Belajar Bermain Gitar Fingerstyle ala Sungha Jung

Belajar Bermain Gitar Fingerstyle ala Sungha Jung - Siapa yang tak kenal dengan Sungha Jung. Sungha Jung adalah Gitaris muda yang terkenal lewat situs youtube dengan permainan petikan gitarnya yang mampu memukau begitu banyak pasang mata di seluruh dunua. Lewat permainan gitar sungha jung, permainan gitar menjadi semakin menarik dan ada sesuatu yang baru sehingga para pemula tertantang dan tertarik untuk belajar gitar akustik lebih dalam. Nah, tentu saja Sungha Jung memiliki karakteristik tersendiri dalam bermain gitar. Dalam situsnya, Sungha jung telah menampilkan beberapa musik akustik dari lagu lagu ternama dari seluruh penjuru dunia. Namun, dia juga telah menampilkan beberapa karya dirinya sendiri dalam album single yang dia buat. Jadi, untuk anda yang merupakan penggemar utama sungha jung bisa download lagu karya sungha jung tersebut dengan mudah di situs resmi miliknya. 

Belajar Bermain Gitar Fingerstyle ala Sungha Jung
Google Image - Belajar Bermain Gitar Fingerstyle ala Sungha Jung


Selain itu, dalam memainkan permainan gitar akustik elektrik miliknya, dia bisa memainkan dengan begitu indah dan merdu hingga membuat hati para pendengarnya terpukau. Layaknya permainan lagu klasik, wujud dari permainan fingerstyle sungha jung bisa membuat berjuta pasang telinga terpukau dengan kualitas suara yang diinginkan. Dan membuat beberapa pemain gitar baik dari yang pemula hingga yang sudah pakar pun ingin mengikuti atau mempelajari permainan gitar fingerstyle sungha jung. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini, saya akan sedikit mengulas beberapa teknik bermain gitar sungha jung dalam artikel yang berjudul Belajar Bermain Gitar Fingerstyle ala Sungha Jung yang mungkin bisa menambah wawasan anda dalam bermain gitar. Semoga bermanfaat.

Belajar Bermain Gitar Fingerstyle ala Sungha Jung

Belajar Lagu secara Keseluruhan

Dengan mempelajari lagu secara keseluruhan, anda bisa mengetahui sisi paling sulit dan mudah dari sebuah lagu yang ingin dibawakan. Dengan begitu, anda akan mudah dalam mencari nada pelengkap dalam memainkan sebuah lagu dalam permainan fingerstyle layaknya sungha jung. 

Dengan mengetahui akor, nada dan juga transisi dari sebuah lagu akan memudahkan anda dalam menciptakan karya dalam bentuk fingerstyle gitar. Seperti yang kita ketahui bahwa fingerstyle adalah permainan gitar yang mengedepankan permainan yang sangat menawan dari nada hingga ketukan agar mirip dengan lagu aslinya dan di cover dengan satu alat musik, yaitu gitar. Tentu tidak mudah namun tidak sesulit yang di bayangkan tentunya. 

Berlatih Fingering kiri dan kanan.

Tidak hanya fingering jari kiri, jari kanan anda juga seharusnya bisa memainkan senar secara keseluruhan. Dengan begitu, anda akan memaksimalkan kekuatan jari jari anda pada petikan senar gitar anda. Jadi, sesuai dengan penomoran jari dan senar yang akan anda petik. Siapkan waktu rutin untuk berlatih fingering agar hasil dari permainan gitar anda jadi lebih menarik dan menawan. 

Ingat, jari kiri memang baik dan wajib untuk dipelajari, tapi dalam bermain fingerstyle, fingering jari kanan juga tidak kalah penting dengan jari kiri agar berimbang. Dengan memainkan jari kanan dan kiri anda dengan baik, akan membuat permainan anda semakin mudah untuk dilakukan. Jadi, jangan lupa untuk latihan secara rutin.


