Cara Belajar Gitar Klasik Akustik dengan tips mudah

Cara Belajar Gitar Klasik Akustik dengan tips mudah - Selamat malam sobat gitaris. Begitu banyak model model gitar dan permainannya. Namun, kali ini kami akan sedikit mengulas tentang apa itu gitar klasik dan bagaimana tips cara belajar gitar klasik dengan mudah. 

Cara Belajar Gitar Klasik Akustik dengan tips mudah
Google Image - Cara Belajar Gitar Klasik Akustik dengan tips mudah

Gitar Klasik

Gitar klasik atau yang dalam bahasa asing disebut dengan classical guitar, merupakan salah satu jenis gitar yang sering disamakan dengan gitar "Sepanyol". Keberadaan gitar ini memang tidak asing di telinga kita. Gitar klasik memiliki peranan penting dalam dunia musik. Gitar ini memiliki beberapa aturan khusus dalam memainkan gitar tersebut. Selain aturan dalam memainkan gitar ini, gitar ini juga memiliki ciri ciri khusus dari bentuk, suara, dan juga bagian bagiannya.


Ciri Ciri Gitar Klasik

Gitar Klasik memiliki banyak keistimewaan yang sangat identik dengan gitar akustik ini. adapun ciri-ciri ini sebagai berikut:
  • Memakai 3 senar nilon (bukan tali nilon yaa) dibagian bawah dan 3 senar gitar layaknya gitar akustik biasa. 
  • Memiliki body lebih bulat seperti buah pir.
  • Memiliki fingerboard atau neck dengan ukuran yang jauh lebar dibanding gitar akustik biasa.
  • Pemasangan Tuning peg (pemutar senar) di headstock (kepala gitar) yang mengarah ke dalam bukan keluar seperti gitar akustik biasa.

Tips dan Cara Memainkan Gitar Klasik

Gitar klasik memiliki akor akor yang sama layaknya gitar akustik lainnya. Memainkan gitar klasik membutuhkan beberapa cara khusus yang sangat berbeda dari cara memainkan gitar akustik yang lain. adapun caranya sebagai berikut:

Posisi duduk

Posisi duduk menentukan seberapa lebar jangkauan jari jari kita didalam memainkan lagu lagu klasik. Terlebih lagi fretboard yang cukup lebar akan memaksakan jari kita untuk lebih lebar dalam mengejar 2 not atau lebih yang berada sangat jauh untuk dimainkan secara bersamaan.

Letakkan Gitar pada kaki kiri

Meletakkan gitar pada kaki kiri pada benda yang lebih tinggi akan membuat kita jauh lebih nyaman dalam memainkan gitar klasik. Dibutuhkan jari jari yang kuat untuk menekan not not pada fretboard gitar klasik. Jadi, tumpuan kaki kiri harus lebih kuat dan lebih dekat dengan badan agar mampu menyangga gitar dengan stabil. untuk gitaris klasik biasanya menggunakan foot stool (penyangga kaki).

Miringkan Gitar 45 derajat

Memiringkan gitar kurang lebih 45 derajat akan memudahkan kita untuk menggapai senar dengan cepat dan lincah. Memiringkan gitar juga dapat memberikan keuntungan dalam urusan kecepatan tangan kiri dalam bergerak. Hal ini terjadi karena tangan kanan dan kaki kiri kita akan menahan gitar agar tidak bergerak. Jadi, tangan kiri kita dapat bergerak lebih leluasa dalam memainkan senar pada fretboard.

Latihan Fingering Tangan Kanan

Dalam bermain gitar klasik, gitaris tidak menggunakan pick gitar. Jadi, fingering (penjarian) tidak hanya dilakukan oleh tangan kiri, melainkan tangan kanan juga. Tangan kanan untuk memetik membutuhkan latihan penjarian secara rutin juga. Ini karena setiap lagu klasik memiliki perubahan tempo yang bervariasi dan dinamis. Apabila kita tidak latihan rutin maka akan membuat tangan kanan kaku dan sulit untuk memetik senar gitar.


Cara Belajar Gitar Klasik Akustik dengan Tips Mudah - Demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga tips dalam belajar gitar klasik akustik dapat membantu sobat gitaris yang ingin belajar gitar klasik lebih baik lagi. untuk informasi lebih lanjut seputar dunia musik, kunjungi terus belajarmusiku.com. Sekian dan Terimakasih.

Related Posts