Tahapan Belajar Musik Keyboard Untuk Pemula

Tahapan Belajar Musik Keyboard Untuk Pemula - Bermain alat musik pasti akan menjadi salah satu kemampuan yang menyenangkan sekaligus membanggakan bagi sebagian orang. Selain kita bisa mengekspresikan diri dengan nada-nada yang dialunkan, bermain alat-alat musik bisa menjadi pilihan hiburan. Artikel kali ini akan membicarakan mengenai belajar keyboard guna pemula.

Saat ini sangat banyak sekali orang yang ingin belajar memainkan alat musik keyboard. Namun mereka menemukan sekian banyak  kesulitan dalam belajar memainkan alat musik keyboard seperti contoh nya “Bagaimana dan apa yang kita lakukan untuk mengawali belajar bermain alat musik keyboard?”, dan masih banyak lagi masalah serta pertanyaan dari para pemain keyboard pemula.

Terlebih lagi belajar musik khususnya keyboard terkadang ada beberapa factor yang bisa membuat jenuh karena menguras waktu yang tidak singkat dan minimnya info musik. Namun jika kamu memang benar-benar serius ingin belajar alat musik keyboard, semua fikiran negatif itu harus anda buang jauh. Karena semua perlu proses, semua perlu waktu untuk mempelajari setiah tahap-tahap nya. Dengan kesabaran dan ketekunan, maka anda akan dapat mempelajari semuanya tahap-tahap nya tentang bagaimana belajar alat musik keyboard. Apa sih alat musik keyboard itu?


Google Image - Tahapan Belajar Musik Keyboard Untuk Pemula


Keyboard adalah alat musik yang dimainkan sama seperti memainkan piano, dimana keduanya terdiri dari tuts - tuts nada yang dimainkan dengan cara ditekan. Jika dikomparasikan dengan piano, Keyboard mempunyai lebih banyan dan beragam suara, contoh nya seperti suara terompet, seruling, gitar, biola, bahkan hingga perkusi. Dengan alat musik keyboard, kita bisa menyajikan hiburan musik layaknya suatu band lengkap dengan alat musik yang satu ini. Banyak dari para musisi yang lebih memilih menggunakan alat musik keyboard, karena memang alat musi yang satu ini memiliki keunggulan dibandingkan alat musik piano. Oke biar nggak pada penasaran langsung aja kita ke artikel Tahapan Belajar Musik Keyboard Untuk Pemula.



Tahapan Belajar Musik Keyboard Untuk Pemula

 

1. Kenali Bagian dan Fungsi Piano

Sama halnya ketika kamu akan menjalin hubungan percintaan, hal pertama yang anda lakukan adalah untuk mengenal terlebih dahulu pasanganmu. Semakin banyak kamu mengenal pasanganmu, pasti saja semakin baik untukmu. Konsepnya sama, andai kamu hendak belajar piano maka mesti tahu unsur dan faedah piano atau keyboard yang akan anda pelajari. Karena konsep seluruh alat musik sama, maka kamu mengetahui terlebih dahulu nada apa saja dan dimana letaknya. Kalau sudah memahami tentang tangga nada, maka bakal lebih gampang mempelajari piano. Namun tidak boleh khawatir untuk anda yang belum tahu, kamu dapat mempelajarinya benar-benar dari nol.

Tips : Jika anda mempunyai keyboard untuk latihan, maka tulislah nama tangga nada pada keyboard yang berwarna putih dengan spidol hitam cocok dengan nama setiap nada; dari nada Do hingga Do, dapat dangan huruf atau angka; Do = C atau Do = 1.

2. Belajar Menyanyikan Lagu Dengan Not Keyboard

Belajar mendendangkan lagu dengan piano, yang dimaksud disini adalah menyanyikan lagu melalui not alat musik keyboard dengan teknik menekan tuts keyboard /papan keyboard satu demi satu. Konsepnya sama laksana orang menyanyi lewat mulut, namun disini anggap saja anda sedang menyanyi lewat keyboard. Hal ini diyakini bisa menambah keterampilan dan skill anda bermain alat musik keyboard, karena dengan cara ini kalian bisa lebih mendalami sebuah lagu yang kalian pilih lalu kalian mainkan melalui alat musik keyboard.

Tips; Belilah kitab lagu-lagu perjuangan yang didalamnya di samping lirik terdapat nadanya. Pelajari terlebih dahulu lagu-lagu dengan tempo lambat laksana “Ibu Kita Kartini“.

3. Belajar Cord keyboard

Jika anda sudah paham dengan tangga nada pada keyboard, kini saatnya anda mempelajari kord keyboard atau kunci keyboard. Kord keyboard ialah 3 atau lebih not keyboard yang dimainkan secara bersama-sama. Kord keyboard bermanfaat sebagai pengiring menyanyi. Misalnya kord C terdiri dari 3 nada yakni C-E-G atau andai dengan angka ditulis 1-3-6. Dengan cara ini kalian bisa lebih berimprovisasi saat anda bermain alat musik keyboard. Hal ini terjadi karena anda sudah memahami dan hafal tentang chord-chord yang ada pada alat musik keyboard yang anda mainkan.

Tips; Pelajari kord yang tidak memakai not hitam piano terlebih dahulu. Kord-kord laksana C, G, Am dan F usahakan dipelajari terlebih dahulu.

4. Belajar Menyanyikan Lagu Lewat Not keyboard Sekaligus Diiringi Kord keyboard

Pada tahap ini usahakan anda sudah menguasai tahap kesatu dan tahap kedua, sebab tahap ini sebenarnya ialah gabungan antara kedua tahap tersebut. Pada tahap ini anda diminta untuk mendendangkan lagu lewat not keyboard sekaligus diiringi kord keyboard secara bersamaan. Dengan cara yang satu ini bisa menumbuhkan keahlian anda bermain alat musik keyboard sekaligus melatih fokus anda saat bermain alat musik keyboard. Hal ini terjadi karena anda tidak hanya bermain alat musik keyboard tetapi anda juga sambil bernyanyi. Jadi ketika anda melakukaj hal ini secara tidak langsung anda bisa belajar dua hal yaitu belajar bermain alat musik keyboard sekaligus melatih kualitas suara anda.

Tips; Pelajari lagu-lagu dengan kord C-G-Am-F atau variasinya.


Itulah sejumlah langkah dan tips belajar alat musik keyboard untuk pemula. Belajar bermain keyboard sebetulnya relatif lebih gampang dibanding perangkat musik lainnya. Jika anda masih kesulitan, dapat juga sambil menyaksikan tutorial bermain piano di Youtube. Langkah dan tips itu sebenarnya lumayan mudah untuk diikuti, namun memang memerlukan kesabaran. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah pengetahuan anda tentang alat musik keyboard dan cara memainkannnya. Terima kasih sudah membaca, dan selamat mencoba!.


Related Posts