Apa itu Truss Rod dan Fungsinya Pada Gitar

Apa itu Truss Rod dan Fungsinya Pada Gitar - Ada yang tau apa yang dimaksud dengan Truss Rod? Truss rod adalah batang besi yang ada pada alat musik gitar. Lebih tepatnya berada didalam neck gitar, banyak sekali orang tidak memahami apa tersebut truss rod sebab letaknya yang berada didalam dan tidak tampak maka jarang orang yang memanfaatkan truss rod. Sebenarnya trus rod sendiri memiliki fungsi yang fital untuk ke awetan gitar, namun tidak seluruh gitar mempunyai truss rod itu sendiri.

Untuk digitar elektrik seringkali hampir disemua gitar memiliki truss rod pada neck gitarnya, kecuali untuk gitar akustik yang  tidak selalu ada truss rod. Jika di gitar akustik memiliki truss rod relatif lebih mahal dari pada gitar biasa yang tidak mempunyai truss rod.



Google Image - Apa itu Truss Rod dan Fungsinya Pada Gitar



Untuk melihat ada atau tidak nya truss rod pada suatu gutar dapat dilihat dari beberapa cara. Salah satu nya dianalisis dari corak dan bentuknya, tentu kamu juga bakal menyeleksi gitar dari jasmani maupun kelengkapannya. Salah satu pemeriksaan  yang mesti dilakukan ialah dengan pemeriksaan  pada situasi stang gitar atau neck gitar, nah kali ini saya akan mengupayakan menerangkan tidak banyak tentang batang besi yang terdapat di dalam neck gitar atau tidak jarang disebut “truss rod”.

Kebanyakan orang tidak begitu tahu mengenai truss rod atau besi yang melintang di stang gitar, sebab secara jasmani tidak tampak dan memang tertanam di tengah-tengah stang gitar.

Adapun fungsinya ialah sebagai perangkat penyetem kelengkungan stang gitar. Dari sini tentunya dapat anda simpulkan, bila kamu membeli gitar dan menganalisis ternyata stangnya melengkung, eits.. tidak boleh keburu-buru bilang gitarnya ngak bener bos, tersebut bukan berarti gitarnya cacat atau tidak bagus, teliti dulu barangkali cuma penyetelan atau setting dari truss rod yang tidak cukup pas dan tidak kena di hati kita.

Sebetulnya tidak sedikit sekali faktor-faktor yang memprovokasi stang gitar jadi melengkung, salah satunya sebab cuaca yang lama kelamaan menciptakan kayu jadi melengkung, sebab mutu kayu yang tidak cukup bagus sehingga gampang tertarik ketegangan senar gitar, ataupun perlakuan-perlakuan dari empunya yang tidak cukup hati-hati sehingga mengakibatkan setang melengkung. Oke jika sudah mengerti tentang apa itu truss rod pada gitar langsung saja kita ke artikel Apa itu Truss Rod dan Fungsinya Pada Gitar.


Apa itu Truss Rod dan Fungsinya Pada Gitar

 

Macam-macam truss rod

Ada sekian banyak  macam truss rod yang beredar dipasaran, untuk itu saya bakal memberitahukan 
beberapa macam truss rod yang ada, antara lain :

Single truss rod
Non-adjustable truss rod
Dual Action truss rod
Double truss rod dan lainnya

Mengapa gitar butuh dipasang truss rod?

Pada prinsipnya posisi setang gitar tak ubahnya seperti suatu kurva atau lengkungan yang ditarik secara horisontal oleh senar gitar, sampai-sampai lama-kelamaan tentu posisi kayu jadi tembah melengkung jika kita menggunakan senar yang bertegangan kuat. Maka dari itu truss rod sangat perlu digunakan pada alat musik gitar.

Beberapa orang memandang bahwa.

1. bila truss rod tersebut memperkuat batang neck gitar (tidak tepat)
2. andai neck gitar akustik yang menggunakan truss rod (khususnya) andai melenting dapat disetel lagi (tidak selalu)
3. Jika terdapat gitar akustik menggunakan truss rod dapat dipastikan aman dan mantap (tidak sepenuhnya benar)

Lalu apasih fungsi yang sebenarnya truss rod pada sebuah gitar?

Fungsi truss rod sebenarnya adalah untuk menata kelengkungan pada gitar. Karena seperti kayu pada umumnya jika lama kelamaan ia bakal memuai, sebab berkurangnya kadar air pada gitar tersebut. yang mengakibatkan neck gitar menjadi lebih lengkung dari sebelumnya, sehingga menciptakan jarak senar dengan fret board menjadi lebih tinggi. Hal ini mengakibatkan anda susah untuk mengurangi senar pada gitar. Oleh karena itu, truss rod di pasang pada neck gitar, andai suatu ketika neck gitar terlampau lengkung, kamu dapat mengaturnya kembali supaya seperti semula. Tapi seiring lamanya gitar yang anda gunakan, ada kalanya juga truss rod pada gitar tersebut telah tidak bermanfaat lagi, efeknya neck gitar anda jadi tidak dapat diatur cocok keinginan. Jadi inti nya fungsi truss rod pada gitar adalah agar gitar tidak melengkung dan menarik senar gitar karena lengkungan kayu gitar itu sendiri.

Cara untuk menyetel truss rod pada gitar

Coba lihat dibagian kepala stang gitar anda, atau justeru dibagian pantat stang gitar, disana akan kamu dapati besi penyetel neck atau truss rod. Jika kamu tidak mendapati besi tersebut barangkali lobangnya tertutup dengan plastik atau benda lainya (jika masih bingung search truss rod di tulisan sebelumnya, disana terdapat gambar letak truss rod). Jika kamu sudah mendapati besi tersebut, simaklah mur pemutarnya, seringkali untuk memutar batang truss rod menggunakan kunci L. Jika kamu sudah mendapat kunci L yang pas, maka kerjakan percobaan sebagai berikut:

Putar kunci L kekanan sehaluan dengan jarum jam maka neck gitar akan pulang menjadi cembung.
Putar kunci L kekiri bertentangan dengan arah jarum jam maka neck gitar bakal merubah menjadi cekung.

Nah dengan cara diatas maka kamu dapat mengerti, bagaimana caranya supaya stang gitar berposisi menjadi cekung atau cembung atau memposisikan stang gitar menjadi flat mendatar. Jika kamu bertanya posisi mana yang menjadi standart untuk kelengkungan stang gitar. Jadi menurut keterangan dari beberapa orang yang ahli mengenai alat musik gitar adalah posisi kelengkungan yang standart adalah tergantung pribadi orang yang memainkan alat gitar itu sendiri.


Oke itu tadi artikel tentang Apa itu Truss Rod dan Fungsinya Pada Gitar. Semoga dengan kalian membaca artikel yang kami tulis ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda seputar alat musik gitar. Sekian dari kami, kami ucapkan terima kasih.   



Related Posts