Ikuti Tempo Asli

Dengan memberikan tempo permainan yang sesuai dengan lagu aslinya akan membuat permainan anda seperti gitaris asal korea, sungha jung. Jadi, jangan lupa untuk mengikuti tempo seperti lagu yang akan anda ikuti. Jangan asal atau bahkan mengurangi. Bila ingin lebih baik bisa ikuti metronom dan set pada kecepatan yang sesuai dengan lagu aslinya.

Nah, jika dirasa berat dalam memainkan pertama kali, anda perlu memainkannya dengan tempo yang ringan dan mudah untuk dimainkan secara perlahan. Jadi tidak akan berantakan ketika tempo yang sesuai dengan lagu asli. Oleh sebab itu, latihan rutin dan terus menerus dalam lagu yang sama akan membuat anda menjadi semakin pakar dan handal dalam memainkan lagu tersebut. Jadi, jangan ragu untuk terus mengulang dan mengulik kekurangan dari permainan anda, lalu tingkatkan kemampuan anda dalam bermain. 


Gunakan Peralatan yang sesuai

Ketika bermain fingerstyle, sebaiknya anda menggunakan peralatan yang memadai agar permainan anda mendekati seperti sungha jung. Setidaknya anda butuh gitar berbentuk body concert agar menghasilkan karya yang memuaskan. Karena body concert gitar sangat baik bila dimainkan dengan petikan karena memang komposisi suara yang dihasilkan bisa imbang antara bass dan treble jadi anda bisa mendapati suara yang bass dan juga petikan yang halus di telinga. Harga gitar tersebut bisa bervariasi namun tidak perlu cari yang mahal.

Beli senar yang sesuai dengan tingkat rutinitas anda. Karena memang pengaruh senar sangat tinggi bagi kualitas permainan anda. Jadi, pakailah senar yang kompetibel untuk fingerstyle. Setidaknya anda membutuhkan senar ke 6 dengan ukuran 32 agar kualitas bass yang dihasilkan lebih bagus.

Bila ada finger pick, and seharusnya memakainya. Jika tidak ada, sebaiknya anda membelinya di toko alat musik. Dengan alaska pick tersebut, anda bisa menghasilkan suara yang bulat dan nyaring sehingga hasilnya pun lebih bagus dan baik untuk didengarkan. 

Latihan Rutin

Latihan rutin dengan lagu yang anda sukai akan membuat feeling anda menjadi lebih baik, karena memang, pada dasarnya ketika anda suka pada lagu tersebut akan membuat anda lebih bersemangat dalam menjalani proses untuk menghasilkan kualitas permainan seperti aslinya. Bersemangat dalam bermain gitar karena lagu yang dipelajari adalah lagu yang disukai. Dengan lagu yang di sukai akan membuat anda betah untuk mempelajari lagu tersebut. 

Tapi tidak kalah penting, anda perlu mempelajari lagu dari yang paling mudah agar anda lebih mudah mendapatkan mau permainan gitar fingerstyle seperti sungha jung. Jadi, anda yang ingin seperti sungha jung perlu mempelajari dari lagu lagu yang telah ada dan tentunya mudah. Nah, jika semua dirasa sudah, anda bisa memainkannya dengan baik dan mari berkarya.


Nah itu tadi, Belajar Bermain Gitar Fingerstyle ala Sungha Jung yang bisa anda pelajari dan anda praktikkan dalam permainan gitar anda. Dengan latihan dan tips trik diatas, semoga saja membuat anda menjadi pemain gitar akustik seperti Sungha jung. Jangan lupa baca juga Belajar Bermain Bass ala Bondan Prakoso sang Bassist Hebat yang bisa membuat anda mengerti cara bermain bass seperti sang bassist respector bondan bondan prakoso. Jangan lupa kunjungi situs ini dan temukan cara cara bermain alat musik dan pengetahuan tentang musik lainnya. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Related Posts