Tips dan Teknik Dasar agar Cepat Belajar Saxophone Otodidak

Tips dan Teknik Dasar agar Cepat Belajar Saxophone Otodidak - Alat musik Saxophone,  alat musik tiup yang satu ini memang menjadi yang paling populer di antara instrumen dalam genre musik seperti Jazz atau Ska. Sebagai di antara alat musik tiup, kekuatan napas sangat penting dalam memainkan alat musik  saxophone. Diperlukan juga teknik yang benar dalam memainkan saxophone supaya suara yang di hasilkan memuaskan. Apamsih yang dimaksud alat musik Saxophone?


  
Google Image - Tips dan Teknik Dasar agar Cepat Belajar Saxophone Otodidak



Saxophone adalah alat musik yang sudah lumayan tua, menurut keterangan dari sebuah artikel saxophone dipopulerkan oleh penemunya Adolf Sax pada tahun 1842 di Perancis dengan segala macam ukuran dan namanya antara beda Soprano , Alto , Tenor dan Bariton. alat musik ini pada intinya sama yaitu terbuat dari bahan logam, mempunyai sejumlah klep udara dan dimainkan dengan teknik ditiup , walaupun terdapat perbedaan seperti format , ukuran dan nada dasarnya.

Pada tahun 1842 Adolphe Sax pindah ke Paris dan mulai mengenalkan saxophone ke semua dunia. Selanjutnya dia menciptakan dan mengenalkan 14 jenis saxophone yang dipisahkan menurut ukuran dan pitch, diantaranya ialah Eb sopranino, F sopranino, Bb soprano, C soprano, Eb alto, F alto, Bb tenor, C tenor, Eb baritone, Bb bass, C bass, Eb contrabass, F contrabass, sementara sisanya yang beda jarang digunakan.

Saxophone ditemukan kurang lebih sekitar 160 tahun lalu. Saxophone sendiri ditemukan oleh seorang berpengalaman pembuat perangkat musik dan musisi berbakat berkebangsaan Belgia yang mempunyai nama Antoine-Joseph (Adolphe) Sax. 

Jenis saxophone yang pertama kali diperkenalkan untuk masyarakat luas ialah C bass. Saxophone ini diperkenalkan untuk pertama kalinya oleh seorang komposer familiar yang mempunyai nama Hector Belioz. Semenjak itu lah nama alat musik saxophone terkenal diseluruh dunia. Oke bagi yang penasaran bagaimana Tips dan Teknik Dasar agar Cepat Belajar Saxophone Otodidak langsung saja kita ke artikel di bawah ini.



Tips dan Teknik Dasar agar Cepat Belajar Saxophone Otodidak

 

1.    Teknik Memegang Saxophone.

Posisi tangan dalam memegang saxophone mesti benar – benar berada pada posisi yang tepat, supaya anda bisa lebih leluasa mencapai kunci nada ketika memainkan alat musik saxophone . Posisi jari tengah, jari telunjuk, dan jari manis, baik tangan kiri ataupun tangan kanan mesti tepat berada pada unsur permukaan katup nada.

2.    Pernapasan Saxophone Yang Baik.

Seperti dalam pembelajaran sebelumnya, saya mengingatkan bahwa pernapasan yang baik tersebut menggunakan diafragmatis. Hal ini disebabkan volume udara yang didapatkan dapat lebih banyak dan kuat dikomparasikan dengan teknik pernapasan paru – paru. Hal ini bisa dikatakan hal yang sangat vital ketika kalian ingin bermain alat musik saxophone. Karena alat musik ini mengandalkan pernapasan yang baik agar suara yang dihasilkan dari alat musik ini bisa menghasilkan suara yang enak didengar.

3.    Posisi Bermain Saxophone.

Tidak terdapat larangan dalam posisi bermain saxophone, namun usahakan kamu tidak terlampau tegang dan bersikap santai ketika bermain perangkat musik saxophone. Posisi bermain alat musik saxophone tidak harus berdiri atau duduk. Tapi coba lah bermain dengan rileks dan tenang agar anda tetap berkonsentrasi memainkannya.

4.    Teknik Embosur Saxophone.

Embosur ialah teknik menata posisi bibir dan gigi pada mouthpiece, dan guna embosur yang baik, pada umumnya menempatkan gigi atas pada unsur atas dari mouthpiece. Teknik yang keempat ini berguna agar suara yang dihasilkan alat musik ini keluar dengan maksimal.

5.    Teknik Peniupan Saxophone.

Selain memakai teknik embosur yang baik, guna menghasilkan suara yang indah diperlukan juga tenaga yang powerful dalam mengembus saxophone yang ditafsirkan dengan “meniup dengan udara panas.” Teknik ini berguna agar suara yang dihasilkan lebih powerful dan terdengar lebih bertenaga.

Alat musik saxophone juga memiliki beberapa teknik untuk memainkan nya, berikut adalah teknik-teknik yang harus dipelajari ketika anda ingin bermain alat musik saxophone :

 

Embouchure

Kata embouchure berasal dari bahasa Perancis yang dengan kata lain “mulut sungai”. Di dalam cara bermain saxophone, embouchure menggambarkan susunan antara bibir, gigi, rahang, dan otot-otot di dekat mulut saat udara ditiupkan melewati mouthpiece. Secara alamiah, embouchure berdampak pada upaya guna menghasilkan tone yang baik dan keterampilan untuk mengendalikan saxophone dengan baik
Dalam praktek, terdapat sejumlah formasi embouchure yang sering dipakai oleh banyak saxophonist, tetapi penulis selalu akan menguraikan salah satu susunan embouchure yang ketika ini paling tidak sedikit digunakan dan bisa menghasilkan kualitas suara dan tone yang baik.

Tongue (teknik mengunakan lidah)

Teknik lidah adalah salah satu dasar yang juga penting dalam memainkan saxophone. Lidah dipakai untuk menyerahkan attack atau aksen saat mulai menerbitkan udara melewati mouthpiece.
Terdapat sekian banyak  macam variasi tonguing, tetapi pada lazimnya teknik memakai tonguing adalah dengan menyentuhkan ujung lidah dengan ujung reed, sembari menyampaikan ”dah” saat ujung lidah menyentuh ujung reed.

Breathing (teknik pernapasan)

Memainkan woodwind instrumen laksana saxophone ialah sama seperti mengerjakan olah raga, anda harus tidak jarang berlatih supaya kemampuan memainkan wind istrument semakin baik sejalan dengan semakin baiknya situasi tubuh kita. Latihan pernapasan mesti menjadi bagian pelajaran rutin kita supaya kemampuan guna menguasai instrumen meningkat pula.


Oke sob itu tadi tentang Tips dan Teknik Dasar agar Cepat Belajar Saxophone Otodidak. Semoga saja dengan kalian membaca artikel yang kami tulis ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang cara bermain alat musik Saxophone yang baik dan benar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian, sekian dari kami, kami ucapkan terima kasih, dan selamat mencoba bermain alat musik Saxophone.





Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top