Synthesizer dalam Musik dan Cara Belajar yang Baik dan Efektif

synthesizer dalam musik dan cara belajar yang baik dan efektif - synthetizer atau yang biasa kita lihat sebagai keyboard, ternyata memiliki perbedaan yang cukup banyak. Synthetizer biasa digunakan oleh musisi professional karena ingin menunjukkan menunjukkan rasa musikalitas yang tinggi, memiliki kualitas suara berbeda dan bervariasi. synthesizer berbeda dengan keyboard biasa. Nah, bagaimana dengan kita? apakah hal tersebut juga bisa merubah masa depan permainan musik kita? tentu saja iya tapi perlu belajar dengan baik dan efektif tentunya. Bagaimana caranya? Mari kita simak tulisan berikut ini

Synthesizer dalam Musik dan Cara Belajar yang Baik dan Efektif
Google image - Synthesizer dalam Musik dan Cara Belajar yang Baik dan Efektif

Synthesizer dalam Musik dan Cara Belajar yang Baik dan Efektif

Synthesizer adalah alat musik berupa elektronik yang memiliki banyak fungsi seperti merubah warna suara, volume suara, karakter dan jenis suara bahkan mampu merubah tinggi rendahnya nada. synthesizer memiliki banyak fungsi, tapi Alat musik ini setidaknya memiliki 3 bagian penting yaitu Oscillator (Input), Filter(proses dan kontrol), dan Amplifier (output). Ketiga hal tersebut perlu kita pelajari dengan baik dan efektif.  

Belajar Oscillator

Disini oscillator yang berfungsi sebagai alat musik dan sekaligus sebagai input didalam synthesizer. Kita harus mempelajari secara baik dan benar. Kenapa? karena memainkan bagian input sangat penting karena akan menjadi dasar atau tumpuan daripada suatu melodi sebelum mereka di kontrol dan di edit hingga menghasilkan bentuk suara yang berbeda.


Filter 

Dibagian ini, kita sebagai pemula didalam dunia musik yang ingin memadukan synthesizer dengan alat musik lain perlu memilih jenis suara, volume, hingga karakter suara agar tidak terdengar aneh dan memperburuk kualitas permainan musik kita. Didalam sebuah band, memainkan synthesizer perlu kematangan tingkat tinggi. Kenapa? karena hasil suara yang kita pilih dari synthesizer akan menentukan masa depan daripada musik satu band tersebut. Oleh karena itu kita harus memfilter atau menyaring jenis suara apa yang kita akan gunakan.

Ada beberapa dasar yang perlu diketahui agar dapat memainkan bagian filter secara baik:

Lowpass  : memilah frekuensi atau jenis suara diatas titik batas yang dipilih(cut off) dan meneruskan frekuensi frekuentsi tersebut kebawah titik

Highpass  : berkebalikan dengan Lowpass, Filter ini memotong frekuensi yang berada pada bawah titik cutoff dan meneruskan frekuensi tesebut ke titik cut off (tengah dan perpotongan)



Bandpass : Filter ini meneruskan frekuensi pada titik cut off dan memotong frekuensi dibawah & diatas titik cutoff atau menyatukan dua suara menjadi satu.


Notch   : Kebalikan dari Bandpass, Filter ini memotong frekuensi pada titik cut off  (membagi 2) dan meneruskan frekuensi dibawah & diatas titik cut off.

Resonace : Menghasilkan resonansi yang panjang karena memiliki frekuensi yang sama.


Belajar Output

Nah yang ini juga tidak kalah penting. Belajar output, ini mengindikasikan kita untuk tidak tamak dalam bermusik. Synthesizer memiliki banyak sekali frekuensi dan jenis suara, oleh sebab itu synthesizer akan terlihat lebih menonjol. Nah, disini kita sebagai pemain synthesizer perlu meminimalisir ketimpangan tersebut. Bagaimana? apa yang perlu diperhitungkan?.

  • Pertama adalah Volume, kenapa volume? karena synthesizer menghasilkan frekuensi yang berbeda jadi kita hanya cukup membuatnya menjadi terasa lebih lembut dan nyaman.

  • Kedua adalah jenis suara, jenis suara yang baik akan membuat output kita terdengar lebih baik. kita bisa bertanya pada band kita, bagaimana hasilnya? terlalu bagus atau malah buruk.

  • Ketiga adalah Sustain, jenis suara sustain mampu menghasilkan suara lebih panjang dan bagus tapi jika terlalu sustain akan membuat tempo kacau dan merusak pemain yang lain didalam suatu band.



synthesizer dalam musik dan cara belajar yang baik dan efektif - Demikianlah sedikit pengetahuan dari bagaimana cara menggunakan synthesizer secara baik dan efektif. Baca juga Tips Cara memilih Efek Gitar dalam belajar Gitar Elektrik yang bisa membuat nada paham efek gitar yang mana yang cocok untuk anda. Dan bila anda penasaran tentang sesuatu yang baru dan senang akan informasi seputar dunia musik, ikuti terus belajarmusiku.com. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top