wajar, mungkin karena kita terbiasa memainkan alat musik berdawai dengan diletakkan diatas paha seperti gitar dsb. Nah, sekarang harus dipundak?? kenapa?? . Alasannya adalah agar kita lebih mudah dalam menggesek senar. Biar bow tidak nyangkut serta lebih maksimal dalam menggunakan bow. Kalau merasa sakit dipundak bisa menggunakan kain agar nyaman atau shoulderrest khusus untuk biola.  

Pegang Bow

Perhatikan gambar diatas, gambar diatas menunjukkan posisi bow yang benar. kalau kita merasa sulit untuk memegang bow dengan posisi seperti itu, kalian bisa memegang dengan kenyamanan tersendiri. Nah, nanti kalau sudah enak atau nyaman dan mahir, kita bisa mengganti posisi yang benar seperti diatas. Intinya bow dipegang dulu. tapi sebenarnya ada keuntungannya ketika memegang biola dengan cara tersebut lho. Yaitu kita bisa lebih konsisten dalam menggesek biola dan tidak seret. 

Gesek senar dengan Bow

Untuk pemula seperti kita, lebih baik berlatih dalam menggesek senar menggunakan bow tanpa ditekan dulu. Ingat menggesek senar biola harus sabar dan terampil. Tempel bow pada senar pertama dan gesek perlahan atas bawah bergantian. terus pindah kesenar ke 2 dan seterusnya. Latihan rutin ini akan membuat kita terbiasa dalam menggunakan bow secara baik dan benar. usahakan jangan sampai 2 senar bunyi bersamaan dalam menggesek.


Tekan dan Gesek

Tekan senar pada fretboard secara perlahan dan cari nada sesuai dengan melodi yang diinginkan. Latihan feeling dalam memainkan biola sangat diperlukan. Latihan yang bisa kita lakukan adalah mencari solmisasi persenar dulu. Do re mi fa sol la si do. Ingat per senar dulu. Los senar sebagai Do lalu cari senar solmisasi berikutnya. contoh, senar pertama berloskan E, kita bisa mencari re, mi, fa, sol, la, si, dan do terakhir. Kalau belum yakin gunakan keyboard, gitar atau bahkan aplikasi dalam komputer atau android. ketika sudah lancar, kita bisa cari kombinasi solmisasi antara senar atas dan bawah. Tekan lalu gesek senar keatas dan kebawah.

Tiru Melodi Kesukaan

setelah dirasa bisa solmisasi, kita bisa mulai mencari melodi melodi sederhana lalu mainkan dengan biola. Kita bisa mulai memainkan dengan lagu yang kita suka atau melodi yang ringan dan mudah. Hal yang kita senangi akan memberikan semangat tersendiri dalam belajar memainkan biola. Apalagi lagu yang akan kita pelajar adalah lagu kesukaan, pasti kita akan lebih semangat. Selain itu, kita akan lebih paham mengenai lagu kesukaan kita.


Cara Bermain Biola dengan mudah untuk Pemula Otodidak - Latihan rutin akan membuat kita lebih nyaman dan mahir dalam memainkan biola. Baca juga Musik Klasik Mozart dan manfaatnya yang bisa membuat anda mengerti akan manfaat dari seni musik yang sangat berkelas. Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan kita dalam bermusik. Semoga bermanfaat. Kunjungi terus belajarmusiku.com dan temukan semua materi seputar dunia musik. Sekian dan Terimakasih.

Related Posts