5 Perlengkapan Penting dalam Studio Recording atau Rekaman

Belajar Musik - 5 Perlengkapan Penting dalam Studio Recording atau Rekaman - Studio Recording adalah tempat yang telah disediakan untuk merekam atau mengambil suara. Nah, biasanya didalam sebuah studio rekaman tersebut sangatlah penting terdapat hal hal yang menunjang seputar peralatan musik dan alat musik yang baik.

5 Perlengkapan Penting dalam Studio Recording atau Rekaman
Google Image - 5 Perlengkapan Penting dalam Studio Recording atau Rekaman
Kalau secara professional, memang alat yang dibutuhkan sangatlah banyak, beragam, dan mahal tentunya. Tapi, untuk kalian yang minim budget atau rendah keuangan, bisa mengumpulkan minimal beberapa alat penting berikut untuk menunjang proses rekaman anda dengan baik tentunya. Nah, kesempatan kali ini saya akan membahas 5 perlengkapan penting dalam studio rekaman yang dapat anda aplikasikan dalam home recording anda. Semoga bermanfaat.



5 Perlengkapan Penting dalam Studio Recording atau Rekaman

Ruangan Akustik

Hal terpenting dan paling utama adalah ruangan yang memadahi proses rekaman anda. Ruangan yang cocok untuk rekaman biasa disebut dengan ruang akustik. Ini tidak berarti full dengan kedap suara sehingga ruangan tersebut tidak dapat mentransfer suara dengan baik. Ada yang kurang paham, dan hanya berpikir mengenai kedap suara yang baik dengan mengisi karpet tebal secara keseluruhan keseluruh bagian dari ruangan tersebut.

Ruangan tersebut biasa terbagi menjadi 2, yakni ruang untuk input dan ruang kontrol. Ruang input berbentuk seperti layaknya studio musik biasa yang berisi dengan alat alat musik seperti drum, keyboard, gitar, dan alat musik lainnya. Ruangan tersebut digunakan untuk mengambil suara atau input suara agar menghasilkan suara clean dan tak bercampur dengan suara suara yang lainnya.
Sedangkan ruangan control adalah ruang yang berisi alat alat control untuk mengatur suara menjadi baik dan lebih easy listening.


Alat musik Standar

Alat musik yang dibutuhkan dalam proses recording adalah seperti gitar, bass gitar, keyboard dan juga mic. Alat alat tersebut bisa digunakan untuk membuat komposisi musik yang lebih baik dan juga menarik. Ada studio recording yang tidak memberikan alat alat musik secara real. Mereka hanya menggunakan komputer seperti aplikasi midi atau alat musik virtual yang bisa menghasilkan suara menyerupai dengan alat musik sebenarnya. Namun, kualitas dari hasil suara tersebut pun berbeda dan tidak sebagus ketika menggunakan alat musik asli. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa alat musik sangatlah perlu untuk kita miliki ketika akan merekording lagu yang kita inginkan.


Komputer

Komputer sangat penting ketika kita akan membuat lagu dalam rekording. Standar komputer yang dibutuhkan minimal bisa menjalankan software software recording. Jadi, kalaupun lebih bagus dan lebih terkini tentunya akan membuat pekerjaan anda menjadi semakin cepat dan juga bagus.Komputer adalah alat pokok yang digunakan untuk editing lagu secara keseluruhan. Jadi lebih baik anda memiliki komputer dengan spesifikasi tinggi ya. Untuk anda yang suka dengan pekerjaan dengan mobilitas tingkat tinggi, anda bisa menggunakan laptop atau notebook. Tentunya dengan spesifikasi yang memadahi juga yaa. Jadi, anda bisa mengerjakan mastering dan mixing lagu dimanapun dan kapanpun anda mau.


Soundcard External dan Flat Speaker

Soundcard External juga penting. Jadi, anda yang ingin recording sangat perlu menggunakan alat yang satu ini. Ini sangat penting sekali. Jadi, alat ini bisa menghubungkan antara alat musik dan komputer. Tentunya, alat ini sangat recommended untuk anda. Dengan soundcard external alat musik anda bisa masuk ke komputer dengan baik dan mudah. Suara dari alat musik akan di transfer dan merubah suara alat musik menjadi suara virtual dan dapat di edit di komputer.

Flat speaker adalah alat yang dapat anda gunakan untuk memonitoring suara yang masuk dan perlu sekali ketika editing. Jadi, maksud dari flat speaker adalah speaker yang datar tidak melebih lebihkan suara bass, suara treble maupun mid. Jadi, kita bisa mengedit suara dengan speaker datar. Jika kita ingin menciptakan lagu dengan baik. Maka flat speaker sangat penting dan wajib. Jadi, ketika kita menciptakan lagu dengan editan terbaik di flat speaker, maka ketika dengan speaker subwoofer maupun multimedia speaker akan menjadi lebih baik lagi. Memang harga alat ini juga gak murah, namun sekarang tersedia juga flat speaker bentuk headphone jadi lebih simpel.


Condensor Microphone (Mic Condensor)

Ini adalah alat yang penting sekali dalam dunia recording dan mixing. Jadi, alat ini berbeda dari mic biasa. Mic ini sangat sensitif sehingga suara sekecil apapun bisa masuk kedalam mic tersebut. Konon, mic ini sangat mudah rusak apabila terjatuh. Jadi, berhati hati dalam menggunakannya. Jangan lupa stand dan juga pop filter ( saringan udara ) yang bisa mengurangi angin yang dihasilkan ketika bernyanyi. Alhasil, suaranya pun akan merdu, mudah diedit dan juga enak untuk dinikmati.



5 Perlengkapan Penting dalam Studio Recording atau Rekaman - Nah, itu tadi beberapa alat yang bisa anda gunakan untuk menciptakan studio recording dirumah anda. Jadi, bisa anda mulai menabung untuk membeli alat tersebut satu per satu ya. Semoga bermafaat, sekian dan terimakasih.
Sherly Tiara Diva
Lulusan Sastra Bahasa Inggris dari salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia.

Related Posts