Apa Itu Alat Musik Banjo? Pengertian dan Cara Mainnya

Apa Itu Alat Musik Banjo? Pengertian dan Cara Mainnya - Apa Itu Alat Musik Banjo?
Banjo adalah sebuah alat musik yang memiliki instrumen empat, lima atau kadang-kadang enam senar dengan selaput tipis yang berada di atas bingkai atau rongga sebagai resonator.
Membran yang ada pada alat musik banjo biasa nya sering kali berupa potongan kulit hewan atau plastik, dan frame yang melingkar. Alat musik banjo ini tidak jarang dimainkan dalam acara atau festival musik seperti country, folk, Irish traditional dan bluegrass.

Jika dilihat dari sejarah, alat musik banjo menempati posisi yang sentral didalam musik-musik African tradisional Amerika, sebelum menjadi populer pada abad ke-19. Bahkan, alat musik yang memiliki bentuk yang khas ini turut andil dalam perkembangan musik country dan bluegrass. Banjo sangat banyak pada musik-musik tua Amerika.


Google Image - Apa Itu Alat Musik Banjo? Pengertian dan Cara Mainnya


Tahukah anda bahwa alat musik banjo banyak digunakan para musisi amerika. Hal ini terjadi karena alat musik banjo memiliki suara dan nada yang khas jika dimainkan. Ini lah yang membuat para musisi musik klasik amerika menggunakan banjo sebagai alat musik mereka. Banjo juga memiliki bentuk yang khas. Sebenarnya bentuknya hampir sama dengan gitar, tapi yang membedakannya adalah di jumlah senarnya. Bagaimana sih bermain alat musik banjo yang baik dan benar? Kalo gitu langsung aja kita ke artikel Apa Itu Alat Musik Banjo? Pengertian dan Cara Mainnya.


Apa Itu Alat Musik Banjo? Pengertian dan Cara Mainnya

 

Cara memainkan alat musik banjo.

Ada sejumlah langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keterampilan memainkan alat musik banjo. Beberapa di antaranya memang identik dengan teknik melatih keterampilan alat musik lain seperti bermain gitar. Namun tidak ada salahnya Anda membaca cara bermain musik bajo yang baik dan benar di bawah ini.

1. Gunakan pick

Pick adalah semacam alat bantu untuk memetik senar alat musik supaya terdengar lebih nyaring dan bersih. Ketika memainkan banjo, Anda bisa saja menggunakan jempol, telunjuk dan jari tengah untuk memainkan alat musik tersebut. Jari manis dan kelingking seringkali harus tetap stabil pada kepala alat musik banjo. Pick jari diselipkan pada ujung jemari anda dengan cara memakai cincin yang diselipkan pada ujung jari pemetik. Dengan penguasaan pick, kita tak butuh lagi khawatir menarik ataupun mendorong senar yang bisa saja membuat lelah saat sedang berlatih. Dengan memakai pick, Anda diwajibkan memberikan sentuhan lembut pada setiap senarnya entah tersebut lateral ke atas ataupun ke bawah. Cara yang belajar bermain alat musik banjo yang pertama ini dianggap efektif oleh beberapa orang yang mencobanya.

2. Pelajari Rol Dasar

Rol adalah istilah untuk pola picking pada alat musik banjo. Ada opsi rol dasar yang dapat digunakan, dimana semuanya dilakukan hanya dengan tangan kanan menyentuh sejumlah senar di sebuah pola secara berulang-ulang. Rol ke depan menjadi pelajaran yang paling baik saat alat musik banjo dimainkan dengan teknik memukul senar dengan urutan: 5-3-1-5-3-1-5-3 dimana angka-angka ini mewakili senar dengan 6 nada yang dimainkan tepat dalam 1 ukuran musik. Lanjutkan menjadi rol beda yang lebih rumit untuk meningkatkan keterampilan picking dan timing pada alat musik banjo.

3. Ritme

Setelah menguasai sejumlah rol, menjaga ritme tetap stabil saat memainkan rol-rol itu dalam durasi panjang bisa saja menjadi urusan yang cukup sulit. kita dapat mengajar feel mengenai timing ini memanfaatkan perangkat metronom. Alat ini menghasilkan suara klik elektronik dengan tingkatan yang konsisten. Bunyikan metronom saat berlatih agar Anda bisa menilai ketepatan ritme berdasar tempo metronom. Cara ini berguna untuk anda mengatur tempo saat anda memainkan alat musik banjo itu sendiri. Sebaiknya jika anda baru belajar alat musik banjo, maka anda disarankan untuk belajar ritme terlebih dahulu agar anda bisa mengatur tempo saat memainkan sebuah lagu dengan alat musik banjo.

4. Tingkatan Musik

Puas memainkan rol, timing dan ritme, mulailah pelajari subuah lagu. Carilah lagu-lagu banjo yang populer untuk anda pelajari atau buku-buku musik yang juga tidak susah untuk ditemukan. kita juga dapat mencari daftar-daftar lagu untuk mempermudah Anda mempelajari lagu. Cara yang satu ini berguna untuk anda lebih mahir saat memainkan sebuah lagu. Hal itu terjadi karena jika anda faham dan hafal pada sebuah lagu maka anda tidak akan salah atau pun ragu saat memainkan alat musik banjo.

5. Rutin Latihan

Berlatih memainkan alat musik banjo secara teratur dan konsisten menjadi salah satu cara untuk belajar memainkan alat musik banjo yang baik dan beanr. Jika kita memang sangat suka dengan musik, tanpa niatan khususpun Anda tentu akan menyisihkan waktu untuk memegang dan bermain alat musik banjo, meskipun hanya 30 menit per hari. bila jenuh menghampiri, usahakanlah mendengarkan sejumlah permainan banjo atau lagu lainnya untuk sebatas refreshing dan referensi bagi anda.

Selain sejumlah tips yang kami tulis di atas, masih ada sejumlah tips lainnya yang juga bisa Anda coba untuk meningkatkan keterampilan anda bermain alat musik banjo. Misalnya untuk belajar bermain alat musik banjo yang lebih efisien. Jika anda ingin menjadi pemain alat musik banjo professional maka anda dapat mencoba beberapa cara yang kami bahas diatas. Semoga dengan membaca artikel yang kami tulis ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda tentang alat musik petik yang bernama banjo. Sekian dari kami, kami ucapkan terima kasih dan selamat mencoba.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top