Belajar Bermain Bass ala Bondan Prakoso sang Bassist Hebat

Belajar Bermain Bass ala Bondan Prakoso sang Bassist Hebat - Bondan Prakoso adalah seorang pemain bass yang sangat handal dan tentunya hebat. Jika anda merupakan Respector pasti tahu benar dengan siapa itu Bondan. Iya respector adalah nam fans dari Bondan Prakoso. Perjalanan hidup seorang musisi Bondan Prakoso tidak mulus. Dilihat dari Biografi bondan Prakoso, dia adalah seseorang yang telah tenar sejak kecil. Pada waktu kecil dulu memang bondan adalah penyanyi cilik yang terkenal melalui lagu "si lumba lumba". Dan ketika dewasa dia belajar bermain bass dan memulai karirnya lagi bersama dengan band Funky Kopral. Lalu, karena ada permasalahan akhirnya Bondan keluar dari band tersebut dan bermain bersama dengan Fade 2 Black. Hingga sekarang tenar lagi dan mengubah nama band mereka menjadi bondan prakoso & fade 2 Black.


Belajar Bermain Bass ala Bondan Prakoso sang Bassist Hebat
Google Image - Belajar Bermain Bass ala Bondan Prakoso sang Bassist Hebat

Kalau anda pernah ingat, pasti pernah faham dengan lagu yang berjudul Bunga. Nah, pengalaman pertama mendengarkan lagu itu adalah ternyata sang bassist si Bondan ternyata menyanyikan lagu reff nya. Takjub dan pasti banyak yang bertanya tanya akan keanehan hal tersebut. Dengan alunan musik pop yang berkolaborasi dengan vokalis rap, Membuat suasana baru dan memberikan hasil yang sangat memuaskan tentunya. Nah, ternyata permainan bondan dan fade 2 black tidak hanya sampai disitu. Permainan Bass bondan tidak hanya monoton dan selalu menampilkan hal seru didalamnya. Tak heran jika banyak orang yang bertanya "Idenya gimana sih, biar bisa menghasilkan permainan bass yang bagus seperti bondan?". Nah oleh sebab itu, pada kesempatan ini saya akan mengulik dan membahas permainan bondan, sehingga mendapatkan beberapa ilmu bass dari bassist hebat tersebut. Tentu saja yang telah saya rangkum menjadi Belajar Bermain Bass ala Bondan Prakoso sang Bassist Hebat . Semoga dengan membaca artikel kali ini anda bisa menjadi hebat seperti bondan prakoso. Semoga bermanfaat.


Belajar Bermain Bass ala Bondan Prakoso sang Bassist Hebat


Jangan Flat atau pasif

Permainan bass bondan terkenal sangat bagus, bahkan banyak yang telah mengakui permainan dia. Ciri khas pertama dari permainan bass bondan adalah dengan tidak pasif atau monoton. Bondan lebih cenderung memainkan nass dengan alur yang berbeda sehingga hasilnya tetap memuaskan. Contoh pada lagu bondan yang berjudul Ekspresikanlah. Disitu dia telah membuat permainan bass yang tidak monoton. Jadi untuk anda yang ingin bermain bass agar seperti bondan dan tentu saja bagus, mulailah untuk bermain sehingga permainan anda tidak pasif. 

Tapi anda perlu memperhatikan alur tempo dan ketukan drum agar tidak keluar dari jalur. Bondan memainkan bass dengan tempo yang sesuai dengan drum juga. Jangan sampai permainan bass anda yang aktif justru merusakan permainan satu band. Merusak tempo dan merusak tatanan lagu sehingga tidak menarik lagi.


Bermain solo

Bondan terkenal dengan permainan solo yang bagus dalam urusan bass. Anda pasti tahu, bonda sering mengkolaborrasikan permainan bass dengan permainan melodi dari sebuah gitar pada solo session. Atau pada saat melodi dari sebuah lagu. Beberapa lagu bondan dan fade 2 black telah mengkolaborasikan permainan bass dan gitar secara bersama sama tanpa hanya fokus pada gitar. Komposisi seni luar biasa tersebut dibuat sedemikian rupa dengan beberapa teknik bermain bass yang cantik.

Tentunya ketika bermain solo bass sebaiknya anda menggunakan teknik teknik bass yang bagus. Bondan sering memadukan beberapa teknik bass seperti slap percussion, tapping bass, dan sebagainya serta speed dari jari jarinya yang membuat permainan bass menjadi semakin keren. Anda pun bisa begitu. Dengan latihan rutin anda bisa menggunakan teknik tersebut sebagai bagian dari permainan bass gitar anda.



Buat Nada Easy Listening

Permainan bass dari Bondan prakoso sangat enak untuk didengar sekalipun oleh orang awam. Alasan utamanya adalah bondan menggunakan lick lick pentatonic dan nada solmisasi hampir standar. Tapi, tidak semua bagian menggunakan nada begitu. Bisa dikatakan mayoritas lah. Nah, seperti beberapa lagu bondan yang bernada jazz, dia juga menggunakan lick jazz tapi tetap berisi mayoritas pentatotic sehingga orang orang mudah untuk dihafalkan dan easy listening. 

Nah, anda juga bisa begitu, mulai mempelajari progresi nada nada simpel yang membuat orang disekitar anda bisa terkesan dengan permainan tangga nada anda. meskipun standar, tapi model permainan tersebut bisa membuat anda tampil lebih bagus dan tidak pasif tentunya.

nah itu tadi tips dan saran untuk Belajar Bermain Bass ala Bondan Prakoso sang Bassist Hebat yang bisa anda praktikkan. Sudut pandang tersebut saya ambil sendiri. Belajar bass tidak hanya dari buku atau video, melainkan juga bisa melalui trik trik dari sang maestro. Jangan lupa baca juga Belajar Bass Gitar melalui Tabulasi Bass dengan mudah yang bisa membantu anda lebih menguasai permainan bass secara menyeluruh. Untuk anda yang ingin tahu seputar cara mudah belajar gitar dan alat musik lainnya, kunjungi terus belajarmusiku.com.

Related Posts