Inilah Jenis Suara Vokal Pria atau Laki-Laki

Inilah Jenis Suara Vokal Pria atau Laki-Laki - Suara berasal dari getaran pita suara saat manusia berkata atau mengeluarkan suara. Kemampuan getaran suara itu berbeda-beda. Beberapa orang barangkali memiliki keterampilan menggetarkan pita suara sampai-sampai dihasilan nada suara rendah dan dalam. Sebagain yang lain barangkali saja mempunyai suara tinggi. Kemampuan tersebut, harus dipahami dengan benar oleh seorang penyanyi. Jangan sampai, nada lagu yang akan mereka nyanyikan melebihi atau tidak cukup dari keterampilan asli si penyanyi itu sendiri.

Bagi orang yang suka bernyanyi, di samping mempelajari suara vocal, wajib untuk memahami jenis suara vocal yang anda miliki. Dengan demikian, kamu bisa membantu orang atau penyanyi yang belum mengetahui jenis suara vocal yang ia miliki untuk memperlancar proses latihan. Di samping itu, bila kamu mengetahui jenis suara anda, pasti akan paling menguntungkan kamu saat kamu harus bernyani dengan vocal grup atau paduan suara karena kamu bisa langsung menilai nada apa yang akan kamu bawakan. Jenis suara vocal terbagi menjadi dua, yaitu antara jenis suara vocal laki-laki dan perempuan. Sebenarnya membedakan jenis suara vocal satu ke jenis suara vocal yang lain tidak lah terlalu sulit. Kita mendengarkan dengan seksama sebenarnya sudah bisa membedakan jenis suara vocal apa yang orang yang kita dengarkan. Hanya saja itu semua butuh pengetahuan mengenai jenis-jenis suara vocal.

Tidak seluruh suara manusia dapat disebut vokal, misalnya mendengkur. Meskipun mendengkur adalah suara yang didapatkan manusia dan sehubungan erat dengan proses pernafasan, tetapi mendengkur bukan suara yang secara sadar terbit untuk destinasi keindahan. Dengan kata lain, vokal sudah tentu menjadi unsur dari suara, tetapi suara belum pasti masuk kriteria vokal. Untuk singkatnya berarti vocal memiliki suara atau nada yang enak di dengarkan oleh telingan. Apa yang dimaksud suara vocal?
 
  
Google Image - Inilah Jenis Suara Vokal Pria atau Laki-Laki



Suara vokal adalah bunyi bahasa yang didapatkan dengan getaran pita suara dan tanpa penyusutan dalam drainase suara di atas anak tekak. Berdasarkan keterangan dari penulis, definisi vokal ialah suara yang didapatkan oleh insan (getaran pita suara) dengan pertolongan proses pernafasan dan bertujuan guna keindahan (estetis).

Laki-laki mempunyai jenis suara satu oktaf lebih rendah daripada perempuan. Setiap suara pasti memiliki karakteristik atau ciri khas masing-masing. Maka dari itu, perlu dilaksanakan klasifiksi suara supaya bisa memahami jenis suara anda. Klasifikasi tersebut dapat terbagi menurut berat suara, timbre suara, dan titik transisi vocal. Dengan adanya klasifiksi tentu kamu bias menggolongkan suara kamu menurut jenisnya. Jenis suara vocal lelaki atau laki-laki terbagi menjadi 4 jenis, yakni Countertenor, Tenor, Bariton, dan pun Bas. Oke mempersingkat waktu langsung saja kita ke Jenis-Jenis Suara Vokal Pria atau Laki-Laki.



Inilah Jenis Suara Vokal Pria atau Laki-Laki

 

1. Countertenor

Tak selalu pria atau laki-laki saja yang seringkali mempunyai jenis suara vokal countertenor ini, mayoritas wanita pun termasuk mempunyai jenis suara ini. Cakupan jenis suara vocal ini adalah sekitar 5 oktan, dengan nada yang sangat rendah mulai dari G1 sampai nada yang sangat tinggi menjangkau G6.

 

2. Tenor

Berdasarkan keterangan dari istilah, kata Tenor berasal dari bahasa latin “Tenere” yang berarti menahan. Tenor adalah jenis suara vocal dengan nada tinggi untuk laki-laki. Cakupan jenis suara vocal ini ialah nada rendah mulai dari C3 sampai A4. Jika biduan solo seringkali menggunakan nada C5. Beberapa biduan dengan jenis suara vocal ini mempunyai nada sampai batas terendah B2 sampai nada C5. Biasanya biduan dengan jenis suara vocal ini berdendang diiringi oleh sejumlah alat music laksana saksofon.

Nada tenor terendah di masing-masing tempat tampil berbeda-beda. Missal di opera, nada tenor terendah ialah hingga nada A2. Sedangkan di teater musical, nada tenor terendah ialah Bb2 dan Ab4. Berdasarkan rentang, warna suara atau timbre, berat suara dan ketangkasan suara, jenis suara vocal tenor terbagi menjadi 7 jenis yakni tenore contraltal, leggero tenor, tenor lyric, tenor spint, tenor dramatis, egangan dan baritenor.

 

3. Bariton

Bariton adalah jenis suara vocal yang umumnya dipunyai para pria. Nada yang didapatkan antara suara bas dan tenor. Berdasarkan keterangan dari istilah, kata Bariton berasal dari bahasa yunani yang berarti suara dalam. Cakupan jenis suara vocal ini ialah A2 sampai A4. Berdasarkan rentang, warna suara atau timbre, berat suara dan ketangkasan suara, jenis vocal ini terbagi menjadi 9 jenis yakni baritone Martin, Bariton Lyric, Coloratura Bariton, Kavalierbariton, heldenbaritone, Bariton Verdi, Bariton Dramatis, Bariton noble, dan bas baritone.

 

4. Bass

Bass adalah jenis suara vocal yang sangat rendah. Cakupan jenis suara vocal ini ialah antara E2 sampai E4. Sedangkan nada terendah dari jenis suara vocal ini ialah C2 sampai G4. Jenis suara vocal bass terbagi menjadi 4 jenis yakni bas profondo, bas cantante, bas buffo, dan bas baritone. Bas profondo bakal menghasilkan suara yang bersemangat dan bertenaga. Bas cantante bakal menghasilkan suara yang ringan. Bas buffo seringkali digunakan di opera komik. Sedangkan bas barirone menghasilkan suara yang kuat. Salah satu contoh yang meliki suara vocal bass adalah seorang dalang. Seorang dalang akan mengeluarkan suara vocal bass ketika sedang memainkan wayang nya. Hal itu dapat dilihat karena sang dalang tersebut akan mengeluarkan suara yang bersemangat dan bertenaga.


Oke Sob itu tadi adalah Jenis Suara Vokal Pria atau Laki-Laki. Mungkin dengan membaca artikel yang kami tulis ini anda bisa menilai sendiri suara vocal anda termasuk ke kategori suara vocal yang mana. Semoga dengan membaca artikel Inilah Jenis Suara Vokal Pria atau Laki-Laki yang kami tulis ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang perbedaan jenis-jenis suara vocal yang dimiliki oleh manusia. semoga bermanfaat, kami ucapkan terima kasih.





Related Posts