Cara Mudah Belajar Flute yang baik dan Benar secara Otodidak

Cara Mudah Belajar Flute yang baik dan Benar secara Otodidak - Seperti yang anda ketahui, flute adalah jenis alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat music ini sangat bertolak belakang dengan banyak sekali alat musik tiup lainnya. Flute dapat menghasilkan suara yang lebih merdu serta penguasaan instrumen ini juga bisa dikatakan lumayan sulit. Hal itulah yang menciptakan flutist (sebutan untuk orang yang memainkan alat musik flute) mendapatkan bayaran mahal atas penampilan –penampilan di suatu acara. Teknik bermain flute sangat bertolak belakang dari banyak sekali alat musik tiup. Flute tidak bisa menghasilkan suara seperti apa yang diharapkan jika anda meniupnya dengan cara yang salah. Berbeda dengan seruling yang ketika kita tiup bakal menghasilkan nada yang nantinya dapat dihafalkan untuk menciptakan suatu kombinasi nada dengan alat musik lain. Belajar flute memang memerlukan kesabaran dan keuletan, namun bukan berarti kita tidak dapat menguasainya. Belajar flute memiliki sangat banyak manfaat.


 Google Image - Cara Mudah Belajar Flute yang baik dan Benar secara Otodidak


Belajar alat musik flute secara otodidak? Tentu saja bisa, karena belajar alat musik flute bisa dipelajari asal anda ulet dan tekun mempelajarinya. Jika anda mempelajari nya dengan asal-asalan dan tidak serius maka anda akan kesulitan. Karena bermain alat musik flute tidak semudah seperti apa yang anda bayangkan. Bermain alat musik flute juga bisa mendapatkan uang yang cukup banyak jika anda bisa memainkan nya dengan baik dan anda diundang di acara-acara tertentu. Banyak sekali yang menginkan menjadi flutist terkenal. Oke agar tidak penasaran langsung aja kita ke artikel Cara Mudah Belajar Flute yang baik dan Benar secara Otodidak.


Cara Mudah Belajar Flute yang baik dan Benar secara Otodidak

 

1. Cara berlajar alat musik flute yang ketiga adalah dengan penjarian flute mulai dari nada-nada yang rendah dan relatif mudah.

 

Sebagai contoh ada nada c" - b' - a' - g'
Tiuplah nada satu persatu sampai mendekati posisi tiupan yangg betul dan menghasilkan suara yg sangat " bulat dan merdu " cara nya buatlah susunan nada-nada yang kamu sukai untuk mengajar tiupan anda supaya lama kelamaan kamu menemukan posisi tiupan yg benar-benar pas. jenis tiupan nya ada tiga :

1.Tiupan " tut "
2.Tiupan " dhut "
3.Tiupan " hu "

Masing-masing jenis tiupan dapat anda manfaatkan untuk berlatih meniup alat musik flute yang cocok dengan kemauan kita. untuk menghasilkan nada-nada rendah anda lebih baik memakai jenis tiupan " dhut "dan " hu ". Sementara untuk menghasilkan nada-nada tinggi lebih efektif memakai jenis tiupan " thut ". bagi anda yang baru belajar alat musik flute dianjurkan dengan tiupan " dhut "dan " hu ", karena tiupan ini menghasilkan nada yang rendah.

Posisi jari pada alat musik flute :
Posisi jari perangkat musik flute nyaris serupa dengan jari pada recorder, bedanya adalah kalau recorder hanya dapat dimainkan dengan 2 oktaf, sedangkan flute dapat dimainkan hingga 3 oktaf. Akan namun kedua perangkat musik itu sama-sama dibuka dari nada c'


POSISI JARI DASAR :

+ NADA c"
posisi jari nada c" ini,untuk jempol tangan kiri tidak mengurangi klep atau hanya bermanfaat sebagai pengampu alat . sementara jari kelingking tangan kanan mengurangi klep yg sifatnya juga melulu sebagai pengampu alat .

NADA b'
Nada b' posisi jempol tangan kiri mengurangi klep bawah yg format klepnya panjang

NADA a'
Nada a' posisi jari tangan kiri memblokir 3 buah klep yakni : ibu jari,jari telunjuk,jari tengah . sementara jari tangan kiri masih tetap laksana posisi sebelumnya.

NADA g'
Nada g' tinggal meningkatkan posisi jari manis dari tangan kiri memblokir klep dari posisi sebelumnya pada prinsipnya berlatih perangkat musik tiup tersebut harus memahami bahwa satu posisi saja bila ditiup dengan tiupan yg bertolak belakang lemah atau kuatnya bakal menghasilkan nada yg bertolak belakang pula. demikian pula dengan perangkat musik tiup yg lainya laksana : recorder, terompet, saxophone, suling bambu dll .


2. Cara berlajar alat musik flute yang ketiga adalah dengan berlatih pernafasan

Teknik pernafasan dalam bermain perangkat musik flute pada dasarnya sama bila anda berlatih vokal, pernafasan yg sangat efektif pun menggunakan pernafasan diafragma,hanya saja terdapat tip untuk mengajar tiupan supaya tiupan yg kita pakai dapat seefisien barangkali .

TIPS MELATIH TIUPAN :

a.Tarik nafas sejumlah mungkin,lantas tahan 4 detik terus hembuskan secara mendesis dan stabil ( ulangi terus hingga menghasilkan desisan anda panjang )

b.Tarik nafas sejumlah mungkin,terus tahan sejenak kemudian tiupkan pada suatu lilin yg menyala,akan namun api lilin tersebut tidak boleh sampai apinya mati

c.Ulangi pelajaran tersebut hingga tiupan kamu betul-betul panjang supaya untuk pelajaran tahap berikutnya kamu tidak merasakan kendala sebab nafas kamu masih pendek yg akan dominan terhadap keindahan lagu yang kamu mainkan

 

3. Cara berlajar alat musik flute yang ketiga adalah dengan bantuan pelatih.

Pelatih sangatlah paham dalam menemani seorang murid yang sedang berlatih alat musik tiup musik flute. Sebab di samping membimbing, mengarahkan, mengevaluasi, seorang pelatih pun lebih mengerti untuk mencarikan pelajaran lagu yang dapat dipakai untuk berlatih dan lagunya cocok dengan keterampilan siswa. Seorang pelatih sangat membantu anda untuk lebih cepat mengerti dan terampil dalam memainkan alat musik flule. Jika anda ingin lebih terampil dalam memainkan alat music flute maka dianjurkan untuk memiliki pelatih pribadi untuk mengajarkan anda bermain alat musik flute dengan baik dan benar. Walau tidak ada salahnya jika anda belajar sendiri, tetapi akan lebih baik jika anda memiliki seorang pelatih.


Oke itu tadi artikel tentang Cara Mudah Belajar Flute yang baik dan Benar secara Otodidak. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah pengetahuan anda tentang alat musik tiup flute. Sekian dan terima kasih.


Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top